Kopdar Depok – Makassar – Ambon

Seperti layaknya kegiatan deBlogger yang berjalan mengalir seiring terlontarnya ide-ide kreatif selintas dari para anggota, sebuah event minggu lalu pun bisa diadakan akibat lontaran ide spontan di milis. Kelas #DigitalMediaPlanning sesi pertama berlangsung di Buku Kafe, Margonda, Depok dengan menghadirkan Rohmat Sugito dari Ocentrum sebagai pemateri. Kelas ini sebenarnya crash course dari format pelatihan standar Ocentrum yang memakan waktu 1 minggu. Materi dipadatkan menjadi 6 jam sehingga harus dibagi 2 sesi masing-masing 3 jam.

Nah, dari undangan yang awalnya hanya ditawarkan untuk member milis deBlogger akhirnya meluas ke rekan-rekan #KomunitasDepok yang siang itu diwakili oleh Fachmi dari Jajanan Depok. Tidak hanya itu, beberapa rekan Anging Mammiri yang juga member milis deBlogger ikut hadir. Namun yang istimewa adalah kehadiran Semuel Toding dari Arumbai yang kebetulan sedang berada di Jakarta dan bersedia ditodong sharing komunitas Blogger Maluku di Depok. 😀 Pada akhirnya suasana yang begitu cair dan hangat di Buku Kafe itu lebih mirip kopdar ketimbang training. Pelatihan berlangsung 3 jam penuh kemudian disusul oleh tampilnya Rara dan Semmy yang bercerita tentang aktivitas blogger Makassar dan Maluku. Setelah pelatihan dan sharing session usai, acara informal masih berlanjut dengan ngobrol-ngobrol santai sampai menjelang pukul 8 malam.

Sebenarnya untuk apa sih sampai menghadirkan komunitas blogger lain? Melalui sharing session dengan teman-teman di daerah lain mata kita akan terbuka terhadap pergumulan warga lokal di daerah tersebut, khususnya para bloggernya yang sedang berjuang memasyarakatkan penggunaan internet dan publikasi konten lokal yang positif. Terbukti teman-teman di Depok jadi tahu bahwa kondisi yang mereka alami sekarang masih jauh lebih nyaman dibandingkan dengan teman-teman mereka di Ambon, misalnya. Di samping itu juga silaturahmi antarkomunitas akan menciptakan sinergi yang pada gilirannya mampu menggerakkan komunitas masing-masing juga untuk berkontribusi bagi pembangunan daerahnya.

Pada sesi ‘kopdar’ ini juga terbukalah sebuah acara online yang kami gelar dan launching-nya diadakan saat itu. Acara apa itu? Tunggu postingan saya selanjutnya ya.

Selanjutnya biar beberapa gambar saja yang bercerita. Jangan lupa hadir di sesi kedua kelas Digital Media Planning besok (11/Feb) jam 12 siang di Buku Kafe ya. 😀

Suasana kelas Digital Media Planning, sisi kiri

 

sisi kanan

 

Mas Rohmat dengan senyum patennya 🙂

 

Rara sedang sharing tentang Anging Mammiri

 

Semmy sedang sharing tentang Arumbai

 

"Hot item of the day"

 

Narsis 3 komunitas =))

====

Koleksi foto: Aris Sunawar

Advertisements

17 thoughts on “Kopdar Depok – Makassar – Ambon

  1. Memang banyak kejutan di training #DigitalMediaPlanning kemarin. Yang pasti bisa tau serbaneka blogger tetangga di Makasar dan Ambon dan juga yang terpenting tentang kesempatan meraih iPhone 4S #hihihi

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s