Category Archives: Indonesian

Berkenalan dengan Brave Browser

Teman-teman pasti sering dong menjelajah aplikasi pesan instan atau media sosial lalu melihat URL berisi info menarik dan kemudian meng-klik tersebut? Nah, setelah meng-klik tautan tersebut, pasti teman-teman sering langsung dibawa ke peramban yang ada di gawai yang penampakannya full screen dan kita terpaksa menunggu hingga proses unduh semua isi halaman tersebut selesai. Bahkan rasa frustrasi kita bertambah karena ini berarti kita terpaksa menangani peramban tersebut sementara aplikasi sebelumnya tidak bisa diakses. Ditambah lagi dengan kecepatan pemuatan peramban yang lambat karena harus memuat semua informasi, gambar, video, bahkan iklan! Hmm lengkap sudah.

Berawal dari seorang kawan lama di dunia komunitas, Bung Viking Karwur, yang mengenalkan sebuah peramban baru, saya lalu tertarik mencoba aplikasi tersebut. Namanya Brave, sebuah aplikasi peramban yang bisa digunakan oleh para pengguna Android, iOS, Mac, Winx64, dan Linux. OK, saya tampilkan dulu halaman unduhannya di Google Play Store:

Continue reading Berkenalan dengan Brave Browser

Galaxy Gift: Dunia Riang Gembira

“Bro, lo weekend besok kemana? Gabung yok sini, kita kumpul-kumpul beli private jet yang bagus di mall biasa.”

Saya kalau sudah ditelepon kawan-kawan satu genk untuk diajak ketemuan tidak akan berpikir panjang. Mau ke mall mana, ngapain, atau piknik ke mana, ayo deh! Segala pacar atau istri tinggalin dulu, hari ini hepi-hepi. Hehe. Dan memang biasanya kalau sudah keliling Jakarta kita bisa melakukan banyak aktivitas seperti makan, nonton, sekadar ngobrol di kafe, atau karaoke. Kalau sudah mulai lelah (yeah, umur emang gak bisa bohong!), sebagian dari kita memilih untuk ke tempat pijat refleksi untuk menyegarkan badan. Tapi tak bisa dipungkiri, jadwal kami terkadang mengikuti promo yang sedang berlaku. Jadi kalau di tempat itu sedang ada penawaran menarik, pasti kami coba. Nah, dari mana kami dapat mencoba berbagai penawaran menarik tersebut? Percaya tidak percaya, penawaran gratis atau diskon tersebut muncul begitu saja di gadget Samsung Galaxy kami. Eh, kok enak?😉

Continue reading Galaxy Gift: Dunia Riang Gembira

Xiaomi Luncurkan Mi Pad 2

Setelah pembelian impulsif sebuah tablet berukuran 8 inch pada beberapa minggu lalu dan hanya bertahan dipakai selama 5 hari itu, saya lalu menutup mata dan telinga terhadap semua iklan hingga akhirnya berita terbaru datang secara tidak terduga: Xiaomi meluncurkan tablet Mi Pad 2!

Mi Bunny – simply adorable.

Acara peluncurannya baru selesai diselenggarakan di Beijing pada tanggal 24 November 2015 kemarin. Sebenarnya selain tablet Mi Pad 2, Xiaomi juga meluncurkan ponsel Redmi Note 3 di acara yang sama. Namun karena saya juga baru membeli ponsel, saya masih bersikukuh tidak ingin melihat informasi ponsel lain hingga setidaknya 6 bulan ke depan. Nah, sementara itu bolehlah kita intip sama-sama tablet teranyar dari produsen gawai asal Tiongkok ini.

Berikut beberapa spesifikasi unggulan yang saya sajikan dalam gambar:

Continue reading Xiaomi Luncurkan Mi Pad 2

Kuliah Riang-Gembira Bersama BNI

Reuni FSUI sebentar lagi. Ada rasa gembira menanti bertemu teman, rekan, dan mantan. #eh

Jika saya mengingat lagi masa-masa kuliah, maka yang terkenang adalah masa-masa bermain yang riang-gembira. Iya, meski masa kuliah adalah waktunya mencapai kedewasaan berpikir melalui berdiskusi dan berkegiatan, nyatanya hari-hari bermain saya juga tak kalah banyaknya. Sewaktu kuliah sih, kita semua pasti ingin cepat-cepat lulus dan bekerja ya, namun kalau sekarang dipikir-dipikir lagi, pastilah kita sebetulnya ingin lebih lama lagi kuliah agar bisa lebih lama bermain.😀

Nah, pertanyaannya: kenapa sih saya bisa begitu riang dan gembira dalam menjalani perkuliahan? Saya bukan datang dari keluarga yang berada, lho. Meski uang kuliah di UI termasuk murah, bukan berarti uang itu bisa disiapkan dengan seketika. Perlu perjuangan keras juga dari orang tua khususnya untuk menyekolahkan anaknya ini. Lalu bagaimana uang kuliah itu bisa disiapkan?

Continue reading Kuliah Riang-Gembira Bersama BNI

Sekolah Lagi

Sejak tahun 2014 lalu saya mulai merenungkan kembali beberapa pencapaian pribadi yang sudah diraih ataupun yang belum terwujud. Salah satunya adalah meraih gelar sarjana dan lalu meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Sekilas memang tampak eksklusif. Namun ketika saya berpikir secara makro, nyatalah bahwa pergumulan saya tersebut selaras dengan pergumulan dan perjuangan anak bangsa lainnya yang sedang diterpa arus globalisasi dan membutuhkan pegangan untuk berpijak dan bergerak maju ke arah masyarakat Indonesia yang madani.

Continue reading Sekolah Lagi

Mati Daya, Mati Gaya

Sudah lama nih gak hiking naik-turun bukit, menyusuri sungai dan main air di air terjun. Maka jadilah Sabtu kemarin saya dan beberapa teman pergi ke air terjun Curug Nangka di kawasan Ciapus, Bogor. Dengan asumsi tidak banyak pengunjung di bulan puasa, kami bisa bersantai lebih lama tanpa banyak gangguan teriakan riuh para pelancong dan sampah berserakan di sana-sini. Meski tetap saja ada orang yang mandi di air terjun lengkap dengan sabun dan shampoo yang membuat air yang turun menjadi kurang jernih. Ish!

20150620_105144

Continue reading Mati Daya, Mati Gaya