February: Mission Accomplished

Sudah sejak awal tahun saya bertekad posting secara teratur di blog ini dan ikut serta dalam gerakan Post A Week 2011 yang diinisiasi oleh Daily Post. Saya tidak berani berkomitmen untuk Post A Day 2011 karena merasa tantangannya tidak realistis. Namun yang terjadi justru sebaliknya: saya menulis hampir setiap hari. Januari-Februari 2011 adalah bulan-bulan dengan rekor postingan terbanyak selama saya ngeblog. Pengalaman apa saja yang didapat?

Banjir ide vs. kering ide

Wah, kondisi naik-turun ini sudah sering terjadi. Menulis setiap hari memang berisiko kering ide. Ada kalanya ide begitu banyak sehingga muncul lebih dari 1 postingan dalam sehari, atau selain menulis di sini saya juga memasukkan tulisan di portal Arumbai. Tapi kadang juga saya mangkir, contohnya pada tanggal 19-20 Februari kemarin dengan alasan “toh pada akhir pekan jarang yang datang berkunjung.” :D.

Proses penulisan yang monoton

Topiknya memang sudah beragam, namun saya merasa ‘terpenjara’ dengan gaya penulisan yang itu-itu saja. Saya belum berani bereksperimen dengan prosa, sedangkan puisi saya mati gaya. Ternyata saya masih jauh dari sempurna, harus belajar lebih banyak. 😀

Gambar, video, & hal-hal teknis

Kalau soal ini bolehlah saya merasa puas karena setiap postingan sudah berhasil dilengkapi gambar meski kadang ‘maksa’ konteksnya. Video pun beberapa kali tampil. Sedangkan untuk urusan teknis, saya lumayan senang sejak WordPress meluncurkan template terbarunya yang ciamik seperti yang Anda lihat sekarang meski ada pula kekurangannya; yaitu halaman setiap posting tidak menampilkan sidebar sehingga menyulitkan saya kalau lain kali ingin ikut lomba yang mensyaratkan pemasangan banner.

Ikut lomba blog

Saya memasukkan dua tulisan untuk lomba blog, di sini dan di sini. Dua-duanya sukses kalah. Sebenarnya sore ini masih rada miris karena baru membaca pengumuman hasil lombanya. 😦

Rekor baru

Sepanjang Februari saya menyaksikan trafik blog yang turun-naik meski pertumbuhannya menggembirakan. Tanggal 25 Februari 2011 adalah hari dengan trafik tertinggi sejauh ini: 253 hits. Entah kapan rekor ini ditumbangkan. 😀 Sedangkan tulisan Pada Tiga Perempat Malam memecahkan rekor sebagai postingan dengan hit terbanyak sepanjang masa (130 views). Padahal kan tulisan itu dikunci dengan password. Apa karena penasaran sehingga orang pada berkunjung ya?! hehehe.

***

Ngomong-ngomong, seorang sahabat blogger juga menceritakan pencapaian pribadinya dalam menulis setiap hari sepanjang Januari-Februari 2011. Simak di sini.

Friends, tercapaikah target pribadimu selama bulan Februari?! 😀

===

Sumber gambar: mattfriesen.com, sidgatt.com

22 thoughts on “February: Mission Accomplished

  1. Dari statistik saya, Februari itu biasanya jumlah tulisan menurun, jadi jangan dipaksa.

    Alasannya sederhana, karena pada bulan Februari, jumlah harinya lebih sedikit daripada bulan-bulan lainnya :D.

    Like

  2. gimana dinaikkan opa, tiap 12 jam posting hahaha…

    terus terang, saya agak sulit mengimbangi menulis di blog setiap hari, dulu bisa-bisa aja ketika mahasiswa dan tidak ada kerjaan, sekarang kerjaan sudah bejibun, kecapekan yg ada, dan pastinya ajak keluar jg banyak tak sempat menumpahkan isi otak di blog 😀

    Like

      1. kalau memang boleh dibaca yang dikasihksn passwordnya kepada yang meminta, kalau nggak boleh dibaca orang lain ya taruh saja di “private” biar nggak nongol sama sekali. Saya pengin baca jadi tolong dikasih passwordnya thanks.

        Like

Leave a Reply

