A Sip of Jazz

Hujan terus-menerus membayangi Jakarta dalam beberapa bulan terakhir. Udara mendung dan basah hampir setiap sore membuat saya tak kuasa menolak godaan duduk di teras rumah yang berhiaskan kolam jernih, kaki berselonjor sambil menikmati roti dan kopi hangat. Ah, belum lengkap tanpa playlist yang memanjakan. Between the Sheets dari Fourplay pun mengalun mengiringi relaksasi. Hmmmm. πŸ™‚

How do I describe jazz? Satu kata yang paling tepat adalah alluring. Mempesona. Jazz bagi saya identik dengan relaksasi yang membangkitkan kepekaan indera sekaligus menajamkan fokus. Musik jazz klop menemani hari-hari saya di segala situasi. Dari sekian banyak nomor jazz yang memenuhi playlist, ada dua kelompok musisi yang membuat saya jatuh hati: Fourplay dan New York Voices.

Fourplay adalah kuartet jazz kontemporer yang beranggotakan Bob James (keyboard), Nathan East (bass), Chuck Loeb (gitar) dan Harvey Mason (drum). Kelompok musisi ini telah malang-melintang di panggung jazz sejak tahun 1990 dan semakin ke sini semakin seksi dengan jajaran nomor yang menghanyutkan. Between the Sheets, Prelude for Lovers, dan Goin’ Back Home adalah nomor-nomor favorit saya. Personally saya lebih menyukai masa-masa awal ketika Lee Ritenour masih bergabung; namun Larry Carlton dan Chuck Loeb pun tak kalah ciamik dengan petikan gitarnya yang smart. Album Energy membawa spirit baru bagi para musisi yang beranjak senior ini. Sedangkan album Let’s Touch The Sky seakan ingin meneriakkan: “We’re unstoppable!”

New York Voices adalah candu yang lain lagi. Sejak dulu saya memang selalu terpukau dengan kemampuan vokal manusia dan harmoni yang dihasilkan oleh kelompok-kelompok semacam Manhattan Transfer (or the local answer: Elfa’s Singers). Lahir dari Ithaca College, New York pada tahun 1989, New York Voices beranggotakan Kim Nazarian, Darmon Meader, Peter Elridge, dan Lauren Kinhan. Harmoni vokal yang mereka bawakan seringkali membuat saya menghentikan segala aktivitas kerja lalu menajamkan telinga. Tak jarang ekspresi wajah dan tubuh saya turut dalam setiap nada dan mencapai puncaknya di nada-nada tinggi. Fatalnya, ‘aksi’ saya tersebut dipergoki boss dan runyamlah urusannya. πŸ˜€ Sing Sing Sing, On A Clear Day, dan Still Crazy After These Years adalah nomor-nomor yang mempesona.

New York Voices dan Fourplay adalah dua kelompok yang selalu saya impikan untuk suatu hari menontonnya langsung. Tidak cukup hanya mendengarkan playlist atau menonton videonya, saya menginginkan lebih. Hentakan-hentakannya, paduan alat musik dan vokalnya, energi dan emosinya adalah ‘pesta’ bagi jiwa.

Hmm, kelihatannya impian saya tersebut akan terwujud kali ini. Ketika membaca agenda Jakarta International Java Jazz Festival 2011 di awal tahun, saya melonjak girang karena kedua kelompok tersebut akan hadir di JIExpo pada tanggal 4, 5, 6 Maret 2011 mendatang. Tak perlu berpikir panjang; saya sudah siap membatalkan semua rencana untuk datang ke Festival tersebut. Setelah beberapa tahun terakhir tidak sempat menyaksikan festival jazz terbesar di Indonesia ini, tahun ini tekad saya sudah bulat: menyaksikan Fourplay dan New York Voices langsung di depan mata, berinteraksi dengan musiknya, menangkap energi dan emosinya.

AXIS Jakarta International Java Jazz Festival 2011: A Sip of Jazz, A Feast to the Soul.

15 thoughts on “A Sip of Jazz

  1. ahhay..!!
    mau ke Java Jazz ya..? senengnya..

    saya juga seorang penikmat Jazz, tapi tidak terlalu paham πŸ˜€
    dari kecil saya sudah sering dengar rekaman dari Chic Corea, Casiopea dll. ( namanya gak apal semua ) tapi yaa karena pergaulan akhirnya lebih kecebur pada aliran Rock.

    tapi saya suka koq, sesekali kalau mau lebih tenang saya coba dengarkan lagu2 jazz..sangat mampu membuat relax..

    Like

      1. Hah, tepat tebakan saya πŸ˜€
        Waktu buka beranda muncul logo Java Jazz saya langsung mikir, ini iklan apa ya? Ternyata ikutan blog contest, koq gak ada di milis, Opa? 😦

        Like

Leave a Reply

