Arumbai Tomma

image: daenggassing.com

Judul di atas adalah semboyan bersemangat yang diteriakkan oleh rekan-rekan Komunitas Blogger Maluku ‘Arumbai’ yang hari ini merayakan hari jadinya yang ke-2. ‘Arumbai’ adalah nama perahu tradisional masyarakat Maluku yang berbentuk unik berupa kepala dan ekor naga pada haluan dan buritan. Sedangkan ‘Tomma’ adalah teriakan untuk maju, utamanya oleh para pedayung di perahu tersebut. Semboyan inilah yang lalu digunakan oleh blogger Maluku agar dapat maju bersama sebagai sebuah komunitas demi kemajuan daerahnya.

Awal saya berkenalan dengan blogger Maluku terjadi kira-kira setahun yang lalu melalui portal mereka yang lama di paparisa.com (sudah almarhum). Dari portal tersebut saya menyimak aktivitas mereka di tahun 2009 yang tampak aktif melaksanakan sosialisasi blog di beberapa kampus di Ambon; namun aktivitas itu menurun jauh di tahun 2010 sehingga portalnya menghilang. Untunglah saya sempat menjalin kontak dengan Semmy, salah seorang bloggernya, dan kontak itu berlanjut karena ada pekerjaan yang saya mesti lakukan di Ambon.

Berawal dari kontak personal itulah yang akhirnya membawa saya bertemu dengan Ketua Komunitasnya, Almascatie, di ajang PB 2010 lalu. Dari situ semua bergulir cepat. MBC (nama lama Arumbai) kemudian membuat portal baru dan saya menawarkan diri menjadi salah satu adminnya. Sampai akhirnya MBC kemudian bermetamorfosis menjadi Arumbai sekarang.

Bergabung di komunitas blogger tempat keluarga saya berasal sungguh membangkitkan kerinduan akan tanah leluhur yang belum pernah saya lihat seumur hidup. Dari cerita teman-teman, saya merasa iri dan semakin ingin berkunjung ke sana suatu hari nanti. Ditambah lagi dengan geliat teman-teman dalam rangka Tabaos Arumbai (Ulang Tahun ke-2) yang membuat saya ingin terbang ke sana juga.

Namun untunglah saya sudah bertemu dengan beberapa di antara mereka, yaitu Eby ketika sedang berlangsung kopdar di Depok dan dengan Dharma saat bertemu di Cibinong semalam (Liputan di Depok dapat dibaca di sini, sedangkan liputan Cibinong bisa disimak di sini). Lebih dari sekadar kopdar Arumbai, saya beruntung dapat memperkenalkan mereka ke beberapa komunitas blogger sehingga pergaulan erat antarkomunitas blogger di Indonesia dapat terjalin.

 

Arumbai-deBlogger, 26 Maret 2011
Arumbai-Blogor, 03 April 2011

Semoga momen hari jadi ke-2 ini dapat digunakan oleh Arumbai untuk merefleksikan pencapaian dua tahun terakhir dan menyusun langkah ke depan. Arumbai Tomma!

===

Sumber gambar: daenggassing.com, arumbai.org, cucuharis.wordpress.com

Advertisements

65 thoughts on “Arumbai Tomma

  1. HBD yang kedua untuk Arumbai. Dah pernah ketemu eby sama semmy juga (kopdar di Makassar). Semoga hubungan dan silaturahmi antar komunitas blogger semakin erat.
    mariki

    Like

  2. selamat ultah buat arumbai…selamat dan sukses juga buat blogger didalamnya…
    terimakasih jg buat para penggerak dan perintis arumbai…
    mohon doanya agar #TabaosArumbai sukses

    Like

  3. Met ultah ya Arumbai.

    @ceritaeka : saya sudah merasakan sensasi mie janda kang Achoey, makasih Kang.

    makasih buat Om Brad yang telah mengajak saya kopdar.

    Like

  4. Seperti biasa opa selalu kayak jadi Legislator yg baik. kata Om mamung opa cocok jadi anggota dewan *dikeplak*

    doakan sukses kegiatan tabaos arumbai yang digelar di ambon. *berharap opa bisa terbang pake sayap buat ngasih pertuah di acara itu*

    Like

  5. Ulang tahunnya hari ini apa kemarin?
    Deketan ya ulang tahunnya sama KBSNET πŸ˜€ *tau deh ga nanya hahaha*

    Met ulang tahun ya Arumbai
    Moga eksis terus blogger2nya …amiiinnn!

    Like

  6. wah om… komunitas di tempat saya gak aktif lagi yg kayuhbaimbai.org itu.
    jadi saya kayanya mau ngumpulin anak” blogger banjarmasin buat ngadain kopdar kecil”an dan ngebahas tentang komunitas blogger. giemana om bagus gak ?
    tapi yang jadi msalah saya baru magang, cuman hari minggu waktu saya ?

    Like

  7. seneng banget punya saudara2 tidak hanya individu tapi komunitas… makin banyak deh teman dan yg paling penting dan keuntungan pertama mau kemana aja pasti ga bakal nyasar :))

    Like

  8. goodluck buat maluku, terutama arumbai dengan komunitas bloggernya yg segera mendunia. satu hal yang kadang jadi mimpi, sekiranya di pusat jakarta itu banyak perwakilan komunitas-komunitas daerah, so tak sekadar kumpul-kumpul lagi, tapi setidaknya dalam pertemuan itu saling mempertemukan budaya yg ada, tak sekedar budaya jakarta atau barat yg diunjuk2…. πŸ˜€
    *hanya bermimpi sih*

    Like

  9. Lihat-lihat foto kopdar babak kedua itu saya jadi ngiri sama Opa, bisa ketemu rekan-rekan yang cakep πŸ˜€
    Tapi lihat foto blogor itu, apa gak ada foto yang lebih bagus Opa, secara ada yg sepertinya mo ganti baju di background itu πŸ˜›
    Btw, happy milad buat Arumbai …

    Like

  10. Selamat ultah ya buat komunitas Blogger Maluku, Arumbai πŸ™‚
    Enak ya ada komunitas Blogger antar kotanya.
    Andai aja komunitas Blogger Papua juga ada, hihiihi… πŸ˜€

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s