Kelas Favorit Saya

Geography class (image from langwitches.org)

Kembali saya akui bahwa Dailypost paling jago memecahkan kebuntuan ide blogger yang sedang tidak tahu hendak menulis apa. Hari ini saya mengangkat topik Kelas Favorit Saya di SMA, sesuai topik yang diberikan Dailypost per tanggal 15 Maret 2011 lalu (sudah cukup lama memang). Sudah lama juga saya meninggalkan bangku SMA namun berbagai kenangan manis masih tetap segar di ingatan. Namun kenangan-kenangan itu umumnya di luar kelas, sedangkan kenangan tentang pelajaran adalah sesuatu yang mesti dipikir dan digali kembali. Nah, kelas favorit saya sewaktu SMA apa ya?

Saya tau banyak yang langsung menebak: Bahasa Inggris. πŸ˜€ Yah, itu memang tidak dipungkiri menjadi salah satu favorit saya. Namun sebenarnya yang benar-benar menjadi favorit bukan itu, melainkan kelas Geografi. Entah mengapa saya selalu merasa excited setiap kali pelajaran Geografi tiba. Entah karena gurunya masih muda dan cantik plus sedang berpacaran dengan seorang guru olahraga berbadan tegap dan berotot incaran para siswi, atau karena materi pelajarannnya sendiri yang menarik. Namun sepertinya faktor keduanya cukup seimbang. πŸ˜€ Berikut beberapa highlight pelajaran Geografi SMA yang masih saya ingat:

1. Lempeng

Yup, salah satu topik pertama yang dipelajari adalah bahwa Indonesia merupakan pertemuan 3 lempeng bumi besar yakni Eurasia, Pasifik, dan Indo-Australia (mohon koreksi kalau salah). Lempeng-lempeng yang terus bergesekan itu berpotensi menimbulkan gempat bumi dan tsunami dan ancamannya cukup merata di sebagian besar wilayah Indonesia. Yang saya tahu aman dari bencana gempa adalah Pulau Kalimantan.

2. Iklim

Topik kedua adalah iklim dan cuaca di Indonesia. Teorinya tetap sama: musim hujan jatuh pada bulan Oktober – April sedangkan musim kemarau jatuh pada bulan April – Oktober. Namun sekarang itu kan hanya teori. Pemanasan global cenderung menggeser musim-musim ini.

3. Kepulauan & Provinsi

Pada bagian ini pelajaran Geografi membahas tentang hasil bumi di tiap pulau besar serta beberapa provinsi di Indonesia. Saya agak lupa bagian ini; namun isinya tidak jauh-jauh dari hasil bumi apa didapat dari mana. Begitu deh! πŸ˜€

4. Negara-negara tetangga ASEAN dan benua lain

Bagian ini cukup banyak saya ingat. Negara-negara ASEAN yang dibahas waktu itu masih sedikit karena jumlah anggotanya masih 6 negara. Fokusnya adalah sejarah umum, statistik penting tiap negara, hasil bumi utama, mitra perdagangan utama, dan tempat-tempat wisata menarik. Selain ASEAN, buku pelajaran Geografi juga membahas tentang Jepang, Cina, Korea, Amerika, Australia, Inggris, dan Zaire.

Banyak juga pelajaran menarik tentang bumi kita yang saya petik dari Geografi. Saya berpikir mungkin pelajaran inilah yang membentuk minat saya belajar bahasa asing dan berkunjung ke tempat-tempat menarik untuk memperluas wawasan. Wah, saya juga berhutang budi pada Ibu Guru Geografi yang cantik itu (yang sayangnya sekarang sudah lupa namanya). 😦

Pelajaran apa yang kamu sukai di SMA? Boleh dong ceritakan sedikit. πŸ˜€

Advertisements

55 thoughts on “Kelas Favorit Saya

  1. saya matematika… nalar jalan mencari sesuatu, seperti akan mengeluarkan sesuatu ketika akan mendapatkan hasilnya…. doooarr…. akhirnya dapat….. πŸ™‚

    Like

    1. deehh…matematika, pelajaran yang tidak ku sukai πŸ˜€

      uhmmm…suka sejarah, suka cerita – cerita dan bagian menghafalnya saat ulangan *tapi sekarang kok banyak lupanya ya #pentung

      Like

  2. Saya suka geografi karena banyak gambarnya (serius). Diagram-diagram itu bikin saya tertarik untuk belajar seperti siklus dan lempengan. Hal yang sama juga terjadi pada pelajaran PSPB dimana banyak gambar perang dan ceritanya. Setelah besar saya baru sadar saya ini mahluk visual.

    Like

  3. Saya biologi..
    Setelah pelajaran langsung penasaran dan pulangnya bisa langsung nyari kodok, ikan, kupu-kupu dan lain-lain..
    Lalu di rumah semua sampel bisa dibelah-belah, operasi secara kejam.. πŸ™‚

    Like

  4. saya sama kayak mas Gie..
    cuma gak belah-belah kodok, tapi tanam tanam pohon, latian mencangkok dan stek pohon jambu..

    tapi geografi juga suka sih.. paling seneng kalo materi peta buta.. seruu om πŸ™‚

    Like

  5. Ha ha…, saya tidak suka kelas Geografi mungkin karena pengajarnya, saya yang menerapkan asimilasi pembelajaran dari pelbagai buku teks geografi tidak mendapatkan “tempat”, tapi saya sudah melupakan semua itu, saya masih punya satu buku impor world reference di rak saya untuk saya baca sesekali waktu :).

    Like

  6. Kelas favorit saya dulu…. bahasa inggris sih ya, ama olahraga juga… :mrgreen:

    Entah kenapa saya suka pas saatnya ganti baju ke baju olahraga waktu itu, berkumpul bersama, main basket, futsal, sama ujian akhir olahraga…. 😳

    Like

  7. Saya tidak pernah sekolah di SMA, jadi otomatis tidak ada pelajaran umum yang saya pelajari..
    tapi pelajaran kejuruan juga gak ada yang berkesan..
    paling berkesan yaa..pelajaran kosong..:D

    **buset, baru sadar..betapa suramnya hidupmu di masa muda..
    **hahahahaha

    Like

  8. pelajaran yang saya suka saat sma adalah kimia… makanya saya bela2in ambil jurusan tsb pas kuliah.. ternyata… gampang masuknya… susah lulusnya.. tewewewew….

    Like

  9. hmm apa yah? matematik, sejarah, fisika, kimia. hehehehe sejarah plg suka sejarah perkembangan peradaban dunia tp plg males ma sejarah indo malah. apalagi kl gurunya udah crita dgn sentimen tkt tinggi dan diulang2 kl soekarno ngasih makan bulgur k org ambon.

    pelajaran kesukaan lainnya kimia soalnya gurunya cakepppp banget. masih muda pula. tp sayangnya begitu kuliah.. kimia bener2 jd momok kelulusan gw.

    fisika matematika asli gue suka banget tp pas kls 3 mulai berasa puyeng gara2 dasar di kls 2 ga diajarin dgn bener. hahaha tp tetep jd favorit soalnya menyenangkan dan penuh tantangan.

    Like

  10. dikalimantan bukan nya ga bisa terjadi gempa, tapi bisa aja terjadi, tapi bukan gempa tektonik melainkan gempa volkanik, kalimantan ga terjadi gempa tektonik krn tdk bersinggungan langsung dengan lempeng-lempeng2 tersebut.
    saya lebih suka bahasa indonesia loh…apalagi suruh baca puisi hehehe

    Like

  11. Hahaha … pas baca kelas favorit om Brad, ingatan saya langsung ke satu sosok tinggi, berkulit kuning, dan ini yang istimewa … rambutnya kriboooooooooo kayak ahmad albar, dan sosok ini adalah sosok guru geografi ketika SMP. Bau-nya masih tercium sampai saat ini, bau khas rokok sama parfumnya yang entah apa itu namanya. Tapi guru ini emang mayan dandy, mayan cuek, aneh juga kok bisa ngajar geografi. Jangan tanya kenapa saya ingat pada sosoknya ya ahahahahah yang jelas bukan karena saya kesengsem sama sosoknya wkwkwkwkk …*duh om brad sukses nih mengobok2 perut saya di pagi yang cerah ini*

    Like

  12. Saya nggak begitu suka sekolah. Rasanya melewati sekedar formalitas aja, meski selalu rangking.

    Kalaupun harus memilih, PMP deh, yang ujiannya tinggal bawa penggaris. Mana jawaban yg paling panjang, itu nanti yang disilang.

    Like

  13. Kalau dulu saya suka sekali pelajaran biologi ketika materi GENETIKA nya si Mendell. Wah saya bahkan pas ujian dapet nilai 10 lho #nggaktahanpamer

    Gurunya juga dulu baik sekali dengan saya, si ibu ini entah mengapa selalu memberikan perhatian “plus” gitu deh ke saya #ge-erkronis #bukaaib #eh

    Like

  14. Salam persohiblogan
    Daku kembali menyapamu kawan
    Kembali ke dunia yang penuh persahabatan ini
    Rindu rasanya
    Ada puisi anget untukmu, sobat πŸ™‚

    Sobat, lagi ada babeh dulu nih πŸ˜€

    Like

  15. Hu hu hu … sekarang kalo telat komen, antrinya bisa sampe 40-an 😦
    Berarti … kesenangan masa remaja membentuk profesi masa dewasa ya, Opa?
    Kalo saya kesukaannya sering berganti-ganti, kelas 1 SMA suka Fisika, 2 SMA suka Akuntansi, 3 SMA suka … temen sekelas #lho koq jadi OOT πŸ˜€
    Hmm, kalo Opa suka siapa? #keknya pernah dibahas … πŸ˜›

    Like

  16. Waw

    Aku dulu suka Sejarah karena bercerita, sedangkan semua teman sekelas biasanya ngga suka karena tak suka jawaban yang “mengarang indah” sedangkan aku suka. SMP sejarahnya tentang jaman prasejarah, SMA tentang kerajaan2 dan kemerdekaan πŸ™‚ udah ngayal jadi indiana jones waktu itu πŸ™‚

    dan bahasa indonesia (ngecek diatas lum ada yang suka pelajaran ini) hehehe.. suka bahasa indonesia karena aku suka merangkai kalimat atau jawaban2 yang aneh2 dan mengundang tawa teman sekelas. Yes, I was a clown. But the ganteng one hehe..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s