Ranking Alexa yang Menggemaskan

Sejak mempublikasikan blog gratisan ini pada tanggal 13 Januari 2011 lalu, saya memasang widget Alexa di blog untuk memantau perkembangan peringkat dari hari ke hari. Awalnya saya tidak terlalu memperhatikan peringkatnya namun lama-lama gemas juga. Di awalnya sih asyik ya. Saya memulai dari ranking 26 jutaan alias paling bawah sekitar tanggal 20 Januari. Awalnya progress peringkat sangat mengesankan; dalam dua hari bisa naik ke 21 juta. Namun setelah itu angka-angka yang dicapai semakin sempit intervalnya sehingga kadang membuat gigit jari. Kalau terus begini, kapan bisa mencapai peringkat di bawah 1 juta dong. 😦

Eh tapi dua hari ini saya melihat sesuatu yang mencengangkan: peringkat saya sudah di bawah 1 juta! Yeay! Raihan ini dicapai dalam waktu dua bulan setengah, namun saya tidak yakin pada pertengahan Juni nanti peringkat saya mampu menempus seratus ribu. Sekarang pertanyaannya:

1. Berdasarkan pengalaman Anda, berapa lama waktu yang diperlukan untuk menaikkan peringkat Alexa dari 900ribuan ke 100ribuan?

2. Trik yang saya lakukan sangat sederhana: ngeblog dan blogwalking. Ada saran tambahan?

Mohon pencerahannya. πŸ˜€

63 thoughts on “Ranking Alexa yang Menggemaskan

  1. Hm.. tahniah.. rajin blogwalking memang boleh dpt rendah alexanya..
    tapi blog ligakampung.com dah statik je. tak turun2 .. naik je adalah.. 😦

    Like

  2. kalo nulis tentang daily life sih susah banget sampe ke 100ribuan kecuali kalo emang udah terkenal banget kayak artis.. radityadika aja ga nyampe 200ribu, dan dianarikasari yg nulis fashion dia 200ribu.

    Kalo mau 100ribuan sepertinya harus nulis sesuatu yang bener2 dicari orang, info2 terbaru dll. tapi kalo saya sebagai blogger yang nulis tentang kejadian sehari2 sih udah lebih fun nulis kayak gini daripada terlalu mikirin traffic tapi ngga fun nulisnya πŸ˜‰ cmiiw

    Like

    1. berarti yg bisa saya tangkap adalah: memperluas areas of interest dalam menulis ya. tapi jangan juga jadinya lebay sampe copy paste dari mana-mana. hehe. thanks for the insight, ben πŸ˜‰

      Like

  3. Sama, Opa. Blogwalking palingan. Kemarin malam Alexaku 169.500, pagi ini (baru beberapa jam nggak dibuka) udah 171.500 aja.

    Soal waktu, nggak begitu merhatiin. Tapi @Giewahyudi cepet juga lho. Baru beberapa bulan blognya dibuat (awalnya kan masih gratisan), udah 600.000an. Awalnya 2.000.000an.

    Ayo semangat blogwalking, Opa!

    Like

  4. Dik Brad yang baik, berikut ini pencerahan dari saya mengenai Alexa Rank.

    Peringkat Alexa Rank itu dinilai dari statistik pengunjung. Yang mempengaruhi itu: banyak/sedikitnya pengunjung, dan frekuensi kunjungan.

    Nah, untuk meningkatkan alexa rank-nya:
    1. Jumlah pengunjung mesti diperbanyak. Semakin banyak maka semakin mempercepat peningkatan alexa rank.
    2. Frekuensi kunjungan juga mesti stabil. Kalo hari ini situs kita dapat 20 kunjungan, terus besoknya 1000, terus besoknya jadi 15 kunjungan, ndak akan banyak pengaruhnya ke Alexa. Akan lebih berefek kalau hari ini 20, besok 40, besok 60, besoknya lagi 60, dan statistiknya bertahan. πŸ˜€

    Jadi, tetap, yang harus dilakukan:
    1. Promosi blog. Bisa lewat socmed, comment, bahkan sebar brosur (#heh?)
    2. SEO. Optimasi situsnya untuk Search Engine, misalnya pemilihan theme yg baik, pemilihan judul situs & judul postingan yg tepat untuk mesin pencari. Dan juga linkbuilding (membangun link).
    3. Berdoa. πŸ˜€
    4. Hubungi HP saya. Hahahaha…

    Nah, komentar saya ini sepertinya akan saya jadikan postingan. :))

    Like

  5. aduh… capek deh ngomonging traffic, ranking alexa dll… yg penting ngeblog bikin hepi ajalah… ngapain dipusingin dengan target… ini kalo saya sih…

    Like

  6. sebelumnya selamat dulu om.. ‘ rumah’nya semakin terkenal euyyy….
    alexa rank ? trafic ? nyimak dulu deh om….
    nanti kalau om sudah bertengger di below 100…share di kopdar yaaa

    Like

  7. Hiihihi sama opa.. blogku baru bikin januari 2011 malah.. sekarang alhamdulillah 998.995 gak nyangka juga si.. dan itu cuma blogwalking sama nyari bantuan back link aja.. heheeh

    Like

  8. ranking alexa?
    udah sering tuh denger suami dan teman2nya mbahas gini2an
    saya mah bagian yang tidak mengerti terus xixixi

    eh saya bagian yang ngasih selamat aja deh buat yang alexa nya sudah melangsing

    yang jelas saya mah ngelangsingin badan dulu baru ngurusin pelangsingan alexa hahahahaha

    Like

      1. hahahaha saya juga maunya belakangan om,
        tapi ini menyangkut urusan masa depan
        wlo di tivi diributin soal jumlah penduduk Indonesia yang membengkak, saya masih berharap bisa menyumbang minimal 1 xixixixi

        Like

          1. errrrrrrr jugaaa
            saya juga gpp klo cuma gendut, cuma masalahnya dokter yang mempermasalahkan kegendutan saya hahaha

            napa dibahas coba πŸ˜›
            sesama big size mah harusnya saling pengertian xixixi …

            hayoo jangan kebablasan OOT-nya, jadi udah nemu cara jitu u/ melangsingkan alexa nya blom om? πŸ˜€

            Like

  9. blog saya sudah lumayan sudah di bawah 500 rb, dulu perna mencapai 350 rban, trus gara-gara saya tinggal 3 minggu tanpa diupdate sekarang tinggal segitu

    Like

  10. Dear Brad …
    Tak ada lain saran saya …
    selain tiga hal …

    1. Menulis dengan baik
    2. Berkomentar dengan tulus
    3. Rajin Blog Walking

    Just like you said …

    Salam saya

    Like

  11. Wow… saya aja dulu sekitar tahun 2010 maksimal hanya mencapai 300ribuan. πŸ˜€
    Sekarang, karena mulai awal 2011 udah jarang blogwalking, turun ke sekitar 400-500ribuan. πŸ™‚

    Like

Leave a Reply

