Pikir-pikir Semur Jengkol

Topik ini (lagi-lagi) muncul di Daily Post yang menantang saya menceritakan makanan yang sampai sekarang belum berani saya coba. Tak butuh waktu lama bagi saya untuk menentukan jawabannya: Semur Jengkol, atau jenis masakan apapun yang berbahan dasar jengkol. Alasannya sudah tentu: tidak tahan dengan baunya. Seseorang yang makan jengkol dan kemudian pergi ke toilet, dijamin akan memabukkan pengguna toilet sesudahnya dan itu sudah pernah terjadi beberapa kali pada saya. Ya, saya pernah muntah di toilet karena mencium bau jengkol namun tidak bisa keluar dari sana karena saya sendiri sedang dalam keadaan emergency (artikan sendiri ya). πŸ˜€

Namun apakah jengkol memang berkhasiat?!

Dari artikel di beberapa blog yang saya baca, ternyata buah(?) jengkol termasuk mengandung serat yang tinggi dan asam jengkolat. Lalu apakah yang dimaksud dengan Asam Jengkolat itu?! Waduh saya sendiri tidak tahu. πŸ˜€ Namun jengkol disebut-sebut dapat membantu memperlancar buang air besar, mencegah diabetes dan jantung koroner!

Namun selain khasiatnya, sebuah peringatan mengiringi orang yang terlalu sering menikmati jengkol, yakni sindrom kejengkolan. Sindrom ini berupa susah buang air kecil dan terasa sakit kala keluar. Belum lagi bau mulut dan urine yang pesing akan berdampak pula pada kehidupan sosial kita. Kalau dipikir-pikir hebat sekali ya jengkol ini, sampai-sampai asam yang dikandungnya dinamai Asam Jengkolat dan sindrom yang berkaitan dengannya juga dinamai Kejengkolan.

So there it is, makanan yang belum berani dan tidak berani saya konsumsi. Sayang juga ya, padahal kalau kita belum kenal benda apakah jengkol itu, penampilannya sungguh menggoda. Lihat gambar ini:

sumber: resepmakananhalal.blogspot.com

Cantik kan?! Hehe.

Coba pikir-pikir, apakah ada makanan yang sampai sekarang belum berani Anda coba?! Ditunggu sharing-nya. πŸ˜€

50 thoughts on “Pikir-pikir Semur Jengkol

  1. semur jengkol … hmm yummyyy ….. i love it!!
    cumaaa udah lama engga makan ini lagi, palign sekali setaon,
    abis ga tahan bau toilet gara2 dia
    enak sih di mulut dan leher hehehe
    tapi ya ngalah deh, daripada toilet harum mewangi semerbak jengkol πŸ˜›

    hmm saya tidak berani makan apa yaaa ….. *posting aahhh**

    Like

  2. Ngomong2 sy blumtau jengkol yg mana model masakan serta baunya seperti apa. Kalo makanan yg blum berani makan daging orang :mrgreen:
    Eh kalo utk selera makan, yg mungkin ngak pengen dicoba itu lele dan belut modelnya aneh hehe

    Like

  3. makanan yg sampai sekarang belum berani saya coba ?
    hmmmm…apa ya..?
    yg extrem2 pastilah, kayak sate tikus, sate kelelawar dsb..tapi kalau yg umum, apa ya..?
    eh..saya juga belum pernah lho makan semur jengkol soalnya di sini jengkol memang tidak populer

    Like

  4. sekali-sekali enak juga makan jengkol, baik di semur, maupun direndang, terkadang malah aku suka makannya tanpa diolah alias mentah….seperti makan kerupuk..(heheheh) tapi ya, setahun belum tentu 3 kali….tergantung minat

    Like

  5. pengalaman makan jengkol???? ya paling pada bilang “lo abis makan jengkol ya?” saya cuma jawab “dikit”, teman saya bales “banyak dikit sama aja baunya” heeee….. karena takut ganggu jadi saya makan paling 1-2 kali setahun, kalo lagi pengen aja itu juga kalo libiran biasanya, jadi gak keluar rumah 2-3 haribiar ilang baunya.uhuhhuhuhuu…..

    Like

  6. sebenernya jengkol itu enak om tp saya juga nahan-nahan untuk suka jengkol, soalnya klo dah makan baunya minta ampunn. tapi saya pernah dengar klo bau mulut bisa di hilangkan dengan banyak minum air putih…

    Like

  7. hlo??? emang enak klo dimakan mentah, pake sambal, makannya seperti lalapan aja, tapi makan jengkol mentah biasanya sih yang muda, jadi pas dimakan tuh bunyinya kriuk kriuk kayak kerupuk *lebay*

    jadi mukanya ga usah ijo gitu ya om yah … πŸ˜€

    mau ga ditraktir jengkol? Hahahahah

    Like

  8. hahahaha kayaknya sih ada, besok tak cek dolo yeh
    klo ada tak bilangin ….
    tapi bener ya harus dimakan.
    apabila perlu dimasak sendiri deh …. hahahahah *mpe ngeces mbayangin raut muka yg nyobain jengkol utk pertama kalinya hihihihi*

    Like

  9. klo saya klo emang ada dirumah kebetulan e,ang masak terus besok gak ada rencana untuk pergi baru saya brani makan jengkol…. ajjiiiiiibbbb bgt rasanyaa ibaratnya kayak nemuin kurma di padang pasir,, hehehehe lebay ya haa

    Like

  10. Jengkol…..kalau orang Padang di tempat saya sebutnya itu Jariang :p dan, ternyata mereka memang pintar mengolah makanan ini menjadi enak dan tidak terlalu bau (selain pedas tentunya) hehehehe…

    rasanya kalau diolah dengan tepat dan makannya ngga terlalu banyak, jengkol ini nggak akan berakibat buruk koq Oom. Oh, memang sih rasanya ada nuansa pahitnya, akibatnya saya nggak terlalu ngefans sama makanan ini.

    ANyway, di Kabanjahe kemarin akhirnya saya mencoba B1. hihihi…ternyata kayak gt rasanya :p *ga usah dibahas lebih lanjut disini dech kayaknya Oom* :p

    Like

  11. kalo gue terong yang ungu tuh.. hehehe..

    nah kalo jengkol justru gue bawa pengaruh, temen2x yang tadinya ngatain gue karna makan jengkol, eh sekarang malah ikut-ikutan makan jengkol, hehe berhasill..

    Like

Leave a Reply

