Dunia di Tahun 2020

Kelas baru yang mulai diadakan setiap Rabu dan Jumat sebagian besar diisi oleh murid-murid SMP dan segelintir murid SMA; total 13 orang. Yang membuat saya kagum adalah level kemampuan Bahasa Inggris mereka yang di atas rata-rata teman sebayanya. Ada juga beberapa yang masih harus dipoles lebih banyak, namun tingkat kepercayaan diri mereka cepat bertambah seiring lancarnya anak-anak tersebut mengemukakan pendapatnya. Nah, topik yang kami diskusikan minggu lalu adalah bagaimana kondisi dunia pada umumnya di tahun 2020. Mind you, tahun 2020 hanya tinggal 9 tahun lagi dari sekarang sehingga evolusi teknologi hingga waktu itu masih belum banyak berubah, bukan?! Ya kan?!!

Tapi tidak menurut anak-anak cerdas dan ‘gila’ itu.

Sengaja memang saya bebaskan mereka untuk berpikir gila tanpa menghiraukan realita bahwa jangka waktu 9 tahun tidak cukup untuk menemukan teknologi yang revolusioner. And oh how wild their imagination went. Berikut sekelumit revolusi teknologi yang mereka nilai sangat mungkin terjadi di tahun 2020.

1. Household Robot

Sembilan tahun lagi robot diprediksikan akan mengambil seluruh pekerjaan rumah tangga dan dapat bergerak layaknya manusia. Sebenarnya robot pembantu rumah tangga bukan lagi impian; Jepang adalah salah satu negara terkemuka yang telah mengaplikasikan robot secara terbatas. Saya termasuk yakin bahwa imajinasi ini akan benar terjadi di tahun 2020 meski masih segelintir rumah tangga saja yang dapat menikmatinya.

Sumber: americaninvetors.blogspot.com

2. Flying Cars

Ide ini datang dari seorang murid perempuan pendiam yang ternyata menyimpan imajinasi yang luar biasa. Alasannya sederhana: lalu-lintas semakin macet dan ide ini akan menjadi fokus para peneliti selama beberapa tahun ke depan. Dia mengemukakan sederet alasan praktis lainnya yakni waktu tempuh antara rumah dan sekolah atau kantor akan jauh lebih pendek, meski risiko kecelakaan dapat saja lebih tinggi oleh karena kompleksnya lalu-lintas udara di kota.

Flying Cars (sumber: irvindelapaz.com)

3. Virtual Webcam

Ada lagi anak perempuan pendiam lainnya yang memendam cita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke Cambridge University yang melontarkan ide ini. Secara mengejutkan ia menyebut nama Randy Pausch (alm), seorang peneliti yang sepenuh hati mengembangkan virtual design. Jadi ide dasar dari virtual webcam adalah chatting melalui internet namun lawan bicaranya seolah-olah terlihat langsung wujudnya di depan kita, bukan hanya di layar komputer. Tentunya dibutuhkan koneksi internet dengan kecepatan luar biasa untuk memungkinkan hal ini terjadi.

Virtual Cam (sumer: geronimo.typepad.fr)

4. Instant Food

Yang dimaksud dengan instant food bukanlah makanan kemasan yang mudah dimasak dan dihidangkan. Teknologi ini berupa mesin yang memungkinkan kita menikmati hidangan apapun hanya dengan menekan beberapa tombol. Dengan proses memasak yang instan tanpa perlu lagi kita memasukkan bahan-bahannya, makanan langsung keluar dari mesin dalam keadaan matang.

Paham gak maksud saya? Well, saya maklum bila Anda kurang paham karena untuk saat ini konsep tersebut tidak logis. Tidak pula tersedia ilustrasi agar dapat Anda bayangkan. Inilah konsep yang dilontarkan oleh tiga remaja pria yang urakan namun smart. πŸ˜€

5. Teleportation

Begitu ide ini dikeluarkan, seisi kelas langsung terdiam kagum. Pencetusnya adalah seorang remaja pria yang (lagi-lagi) pendiam namun nampaknya berpikiran jauh ke depan. Seisi kelas beranggapan bahwa ide ini cool, namun ketika dipaparkan konsep sesungguhnya dari teleportation, yakni mengurai setiap sel kita, mengirimnya dalam bentuk data dan merekonstrusikannya lagi di tempat lain, tak urung membuat anak-anak itu bergidik seram.

Teleportation (sumber: foxnews.com)

Β ***

Itulah hasil imajinasi anak-anak remaja di kelas tersebut. Kala akhirnya saya mengajak mereka kembali ke realita dan menilai manakah imajinasi yang paling mungkin dicapai di tahun 2020, semua sepakat menjawab robot asisten rumah tanggalah yang paling mungkin menjadi kenyataan. Namun demikian, imajinasi mereka di dalam kelas sore itu adalah sesuatu yang berharga bagi masa depan bangsa kita. Don’t you think so?! πŸ˜€

Advertisements

36 thoughts on “Dunia di Tahun 2020

  1. yg pendiam banyak berimajinasi ya, Brad πŸ™‚

    ide instant food seru juga ya..haha…tapi household robot memang perlu direalisasikan…paling engga yg bisa nyetrika deh…hehe…

    Like

  2. kalau dilihat pada filem Back to the Future II (1989), ada beberapa ramalan menarik mereka paparkan.

    1. Pada 2015, hologram akan jadi media iklan penting. (scene Michael J Fox ke satu cinema, dan ketakutan apabiala hampir dimakan ikan yu)
    2. Pada 2015, kereta terbang akan jadi kenyataan.
    3. Pada 2015, robot akan mengagntikan pelayan di restoran. (scene robot interaktif menanyakan menu PEPSI kepada Michael J Fox)
    4. pada 2015, kebanyakan benda di dunia akan menggunakan logam (?) (Scene dimana hampir semua ciptaan pada dalam filem jarang menggunakan plastic)
    5. Pad 2015, telecast bakal menjadi satu perkara penting. (dimana, bapa Marthy dibuang kerja)

    Emm.. apa lagi ya? Adakah impian 1989 ini bakal jadi kenyataan pada 2015?

    Like

    1. waduh ini juga karena saya yg setting situasinya bli. saya arahkan mereka ke transformasi teknologi saja karena ini berkaitan dengan materi pelajarannya πŸ˜€

      Like

  3. teleportasi mungkin kaya yang di harry potter 7 part 1, kira-kira kalo teleportasi kaya gitu bener-bener ada berarti ada harry potter juga kali ya, n ada voldemort juga yang gak mau ketinggalan, kira-kira mereka siapa ya….heeeee….. #banyak bertanya nyesatin orang

    Like

  4. saya cuma mlongo mbaca tulisan di atas …
    ckckck … itu anak2 dikasi makan apa ya imajinasinya keren2 gitu
    bahkan oleh saya tidak terpikirkan sama sekali
    dan jika 2020 ada robot maid pun saya kok ga yakin banyak yang mampu membeli atau …. justru banyak ya ? πŸ˜€

    Like

  5. Hm…

    dulu akhir 90-an sampai 2000 awal Ponsel kan masih barang mewah, sampe sekarang tukang parkir aja punya HP.

    mudah-mudahan juga nanti tahun 2020 IPad, dan Pad-Pad Lainnya juga sudah bukan barang mewah lagi. aa.. miii..nn.

    Like

  6. Suer,saya gak mengigau nyatakan ini..Dalam sebulan ini,postingan ini salah satu yg kontennya TERGENUINE..hehehe maksa banget kata-katanya
    Bisa jadi postingan ini salah satu Masterpiece Content di jagad Blogosphere πŸ˜€
    BTW apa yang tertulis disini bisa jadi akan terwujud sedekade ke depan..kalau sekarang sdh ada Virtual Webcam ,bakalan saya kirim Capuccino kesana πŸ˜†

    Like

  7. klo robot-robot beraksi dinegara kita kayanya masih sangat tidak mungkin karena angka pengangguran yg masih banyak, jika robot yg mengambil alih pekerjaan mau nambah berapa banyak pengangguran dinegri Indonesia.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s