Laptop Gak Bisa Konek Internet

Jam-jam kalong begini sering saya manfaatkan untuk berinternet ria, meski hari-hari browsing sekarang tidak seindah dulu lagi dikarenakan pemblokiran akses yang mulai terasa di sana-sini. πŸ˜€ Biasanya saya menggunakan laptop saya untuk berinternet; saat ini saya menggunakan Axioo MNW 2015. Performa laptop ini cukup memuaskan sampai saat ini di mana tidak pernah ada gangguan berarti. Selain Axioo, laptop saya juga memiliki adik baru, yakni sebuah netbook Elevo Hornet A10116-450 yang merupakan hadiah lomba blog yang diadakan oleh XL Axiata dalam rangka XL Net Rally PB 2010. Terima kasih untuk XL πŸ™‚

Nah, sepulangnya saya dari acara buka puasa bersama XL malam ini, saya pun membuka laptop saya. Betapa terkejutnya saya ketika saya tidak bisa melakukan koneksi internet dengan menggunakan modem 3G saya. Selama ini saya selalu menggunakan modem 3G ini dengan kartu IM2. Namun malam ini saya gagal melakukan koneksi dan selalu muncul pesan Error 720. Setelah menelepon CS IM2 saya mendapat konfirmasi bahwa tidak ada masalah dengan koneksi internet dan pesan Error 720 biasanya bersumber pada perangkat komputernya.

Pada saat saya mempublikasikan tulisan ini, masalahnya belum selesai. Berhubung saya gaptek, saya tidak mengerti apa yang harus diperbuat selain membawanya ke tukang servis komputer. Tapi berhubung memerlukan biaya yang (takutnya) mahal, maka saya dengan ini meminta bantuan berupa saran dari teman-teman untuk permasalahan saya ini. Bagi saran terbaik akan menerima hadiah berupa puji-pujian dan tepuk tangan dari saya πŸ˜€ #eaaa

Terus terang saya minta tolong banget bagi siapa saja yang bisa membantu. Soalnya susah sekali kalau laptop saya tidak bisa terhubung ke internet. Untungnya keadaan saya masih terselamatkan oleh si kecil cabe rawit Elevo Hornet A10116-450 hadiah dari XL yang sampai hari ini terus berjaya koneksi internetnya. Doh, semoga laptop saya cepat sembuh deh.

==

Keterangan gambar: Elevo Hornet A10116-450

Sumber: Elevo

28 thoughts on “Laptop Gak Bisa Konek Internet

  1. Waduh, saya blum pernah mengalaminya mas. Malah saya menunggu kabar selanjutnya, tentang bagaimana solusi yang tepat dan (mungkin) murah untuk masalah semacam itu. Soalnya saya juga pakai laptop kalau berinternet.

    Like

  2. Modem Im2 tersebut sudah dicoba ke perangkat lain belum, misalnya si Elevo? kalau memang bisa, kemungkinan masalah bersumber dari laptopnya. Solusinya :

    Solusi No 1. Install Ulang Software Modemnya. Kalau gak berhasil, masuk ke solusi 2.
    Solusi No 2. Install Ulang OS Laptopnya. Kalau nggak berhasil, mungkin ada problem di hardwarenya. masuk ke solusi 3.
    Solusi No 3. Kalau masih bergaransi, kembalikan saja ke dealer, atau ke teknisi kalau udah ga garansi.

    Kalau ternyata modem yang sudah dipindahkan tersebut tetap ga bisa, oho, jangan kuatir. Masalahnya kemungkinan bersumber dari si modem.

    Solusi No 1. Reset si modem (kalau bisa direset). kalau gak bisa juga, masuk ke solusi 2.
    Solusi No 2. Servis si modem πŸ˜€

    mudah-mudahan bisa membantu ya Oom πŸ˜€

    Like

  3. mungkin si laptop ngambek, cemburu sama adek baru-nya. merasa takut bakal jarang dibelai lagi. (-_-!)

    pas terakhir konek, mas’e ngapain aja sama si laptop?

    salam kenal dari padang… πŸ˜€

    Like

  4. Wah akhirnya si netbook baru dibahas juga di mari, siapa namanya? oh ya E le(no)vo kan ya? hihihih

    Wah kalau urusan gabisa connect karena hardware saya juga nggaktau nih Om, moga cepet sembuh ya lepie nya πŸ˜€

    Like

  5. Pingback: Saling Berbagi
  6. Untuk mengatasi masalah ini, uninstall protokol TCP / IP, menghapus WAN kedua Miniport IP perangkat, kemudian instal ulang protokol TCP / IP. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah:
    Uninstall protokol TCP / IP. Untuk melakukannya:
    Pada Control Panel, klik dua kali Sambungan Jaringan dan Dial-up, klik kanan Local Area Connection, kemudian klik Properties.
    Dalam Komponen diperiksa digunakan oleh koneksi ini, klik Internet Protocol (TCP / IP), dan kemudian klik Uninstall.
    Ikuti petunjuk pada layar untuk uninstall TCP / IP.
    Restart komputer ketika diminta, tapi klik No jika Anda diminta untuk memungkinkan Windows untuk mengaktifkan protokol.
    Klik kanan My Computer, kemudian klik Properties.
    Klik tab Hardware, dan kemudian klik Device Manager.
    Pada menu Lihat, klik Tampilkan perangkat tersembunyi.
    Di bawah Network adapters, tidak boleh ada WAN Miniport IP perangkat. Jika WAN Miniport IP perangkat terdaftar, lanjutkan ke langkah berikut. Jika tidak ada WAN Miniport IP perangkat terdaftar, langsung ke langkah 16.
    Klik Mulai, klik Jalankan, ketik regedit pada kotak Buka, kemudian klik OK.

    Penting Bagian ini, metode, atau tugas yang memuat langkah-langkah yang memberitahu Anda bagaimana untuk mengubah registri. Namun, masalah serius mungkin terjadi jika Anda memodifikasi registri dengan tidak benar. Karena itu, pastikan bahwa Anda mengikuti langkah-langkah hati-hati. Untuk perlindungan tambahan, buat cadangan registri sebelum Anda memodifikasinya. Kemudian, Anda dapat memulihkan registri jika ada masalah yang terjadi. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara membuat cadangan dan memulihkan registri, klik nomor artikel berikut untuk melihat artikel pada Basis Pengetahuan Microsoft:
    322756 Cara membuat cadangan dan memulihkan registri pada Windows
    Cari subkey registri berikut:
    HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Control \ Class \ {4D36E972-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}
    Pada menu Registry, klik Ekspor Registry File, jenis cadangan-kunci dalam kotak File name, kemudian klik Simpan.

    Catatan Anda dapat mengembalikan perubahan yang Anda buat ke kunci registri. Untuk melakukannya, klik dua kali file backup-key.reg yang telah disimpan.
    Klik masing-masing subkunci registri di bawah tombol ini, dan kemudian melihat kolom Data dari nilai DriverDesc untuk menentukan mana subkunci sesuai dengan WAN Miniport (IP). Sebagai contoh, subkey 0005.
    Klik kanan subkey yang DriverDesc nilai data WAN Miniport (IP) (misalnya, klik kanan 0005), dan kemudian klik Hapus. Klik Ya untuk mengkonfirmasi bahwa Anda ingin menghapus kunci.
    Keluar dari Registry Editor.
    Klik kanan My Computer, kemudian klik Properties.
    Klik tab Hardware, dan kemudian klik Device Manager.
    Pada menu Lihat, klik Tampilkan perangkat tersembunyi.
    Di bawah Network adapters, klik-kanan WAN Miniport (IP) dan kemudian klik Uninstall. Klik OK untuk mengkonfirmasi bahwa Anda ingin menghapus perangkat ini.
    Pasang kembali protokol TCP / IP. Untuk melakukannya:
    Pada Control Panel, klik dua kali Sambungan Jaringan dan Dial-up, klik kanan Local Area Connection, kemudian klik Properties.
    Klik Install.
    Dalam Jaringan Komponen Pilih Tipe kotak dialog, klik Protokol, kemudian klik Tambah.
    Di bawah Network Protocol, klik Internet Protocol (TCP / IP), kemudian klik OK.
    Ketika protokol diinstal, klik Tutup.
    Reset modem dengan memutar power off dan kemudian pada, atau untuk modem internal, restart komputer.
    Test koneksi internet anda.

    Semoga berhasil πŸ™‚

    Like

    1. *speechless*

      makasih banyak atas bantuannya bro. sayangnya error ini udah saya alami bulan lalu, dan solusinya waktu itu adalah install ulang 😦

      tapi saya catat saran ini kalau2 lain kali ada masalah yg sama. sekali lagi makasih ya πŸ˜€

      Like

Leave a comment