Senin Hitam

Hari ini kita berduka. Penyerangan massa terhadap jemaah Ahmadiyah berlangsung pada Minggu petang (06/Feb) lalu untuk kesekian kalinya. Aksi brutal yang berlangsung di Cikeusik, Pandeglang, Banten tersebut menewaskan tiga orang dan melukai puluhan lainnya. Video rekaman penyerangan tersebut beredar luas di internet terutama Youtube. Isinya menyeramkan dan tidak dapat saya kutip link-nya di sini.

Maka hari ini layak disebut Senin Hitam, laksana gerakan #SeninHitam yang sedang dilaksanakan oleh rekan-rekan kita dengan aksi solidaritas terhadap Ahmadiyah yang berlangsung saat ini juga di Bundaran HI, Jakarta. Kekerasan tidak pernah dan tidak boleh menjadi akar budaya kita. Pandangan beragama seseorang, meski dituding keliru berdasarkan kitab suci yang kita pegang, tidak boleh menjadi alasan sebuah pembantaian. Ya, saya menyebutnya pembantaian.

Meski tidak hadir di Bundaran HI pada saat ini, namun hati saya juga ikut membentuk rantai manusia di sana. Berdoa supaya suatu hari nanti, keadilan dan kebebasan beragama dapat terjamin sepenuhnya.

 

Three killed in anti-Ahmadiyah violence in Banten: Police

The Jakarta Post, Jakarta | Sun, 02/06/2011 6:10 PM | Headlines

Police said Sunday that three people
were killed in a clash between villagers and Ahmadiyah followers in
Cikeusik, Banten, on Sunday.

Pandeglang precinct police chief Adj.
Sr. Comr. Alex Fauzy Rasyad said five others were injured and rushed
to a local hospital.

Local leader Lukman had said earlier
that six people had been killed in the clashes.

blog it

15 thoughts on “Senin Hitam

  1. Perbedaan sebesar apapun semestinya tak bisa dijadikan alasan untuk melakukan kekerasan. Apakah Tuhan yang diatasnamakan mereka itu adalah Tuhan yang sama yang memerintahkan berkasihsayang? Entah atas dasar pembelaan yang mana, mereka bisa bertindak begitu. Jauh dari bundaran HI, jauh dari Cikeusik, hatiku ikut tertunduk, berharap semoga kebenaran dan kedamaian akan kembali jadi pelita

    Like

  2. speechless
    tadi sempat liat videonya dan sumpah..!! saya mual, geram dan marah..
    saya penggemar film2 gore macam SAW, tapi apa yang saya lihat tadi adalah sebuah adegan yang betul2 tidak berperikemanusiaan..
    saya menolak kalau mereka menganggap diri sebagai Front Pembela Islam, karena Islam tak perlu dibela oleh orang2 seperti mereka..

    Like

  3. wah sy jarang nonton tipi tp kemarin kebetulan di rumah dan sempat nonton berita penyerangannya. turut berduka tapi kemarin seharian sy pakai baju putih 😀 *molor sampai sore* 😀

    Like

  4. Setelah melihat video itu di youtube saya jadi teringat film jadul G30S/PKI. Walaupun film ‘hoax’ bisa membuat saya ‘ngeri’, sama seperti saat ini …, bedanya video itu kenyataan yang memilukan. 😦 Saya jadi kepikiran terus, “Mestinya bagaimana ya?”. Trus keingetan pesan ayahnya Jaguar Paw di film Apocalypto (2006) garapan Mel Gibson : “jangan takut”. Allah MahaAdil …

    Like

    1. Oh bukan. #seninhitam itu gerakan yg berawal dari twitter agar masyarakat Indonesia bersatu melawan penindasan terhadap aliran agama tertentu. coba cari saja di twitter 😉

      Like

Leave a comment