Syarat Mengurus SKCK 2016

Setelah kurang-lebih 20 tahun tidak mengurus SKCK (terakhir mengurusnya sewaktu lulus SMA dan waktu itu dokumen ini masih bernama SKKB), akhirnya saya kembali mengurus dokumen tersebut minggu lalu untuk keperluan melamar pekerjaan. Yang saya dengar, proses pengurusan SKCK sekarang relatif cepat dan hanya memakan waktu 15 menit per berkas (tidak termasuk masa tunggu antrian). Yang merepotkan justru bukan di kantor polisinya, melainkan dokumen pendukung yang harus disiapkan sebelumnya yakni Surat Pengantar dari Kelurahan, yang itu juga artinya saya harus menyambangi RT dan RW setempat untuk meminta surat dari mereka.

Namun harap diperhatikan: ternyata ada beberapa poin persyaratan yang berbeda dengan informasi yang tertera di situs resmi POLRI dan sepertinya bervariasi tergantung kantor polisi mana yang kita datangi. Berikut saya bagikan pengalaman mengurus SKCK di salah satu Polsek di Kota Bekasi.

1. CPNS/PNS atau Bukan?

Bagi pelamar PNS, Surat Pengantar yang harus dibawa tidak cukup dari kelurahan, melainkan harus dilampirkan yang dari kecamatan juga. Untuk pelamar kantor swasta, cukup melampirkan surat pengantar dari kelurahan.

2. Ke Polsek atau Polres?

Jika kita hendak melamar pekerjaan sebagai PNS atau keperluan antar negara, pergilah ke Polres. Jika hendak melamar ke kantor swasta atau urusan lainnya, cukup ke Polsek.

3. Dokumen-dokumen Pendukung

a. Surat Pengantar dari Kelurahan/Kecamatan

b. Fotokopi Akte Kelahiran/Kenal Lahir/Ijazah terakhir (pilih salah satu)

c. Fotokopi Kartu Keluarga

d. Fotokopi KTP/SIM

e. Pasfoto 4×6 sebanyak 6 lembar

4. Biaya

Rp 10,000.- (sepuluh ribu rupiah).

5. Alur Prosedur Permohonan di Kantor Polisi

Yang saya akan ceritakan adalah prosedur permohonan di salah satu Polsek di Bekasi. Alur di kantor lainnya bisa jadi sedikit berbeda. Pertama, saya diarahkan ke meja pengisian formulir rumusan sidik jari untuk mengisi sinyalemen (ciri-ciri fisik) dan pengambilan sidik jari untuk kesepuluh jari tangan.

Setelah pembubuhan sidik jari, formulir tersebut kita bawa ke loket permohonan untuk kemudian kita diberikan formulir pengisian SKCK. Isi selengkap-lengkapnya, kembalikan ke loket beserta dokumen-dokumen pendukung, bayar biaya SKCK, lalu tinggal menunggu pembuatan surat. Waktu itu para pemohon tidak banyak dan saya bisa mendapatkan SKCK dalam waktu 15 menit.

6. Legalisir

Langkah selanjutnya bersifat opsional tapi penting: Legalisir SKCK. Kita harus fotokopi SKCK tersebut sebanyak 5 lembar lalu serahkan kembali ke loket untuk dibubuhi tandatangan dan cap basah legalisir. Prosesnya cepat dan gratis.

7. Lalu Apakah Variasinya?

a. Pasfoto. Meski di situs POLRI tertera 4×6 sebanyak 6 lembar, nyatanya saya diminta pasfoto 4×6 sebanyak 3 lembar dan 2×3 sebanyak 1 lembar. Jadi saya harus cetak foto lagi di studio terdekat. Bahkan katanya ada kantor polisi lain yang juga meminta pasfoto ukuran 3×4. Jadi untuk amannya: bawa saja semua ukuran masing-masing 6 lembar.

b. Surat Pengantar. Sewaktu saya hendak menyerahkan Surat Pengantar dari Kelurahan, surat itu langsung dikembalikan. Ada apa gerangan? Ternyata surat itu tidak diperlukan lagi apabila tujuan kita adalah untuk melamar kerja di swasta. Aturan baru ini berlaku mulai Januari 2016. Apakah ini standar yang berlaku di semua kantor polisi? Saya tidak tahu. Jadi untuk amannya: siapkan saja surat pengantarnya.

c. Biaya. Standarnya memang Rp 10,000.-. Namun ternyata saya diminta membayar Rp 15,000.- juga di meja pengambilan sidik jari. Apakah ini standar? Saya tidak tahu. Jadi untuk amannya: siapkan saja dana lebih.

***

Secara keseluruhan, proses pengurusan SKCK di kantor polisi relatif cepat. Sebaiknya memang datang pagi-pagi untuk menghindari antrian panjang. Jika semua persyaratan lengkap pada saat kedatangan, kita tidak perlu cuti dari kantor karena semua prosedur bisa selesai dalam 1-2 jam.

Oh iya, menurut situs POLRI, pendaftaran SKCK bisa dilakukan dengan cara online. Namun ketika link diakses, yang keluar hanyalah pesan Error. Jadi untuk amannya, datang saja ke kantor polisi terdekat.

Advertisements

2 thoughts on “Syarat Mengurus SKCK 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s