#miladeBlogger7 Komunitas Blogger Depok

Tak terasa, hari ini Komunitas Blogger Depok (deBlogger) telah menginjak usia 7 tahun. Telah banyak hal yang dialami sejak berdirinya komunitas ini pada 31 Mei 2009 lalu di kota satelit Jakarta yang selalu macet namun ramai itu. Awalnya sederhana, sekelompok anak muda yang punya ikatan sosial dan emosional dengan Depok ingin membuka wadah bagi warga kota untuk bersuara melalui blog.

Kalau ditanya bagaimana saya mendeskripsikan deBlogger dalam satu kata, maka jawabannya: RIANG GEMBIRA. Eh, itu sih 2 kata ya. πŸ˜€ Ya, kegiatan-kegiatan yang kami adakan atau kami ikuti selalu diisi dengan obrolan riang-gembira. Namun yang lebih penting, interaksi dengan sesama anggota menjadikan kami lebih dewasa karena pertemanan kami tahan uji melalui kerjasama dalam mengadakan acara sampai konflik yang timbul di dalamnya. Jadi meski di dalamnya tidak selalu manis, saya tetap mengamini bahwa komunitas inilah salah satunya yang menajamkan pikiran dan etos kerja kami.

Berikut biarkan beberapa gambar akan bercerita:

Gelar rujak di Pesta Blogger 2010. Epic!
Our T-shirt lineup. Abaikan para modelnya.
Satu dari sekian banyak kopdar dadakan tanpa agenda.
KADO (Kakak Asuh deBlogger).
Digital Media Training.
Event terakhir yang kami adakan pada tahun 2015 lalu.

Terlepas dari segala keriaan itu, saya juga harus mengakui bahwa deBlogger terjebak dalam masalah klasik yang dialami oleh hampir semua komunitas blogger di Indonesia: regenerasi. Struktur organisasi yang bersifat cair, komitmen aktif yang hanya dipegang oleh segelintir pengurus dan aktivis, dan setiap anggota yang sibuk sendiri dengan pekerjaan dan studi masing-masing membuat kami sulit berkembang dan memberikan tongkat estafet kepengurusan ke generasi berikutnya. Seiring dengan energi yang semakin disalurkan untuk aktivitas masing-masing, pelan-pelan kami pun menjadi vakum. Semoga suatu saat ada jalan keluar. Semoga.

Selamat ulang tahun deBlogger. We love you full. πŸ˜€

===

Pemilik gambar: Aris Sunawar, Elsi Santi, Naga Centil, Dodi Mulyana (alm).

Advertisements

15 thoughts on “#miladeBlogger7 Komunitas Blogger Depok

    1. Nah itulah. Narablog baru yg ada sekarang umumnya lebih bernafsu nyari penghasilan tambahan via blognya. Hehe. Apa kabar bro?

      Like

  1. Selamat ultah deblogger. Saya dulu masuk diacara yang diadakan di restoran kabayan tahun 2010. T-shirt saya masih pakai sampai sekarang. Kalo ada program seperti KADO pengen ikut lagi.

    Like

  2. setuju banget kalo kata yang pas menggambarkan deblogger ini adalah riang gembira.. klo kumpul2 gak jauh dari kata itu.. Hore-hore.. Happy.. dan Kabur… well.. itu yang khas dari anak2 deblogger.. :))

    miss you so much guys.. love you full, deblogger.. muah..muah.. :-*

    Like

  3. Halo, saya Wisny daei Sekolah Relawan. Saya ada keperluan dg komunitas blogger depok. Bisa minta kontaknya? Terima kasih.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s