Ngidam Jajanan Pasar

Kalau sedang musim bulan puasa seperti sekarang ini, saya yang tidak menjalankannya pun turut merasakan perbedaan suasana. Utamanya adalah ketika sore hari menjelang waktu berbuka tiba, hampir di setiap tikungan jalan akan terlihat orang-orang berjualan beraneka-ragam makanan dan jajanan untuk berbuka puasa.

Nah, dari sekian banyak jajanan khas tersebut, ada beberapa jenis yang selalu saya cari dan idam-idamkan. Misalnya saja kurma. Buah manis khas jazirah Arab ini kerap saya temukan di minimarket terdekat dengan beragam kualitas. Sejauh ini kurma Tunisia adalah jenis termahal, sementara yang dari Irak adalah yang termurah. Tapi yang paling enak tentu saja kurma gratis! Hahaha. Bagi teman-teman yang berkunjung ke Arab Saudi dalam rangka ibadah lalu sekalian membeli kurma atau kismis, ingat-ingat saya pas pulang ke Indonesia nanti ya. šŸ˜€

Jenis makanan khas lainnya tak ubahnya jajanan pasar, sih. Misalnya saja singkong goreng, klepon, kue pukis, dan beberapa lagi. Tapi berhubung saya agak pilih-pilih tempat kalau beli jajanan pasar (maklum perut saya sok manja), jadi agak jarang saya bisa mendapatkannya. Karena itulah saya melonjak senang ketika datang ke sebuah event dan menemukan beberapa pinggan jajanan ciamik ini di meja konsumsi.

IMG_0804

Haduuh itu kleponnya. Ukuran besar tapi lembut banget. Yang saya agak ‘takut’ kalau makan klepon adalah gula jawanya suka ‘meledak’ alias muncrat kalau digigit. Tapi tidak yang satu ini loh. Belum lagi kue pukisnya yang biasa saya beli di pasar sore-sore, kali ini saya temukan versi lain yang tentunya lebih berkelas. Ya iyalah ya. Hehehe.

Tapi yang juaranya ini nih:

snack singkong goreng

Jadi ini namanya singkong goreng *ditampar dari segala arah*. Sewaktu saya tanya pada Luvie Melati, si pembuatnya, dia menjawab kalau ini memang ya singkong goreng yang biasa dan tidak diberi bumbu macam-macam. Tapi mungkin teknik masaknya direbus dulu atau apa kali ya (ketauan gak pernah masuk dapur); singkongnya lembut dan lumer banget di mulut. Makan dibarengi ngobrol, tanpa terasa empat bongkah sudah masuk perut.

Senang sekali karena kue-kue khas Indonesia ini ternyata bikinan kawan lama yang sekarang merintis Ufairah Catering. Jadi kalau ibu-ibu di rumah lagi malas masak atau para karyawan terlalu sibuk untuk sekadar keluar makan siang, bisa banget nih pesen katering ke sini. Atau di musim bulan puasa begini, pas banget mencoba aneka ragam kue khas Indonesia dari Ufairah Catering yang bisa Anda pesan dan paket langsung diantar ke tempat Anda. Apalagi sekarang ada Paket Spesial Ramadhan juga. Buruan!

Tips: cobain singkong gorengnya. Dijamin ‘meleleh’. šŸ˜‰

===

Photo credits: Luvie Melati

4 thoughts on “Ngidam Jajanan Pasar

Leave a Reply

