Coursera: Kuliah Suka-Suka

Aku ingin begini, aku ingin begitu. Ingin ini ingin itu, banyak sekali.

– Doraemon

Pernahkah Anda bangun di pagi hari dan tiba-tiba terpikir ingin melakukan sesuatu yang baru dan belum pernah dibayangkan sebelumnya, misalnya: belajar lagi. Kalau selama ini kita belajar atau kuliah selalu dibarengi komitmen untuk menyelesaikan sekian SKS dan tidak sempat belajar subjek lain karena harus mementingkan kuliah utama hingga lulus. Nah, sekarang kan kita sudah (lama) lulus. Masih bisa gak belajar hal yang baru di kampus yang keren?

Sejak tahun lalu saya berkontemplasi untuk kuliah lagi namun terkendala oleh waktu dan pekerjaan serta lokasi kerja yang kerap berpindah. Saya lalu mengambil komitmen pribadi untuk kembali ke bangku kuliah (yang ini ceritanya nanti saja), namun tetap saja: kuliah berarti siap berkomitmen untuk fokus kepada studi dalam jangka waktu tertentu dan tidak bisa seenaknya saja kita belajar di jurusan lain. Namun bagaimana kalau kita ingin mengambil mata kuliah tertentu saja tanpa harus masuk kelas secara resmi di kampusnya? Apakah bisa?

Perkenalkan Coursera. Inilah platform belajar online yang saya baru ketahui awal tahun ini. Coursera menawarkan lebih dari 340 mata kuliah yang diselenggarakan oleh lebih dari 62 universitas ternama di dunia dalam Bahasa Inggris, Spanyol, Jepang, Mandarin, Rusia, dan beberapa lagi. Mata kuliah yang ditawarkan sangat beragam dan umumnya bersifat populer. Saya sendiri baru sempat mengambil satu kelas yang dimulai tanggal 30 Januari 2015 dan telah selesai tanggal 9 Maret kemarin:

cs1

Tidak ada prasyarat pengetahuan tertentu untuk mendaftar dan metode pembelajaran 100% berjalan secara online. Namun bukan berarti kita tidak berinteraksi dengan pengajar dan peserta lain. Justru diskusi di forum kelas seringkali sangat hangat sehingga kita secara tidak langsung dapat mengenal pribadi lawan bicara secara jauh lebih dalam karena kita memahami cara dia berpikir.

Durasi tiap kelas bervariasi, mulai dari 3 hingga 12 minggu dengan jam belajar online antara 5-10 jam per minggu. Aktivitas di kelas meliputi menonton video pendek, membaca materi, mengerjakan kuis, berinteraksi di forum diskusi, menulis karangan, serta menilai karangan orang lain. Untuk membantu kita dalam belajar, tiap minggunya kita akan diberikan semacam deadline untuk memudahkan mengatur waktu.

cs2

Pada akhir kelas akan ada semacam final project yang temanya berbeda-beda sesuai kelasnya. Setelah semua tugas telah dikerjakan dengan baik, kita juga akan dikirimkan sertifikat partisipasi lewat email, GRATIS. Namun selain sertifikat gratis itu tadi, ada opsi lain untuk mendapat sertifikat berbayar yang telah diverifikasi oleh universitas penyelenggara. Berbeda dengan yang gratis, versi berbayar ini berbentuk fisik yang dikirimkan ke alamat rumah kita dan berlogo universitas penyelenggara serta bisa dicek keasliannya di kampus tersebut. Seru kan kalau kita bisa ikut kuliah online dan sertifikatnya dikirim dari kampus ternama dunia? πŸ˜€ Biaya sertifikatnya sekitar USD 25 aja kok.

Satu hal lagi yang saya suka dari Coursera yakni sudah ada aplikasinya di iOS dan Android. Berikut penampakannya:

Screenshot_2015-03-13-22-53-49

Dengan ragam kelas yang sangat banyak, saya jadi bersemangat untuk mencoba belajar sesuatu yang sama-sekali baru. Sebagai penutup, saya tampilkan video perkenalan tentang Coursera. Jadi gimana? Yuk, belajar lagi. πŸ˜€

Advertisements

14 thoughts on “Coursera: Kuliah Suka-Suka

  1. Wah makasih infonya nih, keren nih bisa belajar dari universitas-universitas top.
    Langsung daftar di kelas Introductory Human Physiology dari Duke University. 😎

    Like

          1. kak..maaf saya mau tanya dong. kalau kita mau belajar di coursera itu bisa daftar kapan saja atau bagaimana ? terima kasih πŸ™‚

            Like

  2. Untuk waktu kelasnya udah diatur juga ya?
    Atau suka2 kita? Jadi ya tergantung waktunya kita gitu bang bisa belajarnya kapan πŸ˜€
    Tapi keren juga ya, apalagi kalo dapet sertifikat yang berbayar itu.
    Cuma $25 pula πŸ˜€

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s