mobibrad.my.id

Saya kadang suka tertawa sendiri kalau mengingat lagi satu sesi standup comedy yang pernah dibawakan oleh Dwika Putra; seorang pemuda kocak keturunan Tionghoa yang belakangan saya kenal secara tidak sengaja lewat satu pekerjaan. Pada sesi itu Dwika melontarkan pernyataan yang nyeleneh tapi jujur soal karakter rasnya: Cina itu bukan ras, tapi Cina itu gaya hidup! πŸ˜€ Contoh yang ia lontarkan adalah: jika kamu sedang lelah sampai terengah-engah di mall setelah keliling namun tiba-tiba melihat iklan diskon 70% dan merasakan suatu semangat baru, maka kamu sudah selangkah menjadi cina. πŸ˜›

Benar juga sih, saya pencinta diskon, apalagi gratisan, meski gak kepo-kepo amat mencari gratisan ke mana-mana. Tapi kalau ada yang menawarkan promo dan sejenisnya pasti saya sambar dengan senang hati. Hal itu juga berlaku ketika saya berada di Yogyakarta akhir pekan kemarin untuk menghadiri kopdar Blogger Nusantara 2013 yang didatangi ratusan – bahkan melebihi seribu – blogger dari penjuru tanah air.

Di sela-sela acara dan haha-hihi kopdar dengan teman-teman, mata saya tertumbuk ke salah satu pintu masuk ke Rumah Budaya Jogloabang yang menjadi lokasi kopdar. Di pojok halaman berumput yang sudah dipasangi tenda-tenda besar itu digelarlah meja-meja yang menawarkan domain .ID gratis tahun pertama. Pendaftarnya ramai meski tidak sampai berjubel. Cuma yang lucu adalah para blogger ini dengan hebohnya mendaftarkan tidak hanya satu domain, tapi lima, sepuluh, entah berapa lagi domain yang didaftarkan per orang. Kelihatannya rata-rata akan digunakan untuk monetisasi blognya. Saya cuma melongok-longok kemudian pergi. Selesai.

Yakin udah selesai?

Kembali ke prinsipnya Dwika, semangat baru itu membawa saya lagi dong ke stand itu! Kali ini saya intip, ah ada oleh-olehnya juga rupanya. Sebuah buku catatan, sebatang pulpen pendek bertali, lalu tali tanda pengenal yang biasa digantung. Lama saya berpikir-pikir kemudian menetapkan hati untuk TIDAK! Saya muter kopdar lagi.

Tapi akhirnya balik lagi dong! Kali ini saya sudah tidak tahan dengan godaan. Dengan malu-malu(in) saya dekati mbak-mbak yang sedang sabar meladeni para blogger kalap yang mengejar gratisan lalu mendaftar. Domain masih tersedia, katanya. Tinggal butuh persyaratan KTP dan mengisi data pribadi, selesai sudah. Akhirnya saya berhasil dapet gratisan. Senang bukan main! Eh, yakin nih senang?

Wkwkwkwkwk, memang tindakan impulsif kemarin memancing masalah baru sih. Saya harus bikin konsep untuk blog baru itu. Bahasa apa yang akan digunakan? Hanya tulisan serius atau boleh curhatan kampret? Akan dimonetisasi atau biarkan mengalir? Dsb dst.

Saya teringat akan blog berbahasa Inggris saya kemarin yang masih gratisan. Kayaknya sudah saatnya blog itu memiliki domain sendiri yang, meski berbahasa asing, mencirikan Indonesia yang khas melalui ekstensi domainnya. Selebihnya biarkan mengalir saja, deh.

Perkenalkan: mobibrad.my.id

Itulah sepenggal cerita dari #BN2013. Maaf, liputan acara utamanya sendiri malah belum saya tulis. Maklum saat ini saya masih berada di Wonosobo dalam perjalanan menuju Dieng. Nanti akan saya tulis sekembalinya ke Jakarta ya. πŸ˜€

Advertisements

16 thoughts on “mobibrad.my.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s