#BlogClass 102: Mengelola Daftar Bacaan Blog

Halo!

Gimana dengan tips saya di #BlogClass 101 kemarin, apakah sudah ada yang mulai membaca blog atau portal dalam Bahasa Inggris? Yang saya sukai dari tulisan para blogger yang berbahasa Inggris adalah gaya penuturan mereka yang berbeda dari orang Indonesia dan pemilihan kata-katanya sangat kaya. Ya memang kosakata Bahasa Inggris lebih kaya daripada Bahasa Indonesia sih. Tapi bukan berarti bahasa mereka lebih bagus lo, ya. Menarik karena berangkat dari mindset yang berbeda aja. πŸ˜€

Kalau daftar bacaan blog favorit kita sudah semakin banyak tentu akan semakin sulit mengingat blog-blog yang harus dikunjungi satu demi satu, bukan? Apalagi sejak ditutupnya layanan Google Reader banyak yang mengeluh tidak bisa lagi memantau postingan terbaru kawan-kawan blogger mereka. Atau ada juga yang kembali ke cara jadul: menambahkan link di sidebar secara manual. Hihihi. πŸ™‚

Sebenarnya daripada repot-repot menambahkan link atau RSS, ada cara praktis lainnya yang tersedia secara gratis dari WordPress.com. Cara itu adalah WordPress Reader. Fungsinya kurang-lebih sama saja dengan Google Reader meski tampilannya berbeda. Dan asyiknya, kalau dulu WordPress Reader hanya bisa memantau postingan blog gratisan berbasis WordPress saja, sekarang semua blog dari segala platform sudah bisa kita masukkan ke daftar favorit kita. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

1. Memiliki Akun WordPress.com

Kita bisa memiliki akun gratisan di WordPress.com tanpa harus membuat blog di sana (meski saya sarankan punya blog di sana karena lebih asyik, haha). Cukup ke halaman utama WordPress.com dan ‘Sign Up’ untuk membuat akun baru.

2. Menambahkan Bahan Bacaan

Ada beberapa cara. Setelah halaman depan WordPress terbuka, Anda bisa melihat daftar ‘Recommended Blogs‘ yang dapat dipilih berdasarkan topik. Atau ada pula daftar ‘Freshly Pressed‘ yang isinya kumpulan tulisan menarik yang dipilih oleh tim Automattic dan dipublikasikan setiap minggu. Link ke kedua halaman ini tersedia di bar paling atas di halaman WordPress.com Anda.

Setelah menambahkan beberapa blog ke Reader, halaman ini akan menjadi halaman depan tiap kali Anda mengakses WordPress.com:

3. Menambah Daftar Blog Non-WordPress.com

Teman Anda ngeblognya di Blogspot? Gampang. Lihat gambar di atas; di sebelah kanan terdapat tulisan ‘Blogs I Follow’ dan ‘Edit’. Klik ‘Edit’. Pada halaman selanjutnya Anda tinggal mengetikkan URL blog favorit tersebut dan klik ‘Follow’:

Dalam sekejap blog favorit Anda langsung muncul di WordPress Reader:

Sekarang Anda dapat memantau blog-blog favorit lagi. Sejauh ini saya nyaman banget menggunakan WordPress Reader karena semua postingan kawan blogger dapat terbaca secara cepat.

Sekian dulu #BlogClass kali ini. Di kelas berikutnya kita akan mulai memikirkan langkah konkret dalam membangun blog berbahasa Inggris. Sampai jumpa lagi. πŸ˜€

Advertisements

13 thoughts on “#BlogClass 102: Mengelola Daftar Bacaan Blog

  1. kalo aku pribadi fitur ini agak ga kepake. karna blog I follow muncul dan kemudian kalo byk banget yg difollow jadi bingung bacain semuanya… jadi personally aja dan ke blog orang kalo lagi luang aja… πŸ˜€

    Like

  2. waduh… platform wordpress udah serba serbi yaa, setau arie blogspot belum ada deh 😐
    eniwey, di tunggu #Blogclass berikutnya, tentunya tips-trick cara membuat postingan B.Inggris. πŸ˜€

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s