#BlogClass 101: Before You Write in English

Luar biasa sekali sambutan teman-teman atas tulisan blog saya sebelumnya tentang ‘Menulis Blog dalam Bahasa Inggris‘. Saya ingin sajikan beberapa komentarnya:

Jadi pengen buat juga yg bahasa inggris gini. Thx ya for inspiring me – Agus Lahinta, Gorontalo

Tapi, kendala kefasihan dalam berbahasa inggris yang jadi masalah πŸ˜€
Nulis pake bahasa Indonesia aja udah belepotan karena sebenernya nggk ada bakat dalam β€œmenulis” ^o^ – Arie Haryana, Jakarta

Pengen sih nulis pake bahasa linggis, tapi bahasa linggis saya masih sangat teramat hancur om – Zippy, Jayapura

Pada sebuah acara blogger, seorang pembicara menekankan pentingnya menulis blog dalam Bahasa Inggris jika kita ingin memperkenalkan Indonesia ke dunia luar. Sangat masuk akal! Buat apa kita menulis lagi tentang Indonesia kepada yang sudah paham?

Namun yang tersirat kemudian dari komentar para netizen,Β termasuk para komentator di atas, adalah bahwa mereka sesungguhnya ingin mencoba namun terkendala kemampuan berbahasa Inggris dan juga tidak tahu harus mulai dari mana. Wah, belum pandai berenang namun sudah ingin melompat ke Samudera Pasifik untuk menyelam di reruntuhan kapal? Emang bisa?

Sebuah blog berbahasa Inggris yang rajin diperbarui dengan tulisan-tulisan berkualitas serta ide-ide segar tidak mungkin jadi dalam semalam. Oleh karena itu sebelum kita menulis, apa langkah pertama yang sebaiknya kita lakukan?

‘Mengumpulkan bekal untuk musim dingin’

Dewi Lestari, penulis novel berseri Supernova, pernah bercerita bahwa inspirasi utama seorang penulis adalah dari membaca. Bagi saya, itu bagaikan bekerja keras mengumpulkan makanan di musim gugur untuk bekal di musim dingin saat ladang pertanian tidak menghasilkan. Jadi lupakan dulu trik menulis blog. Kalau ingin mendapatkan ide, ya kita harus membaca!

Bahan bacaan apa saja yang baik?

Kalau ini sangat tergantung pada selera pribadi teman-teman. Namun karena kita blogger, maka sudah sewajarnya kita menyimak tulisan para blogger juga yang bisa menyeimbangkan antara penulisan fakta dan perumusan opini pribadi dengan bebas. Saya sendiri suka dengan tulisan 2 blogger Indonesia yang menulis dalam Bahasa Inggris. Gambar blog mereka saya tampilkan di bawah ini:

harindabama.com
betigaklaten.wordpress.com

Bama adalah seorang travel blogger yang berbasis di Jakarta yang bercita-cita berkunjung ke 30 negara dengan target pencapaian di tahun 2020. Sedangkan Triwoko adalah seorang pengusaha sekaligus ayah 4 anak yang tinggal di Yogyakarta.

Kedua blogger ini memiliki gaya tulisan yang sangat berbeda: Bama mengajak kita ‘tenggelam’ di lautan kata-kata yang sangat mengalir penuturan Inggrisnya, sedangkan Triwoko memilih hemat kata namun menampilkan gambar yang ‘berbicara’.

Atau kita cari bacaan yang lebih bervariasi lagi:

thejakartaglobe.com
techinasia.com

The Jakarta Globe adalah portal berita lokal yang berbahasa Inggris dan tulisan-tulisannya tajam disertai beberapa kolom menarik. Sedangkan Techinasia adalah blog tentang TI dan startup berbasis di Singapura yang tulisannya berasal dari kontributor di beberapa negara Asia.

***

Jadi kalau sekarang Anda berkata ingin menulis blog dalam Bahasa Inggris namun tidak tahu mesti mulai dari mana atau malah memilih ‘nanti saja’, maka selamanya Anda akan tidak bergerak. Maka dari itu mari kita ambil langkah pertama, yakni bukan dengan menulis, melainkan MEMBACA.

Blog/situs berbahasa Inggris apa yang Anda ingin simak? Ditunggu ceritanya di kolom komentar, ya. πŸ˜€

===

Ini adalah tulisan pertama (101) dari seri #BlogClass yang akan saya sajikan untuk mengajak teman-teman mulai menulis dalam Bahasa Inggris. Doakan supaya lancar dan kita bisa belajar sama-sama ya. Terima kasih!

Advertisements

20 thoughts on “#BlogClass 101: Before You Write in English

    1. that’s the spirit πŸ™‚

      template yg ini nemunya gak sengaja pas lagi desperate cari2 yg lain. ah ntar lagi juga bosen, cari yg lain lagi. haha

      Like

  1. Huaaa! Akhirnya di bikinin jugak.. Yay!! *guling-guling*
    oke kita serius.
    Mungkin point yang saya dapat pada tulisan ini adalah “Harus di biasakan membaca content berbahasa inggris. sehingga, minimal nya kita akan dapat dan mengerti satu susunan kalimat menarik yang mungkin bisa kita pakai nantinya”. Thank you πŸ™‚

    Kalo saya pribadi, berhubung sangat kecanduan dengan yang namanya pinhole, saya suka mengikuti perkembangan teman-teman pinholer di seluruh dunia pada web forum http://www.f295.org/. Kenapa forum? Bahasa yang di gunakan cenderung tidak baku dan terkadang banyak juga yang tidak perduli dengan grammar. Jadi, saya nggk minder kalo nanti nya salah-salah posting atau bertanya. hehe

    Like

    1. iya betul. dengan membaca banyak tulisan nantinya kita bisa mengembangkan gaya menulis sendiri.

      saya malah belum tau forum itu. tapi emang setuju sih, ikutin bahasa santai aja. soal grammar, tunggu tulisan2 berikutnya ya. memang dari awal rencananya saya mau bikin berseri sih. πŸ˜€

      Like

  2. Thanks for inspiring me, om.
    Maybe someday i’ll post in english.
    Yeah, someday… Hahah…

    Btw, thanks for publish my comment on this post, om πŸ˜€
    *errrg, mudah2an nggak salah ya bahasa linggisnya πŸ˜†

    Like

  3. wah iya om saya juga pengen, soalnya kalo cuma beajar nggak dipraktekin cepet lupa…. bisa karena biasa… jadi pengen bikin yang inggris juga πŸ™‚

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s