Menulis Blog dalam Bahasa Inggris

Beb, kemana aja kok gak pernah keliatan lagi?

Kalimat sayang ini terbaca di pesan WhatsApp yang dikirimkan oleh Eka Situmorang-Sir, sahabat blogger teman ngobrol baik online maupun offline. Membaca kalimat tersebut hati saya sebenarnya menggelegak untuk membantah. Namun bukan Eka namanya kalau tidak mengungkapkan pendapat tanpa sesuatu yang valid untuk dilontarkan. Dia ada benarnya; saya memang menghilang sebulan terakhir. Ke mana saja sih?

Jawabannya: tidak kemana-mana. Diakui memang aktivitas saya di dunia online menurun dan kebanyakan menjadi pembaca pasif di Twitter tanpa ada ide untuk berkontribusi. Namun selayaknya pria, hal-hal fisik yang terbaca oleh orang lain sebenarnya bersumber dari satu masalah yang paling mendasar. Dalam kasus saya: hal itu adalah asyik di tempat lain.

Menulis dalam Bahasa Inggris

Inilah alasan utamanya. Saya ingin serius menulis dalam Bahasa Inggris namun tidak ingin mencampurkannya di blog utama yang berbahasa Indonesia sehingga diputuskan membuat blog gratisan baru untuk menampung semua curhatan ‘enggres’ tersebut.

Bukan perkara mudah karena praktis saya harus membangun citra baru di mata kelompok pembaca baru. Alasannya realistis saja: saya tidak bisa mengharapkan teman-teman blogger Indonesia berkunjung ke tulisan berbahasa Inggris karena sepanjang pengalaman: tulisan berbahasa Inggris sangat sepi pengunjung. Jadi lebih baik membangun blog baru secara terpisah.

Perkenalkan: mobibrad.wordpress.com yang telah berjalan sebulan lebih. Perhatian saya lebih banyak tersedot ke mari sehingga blog berbahasa Indonesia sedikit terbengkalai. Namun yang tadinya saya mengira blog itu akan sepi pengunjung ternyata pelan-pelan menarik kelompok pembaca yang sama sekali berbeda, dan yang serunya: semua berasal dari luar negeri. Bagaimana caranya?

WordPress Reader

Sejak penutupan Google Reader saya lalu beralih ke WordPress Reader; sebuah layanan yang kurang lebih sama yakni untuk membaca blog-blog favorit yang telah kita daftarkan sebelumnya. Layanan yang tersedia secara gratis di WordPress.com ini bahkan bisa mempermudah kita mengikuti blog-blog yang bukan berbasis WordPress. Untuk informasi selengkapnya berikut langkah-langkah mengimpor langganan serta menambahkan blog yang bukan berbasis WordPress, sila klik di sini.

Menarik pengunjung

Jangan kira komunitas blogger hanya eksis di Indonesia lo, ya! Di luar negeri juga ada meski masih sebatas saling berkunjung dan meninggalkan komentar. Mirip seperti dunia pergaulan blogger di Indonesia zaman dahulu, deh. ๐Ÿ˜€ Saya selalu memantau portal Daily Post yang setiap harinya memberikan tema tertentu sebagai inspirasi menulis. Ada juga tema foto mingguan dan tips-tips menulis blog menarik lainnya. Dari backlink yang ditinggalkan setiap selesai menulis di blog kita, pengunjung akan datang, meninggalkan tanda ‘Like’, berkomentar, bahkan dapat ‘Follow’ serta ‘Reblog’ tulisan kita juga.

Dari sekadar berinteraksi di dunia maya dengan cara ‘kuno’ seperti ini, terbukti saya mulai bisa menarik pembaca sekaligus teman-teman baru yang bolehlah saya sebut dari ‘Komunitas Daily Post’. ๐Ÿ˜€

WordPress for Android

Berhubung saya ingin bebas menulis dari mana saja, terutama di blog berbahasa Inggris yang lebih banyak berupa tulisan bertema acak dan pendek serta berbagi foto sehari-hari, saya memerlukan aplikasi WP yang nyaman dijalankan dari ponsel. Untuk itu, WordPress for Android adalah yang paling tepat karena pengoperasiannya sangat mudah dan sudah berkali-kali saya buktikan bahwa menulis blog dan memasang foto dapat 100% dijalankan dari ponsel. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur terbaru yakni Notifikasi, di mana kita dapat memantau setiap komentar yang masuk dan bisa langsung membalasnya.

Jadi itulah sebabnya kenapa saya terlihat ‘bersembunyi’ akhir-akhir ini. Memang sih, mengelola dua blog membutuhkan dedikasi dua kali lipat juga dan saya juga masih belajar multi-tasking sehingga banyak kekurangan.

Namun paling tidak pengalaman saya sejauh ini cukup membuktikan bahwa menulis dalam Bahasa Inggris tidak berarti bahwa tulisan kita akan dimakan debu begitu saja tanpa dibaca. Asal kita bisa menuliskan topik/cerita yang orisinal dalam gaya bahasa yang baik (tanpa harus rumit) serta tahu ke mana tulisan kita dapat dipromosikan, pembaca lambat-laun akan datang.

Sudah banyak blogger Indonesia yang selama ini tidak terdeteksi ‘radar’ komunitas blogger, namun sangat bergairah memperkenalkan Indonesia dan keragaman budayanya melalui tulisan-tulisan sederhana berbahasa Inggris dan diterima baik oleh pembacanya. Jadi kalau mereka bisa, saya bisa, maka Anda juga pasti bisa. ๐Ÿ˜€

Sampai jumpa di tips menulis berbahasa Inggris berikutnya. ๐Ÿ˜€

50 thoughts on “Menulis Blog dalam Bahasa Inggris

  1. Pasti seru juga yaa punya blog berbahasa inggris dan dikunjungi oleh orang-orang dari luar Indonesia.. ๐Ÿ˜€

    Tapi sayangnya saya belum bisa bahasa inggris mas… ๐Ÿ˜ฆ

    Like

    1. Thank you.

      Daily Post is open for all bloggers using various platforms and you can still link up to the prompts (i.e. put backlinks). But the commenting /liking system of course is intended for WordPress users.

      Ever thought of switching to WordPress? I did in 2010 and never looked back to Blogspot ever since ๐Ÿ˜€

      Like

        1. Culture shock? Haha maybe not that bad. But doing things slowly is recommended so the transition will be smooth. But not too slow yeah ๐Ÿ™‚

          Like

  2. hmm.. artikel yang bisa saya tulis dalam bahasa inggris di blog sejauh ini cuma mindahin tugas essay (kepaksa juga ini, dan malu kalau baca grammarnya hehe) ke dalam blog ๐Ÿ˜ฆ

    moga kedepannya berani juga nulis blog dlm bahasa inggris.. amin..

    Like

  3. Saya jadi ter-inspirasi untuk bikin blog versi bahasa inggris, om. Karena, pengennya blog saya itu bersifat universal, yang dapat di baca setiap orang di belahan dunia manapun. Tapi, kendala kefasihan dalam berbahasa inggris yang jadi masalah ๐Ÿ˜€ Nulis pake bahasa Indonesia aja udah belepotan karena sebenernya nggk ada bakat dalam “menulis” ^o^

    Like

  4. Baru mau mikir kesana, mempromosikan indonesia dengan segala keindahan nya dengan bahasa inggris. biar makin terkenal dan banyak kunjungan dari luar negeri. Tapi kerja keras menulis nya, maklum inggris pas2an tp kayak nya mesti semanggat nich ๐Ÿ™‚ GANBATE

    Like

  5. Wah, pantesan di blog satunya yang kopimana itu lama banget gak ada postingan terbaru ๐Ÿ˜€
    Btw, berarti totalnya ada 3 blog dong ya bukan 2? ๐Ÿ˜›
    Pengen sih nulis pake bahasa linggis, tapi bahasa linggis saya masih sangat teramat hancur om ๐Ÿ˜†

    Like

    1. cuma ada 2, yg ini sama yg inggris.
      bahasa inggris teramat hancur berarti masih ada ruang utk perbaikan dong. mesti gitu cara mikirnya ๐Ÿ™‚

      Like

  6. Aku pun baru mulai ngeblog dalam bahasa Inggris setengah tahun terakhir ini.
    Setuju, harus terpisah dengan yg berbahasa Indonesia.
    Baru tahu ada semacam dailypost
    Untuk mengetik di ponsel android. Terutama, layar sentuh, kok aku belum merasa nyaman yah, payah.

    Like

  7. Aku ya sempat kepikiran mau buat blog bahasa inggris untuk menduniakan Indonesia, tapi ya aku takut karena bahasa inggris ku alakadarnya ๐Ÿ˜ฆ
    Niat baik gak didukung kemampuan.

    Like

  8. hi mas salam kenal..saya juga sekarang lebih fokus nulis artikel pake bahasa inggris. tapi, bahasa indonesia tetep saya manually translated didalam 1 artikel itu (cuman saya hide pake spoiler macam di kask*s). jadi tetep di awal artikel bhs inggris, lalu saya kasih spoliler untuk versi indo nya.

    link contoh: http://dinitalk.blogspot.com/2013/12/how-to-make-2-language-in-blogger.html

    nah pertanyaan nya, ngaruh gak yah buat si google ngecrawled blog saya? atau tidak masalah? makasih ya

    Like

  9. saya sebenernya kepengen ngeblog pake baasa indonesia, tp kalo masuk G+ community kan boong banget kalo pake b indo mereka mau nengok IMO sih hehehe.. menurut indobrad gimana? google gak akan crawled dengan baik ya kalo ada bahasa inggris dan bahasa indo di satu blog?

    Like

  10. Saya akhir-akhir ini juga sedang semangat menulis post dalam bahasa Inggris dan iya.. memang merasakan sendiri ‘sepi’nya pengunjung. atau malah ada yang terang-terangan tidak membaca post yang saya tuliskan hehehe. Sepertinya harus mencari komunitas blogger yang rutin menulis dengan bahasa Inggris.
    Salam kenal ya ๐Ÿ™‚

    Like

  11. Iya nih, saya juga mengelola lebih dari satu blog. Kadang pusing membagi mana dulu yang harus update.
    Itu komunitas daily post bagaimana cara masuknya, ya? ๐Ÿ˜€

    Like

  12. padahal saya ingin sekali memperkenalkan keindahan tempat wisata yang ada di bali, kebetulan saya tinggal di bali jadi sangat mudah bagi saya mendapat informasi tempat wisata di bali. tapi untuk membuat blog bhsa ingris saya kesusahan dan memerluka bantuan orang lain, jadinya udatenya sangat lama sekali.. dan itupun masih sepi -_- susah sekali cari pengunjung bule…

    Like

Leave a Reply

