Kota Tua Singapura – Dulu & Kini

Jika kita menyusuri kawasan Sungai Singapura, kita akan menemukan sederetan gedung tua yang masih terawat rapi meski dikelilingi oleh gedung-gedung tinggi. Namun apakah dengan demikian Singapura bisa dianggap telah memelihara warisan masa lalunya dengan baik?

Kita lihat beberapa contoh berikut ya:

Jembatan Cavenagh yang tertua di Singapura

Rambu lalu lintas warisan zaman kolonial
Marka kontraktor jembatan Cavenagh

Pada jembatan ini terlihat Singapura memelihara warisan budayanya dengan baik. Jembatan yang membelah Sungai Singapura ini terletak persis di depan Asian Civilisations Museum dan jajaran gedung pemerintah lainnya seperti City Hall. Di sisi sungai terletak Fullerton Hotel yang megah dan merupakan hotel mewah pertama di negara pulau tersebut.

Namun bagaimana dengan pemandangan lain? Berikut gambar-gambar dari Raffles Place Park yang terletak tidak jauh dari jembatan ini:

Bandingkan foto ini dengan pemandangan di belakangnya. Sudah berubah semua kecuali sudut gedung Standard Chartered Bank sebelah kanan yang masih mirip karena terletak di persimpangan jalan
Wilayah yang dulunya ramai oleh ruko-ruko kini menjadi taman asri dan sepi dikelilingi gedung-gedung tinggi

Ternyata pembangunan kota yang berderap cepat pun banyak menggusur bangunan-bangunan tua bernilai sejarah dan budaya tinggi; dan Singapura juga melakukan hal yang sama. Namun paling tidak Singapura masih memelihara sudut-sudut kotanya dengan baik dan bersih.

Ah, saya jadi ingin bertandang ke kota tua di Jakarta deh. Meski tidak bisa berharap banyak, namun pasti banyak yang menarik untuk dilihat. 🙂

Advertisements

8 thoughts on “Kota Tua Singapura – Dulu & Kini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s