Firefox OS: Bukan Lagi Cuma Browser

Kabar terbaru datang dari Amerika 2 hari lalu tepatnya tanggal 1 Juli 2013. Mozilla, sebuah organisasi yang memiliki misi menjaga akses dan penguasaan Web di tangan para pengguna internet telah meluncurkan sebuah sistem operasi pada ponsel pintar terbaru yang diberi nama Firefox OS. Peluncurannya dilaksanakan secara bertahap di beberapa wilayah di dunia dan telah dimulai di Eropa dengan menggandeng Deutsche Telekom dan Telefonica.

sumber: geeksugar.com

Jika kita sebelumnya mengenal Mozilla melalui produk paling populernya yakni peramban Firefox, kini Firefox telah jauh berevolusi dari dulunya sekadar layanan peramban menjadi salah satu sistem operasi perangkat keras berbasis HTML5 yang sifat pengembangannya tidak dikunci di lingkungan satu perusahaan secara kaku dan tertutup namun terbuka dan dapat dikembangkan oleh siapa saja.

Keseluruhan aplikasi yang dikembangkan berbasis HTML5 dan sejauh ini aplikasi-aplikasi yang populer telah dapat ditemukan, seperti misalnya Facebook, Twitter, HERE Maps, dan masih banyak lainnya yang merupakan hasil pengembangan berbagai desainer aplikasi yang tersebar di seluruh dunia. Daftar selengkapnya aplikasi yang tersedia dapat Anda lihat dan unduh secara gratis melalui Firefox Market Place.

Selain aplikasi, layanan utama yang tersedia tentunya telepon dan pengiriman teks serta perangkat peramban yang sangat kuat, yakni Firefox. OS terbaru ini mengunggulkan fasilitas pencariannya yang sangat adaptif sehingga para pengguna dapat menemukan hasil pencariannya secara cepat tanpa harus mengunduh lagi informasinya.

Dalam peluncurannya yang pertama di Eropa, Deutsche Telekom mendapat kehormatan untuk memasarkan smartphone berbasis Firefox OS ini di Polandia dan Telefonica akan memasarkannya di Spanyol. Sementara itu wilayah-wilayah lain akan menyusul dengan jadwal yang bervariasi tergantung kebijakan masing-masing operator yang akan terlibat. Sedangkan perangkat keras berupa ponsel yang menggunakan Firefox OS sejauh ini sudah ada 2 jenis, yakni ALCATEL ONE TOUCH Fire dan ZTE Open.

Penampakan ponsel berbasis Firefox OS: Alcatel & ZTE (sumber: engadget.com)

Lalu dengan kondisi pasar sekarang yang dikuasai oleh sistem operasi Android dan iOS dengan pemain-pemain besar seperti Samsung, akankah Firefox OS mampu mencuri pasar atau bahkan menjadi trendsetter ponsel pintar di masa depan?

Pada langkah pertama ini Mozilla nampaknya bersikap realistis dan rendah hati seraya berkata bahwa kemungkinan besar ponsel pintar seri pertama ini tidak akan mendapat sambutan dan ulasan yang baik oleh para pengembang di Silicon Valley meski sebenarnya mereka bukanlah sasaran pasar Mozilla yang sebenarnya. Ponsel yang ditawarkan pun masih termasuk tahap awal yang belum mampu bersaing dengan produk-produk kelas menengah-atas dan Mozilla masih akan berkutat dengan perbaikan teknis untuk beberapa waktu ke depan.

Sedangkan harga ponsel Firefox OS sendiri masih belum diketahui karena jadwal peluncurannya di Indonesia pun belum diumumkan. Namun Mozilla sedikit memberi bocoran bahwa harga ponsel ini akan sangat kompetitif dibandingkan ponsel-ponsel sekelasnya.

Jadi mari kita tunggu berita lebih lanjut terutama jadwal peluncuran ponsel Firefox OS di Indonesia. Bagi yang penasaran dengan penampakan dan performa Firefox OS, video di bawah ini mungkin bisa memberi sedikit gambaran:

Advertisements

24 thoughts on “Firefox OS: Bukan Lagi Cuma Browser

  1. sumfe bikin fenasaran aja ini OS, bisa gak ya dimasukin ke device android… *trus OS androidnya dibuang gitu aja* πŸ˜€
    eh atau beliin aye aja donk bung Brad… πŸ˜€

    Like

  2. Buset, tambah sesak aja persaingan smartphone nih. Dan betul, Firefox sepertinya harus merunduk-runduk dulu, soalnya Samsung dan iPhone lagi gila2an. Belum brand2 keluaran cina dan taiwan jg lokal.

    Like

    1. eh lawan Firefox bukan Samsung atau iPhone atau hape cina lo. pesaingnya justru Android, iOS, Windows Phone, atau BlackBerry πŸ™‚

      Like

    1. Liat di Rara ya. Gw juga pernah liat waktu datang ke acara firefox. Prototypenya agak lambat, moga2 yg akan launching ini mendingan performanya. Hehe

      Like

    1. Firefox OS itu murni keluaran Mozilla, tapi gadgetnya memang konsorsium gitu deh. gak ngerti juga deal bisnisnya kayak gimana πŸ™‚

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s