Belajar dari Tahun Lalu: 2012

Selamat Tahun Baru 2013.

Banyak yang memulai tahun ini dengan menyusun rencana dan resolusi untuk setahun; saya pun tidak ketinggalan. Namun pada tulisan kali ini saya justru ingin menyoroti masa lalu, khususnya tentang aktivitas dan pencapaian dalam bidang blog di tahun 2012. Untuk memberi gambaran yang lebih jelas, saya dibantu oleh tim WordPress yang telah berbaik hati mengirimkan rangkumannya via email. Berikut gambarannya:

rpt1

rpt2

Dari rangkuman di atas terlihat bahwa postingan yang paling banyak menarik perhatian di tahun 2012 adalah ketika terjadi pembahasan cukup panas di ranah Twitter tentang blogger dan buzzer berbayar. Kesimpulannya: menulis topik hangat masih menjadi trik jitu menaikkan angka pengunjung.

rpt3

Namun, ketika topik hangat sudah basi, yang masih mungkin menarik pengunjung pada dasarnya adalah tulisan yang kaya informasi, bersifat how-to atau panduan dan yang memberi solusi; syukur-syukur kita menjadi ‘ahli’ yang menjadi referensi orang ketika mencari keyword tertentu. Untuk ini, bolehlah saya berbangga pada kedua tulisan tentang listrik prabayar yang bahkan tulisan pertamanya ditulis pada tahun 2011 dan masih bertengger di puncak yang paling dicari di tahun berikutnya.

rpt4

Kesimpulan saya dari rangkuman di atas adalah media sosial tetap berperan sangat kuat dalam menyebarkan informasi dan menarik pengunjung ke blog. Memang secara konsisten saya menyebarkan URL tulisan ke FB dan Twitter; strategi ini untuk sementara belum berubah. Sisanya mungkin lebih banyak meninggalkan jejak di blog dan situs yang sudah terkenal agar kemungkinan backlink yang kita dapat juga lebih besar.

Lalu bagaimana dengan tahun 2013?

Oh saya tentu sudah menyusun rencana yang baik dan realistis. Namun tidak akan saya ungkap di sini karena segala aktivitas blog yang profesional dan semi-profesional akan saya pindahkan ke blog baru: KoPiMana.com. Blog yang ini tetap masih ada namun ke depannya akan bersifat personal saja.

Tulisan mengenai rencana blogging di tahun 2013 selengkapnya dapat dibaca di sini.

10 thoughts on “Belajar dari Tahun Lalu: 2012

Leave a comment