Pikir-pikir Notebook Baru

Notebook sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup dan pekerjaan saya sehari-hari. Dalam sehari saya berkutat di depan notebook selama 12 jam untuk mengerjakan tugas atau hal-hal lain. Ibarat pacar, notebook saya lengket dibawa ke mana-mana meski saya harus memanggul tas pundak yang berat demi notebook kesayangan. Namun jangan salah, meski si notebook beratnya minta ampun, ia sudah mendatangkan penghasilan utama dan sampingan yang sangat bermanfaat.

Oleh karena itu alangkah sedihnya ketika notebook kesayangan yang sudah menemani keseharian saya selama 2 tahun terakhir ini mulai sering bermasalah, terutama saat booting yang kadang bisa ditinggal membuat teh dulu, lalu kapasitas penyimpanan data yang semakin terbatas, dan, ini yang paling menyiksa, browser yang sering melambat dan ngadat, bahkan crash, ketika sedang berselancar di internet. Saya tidak bisa leluasa lagi berinternet karena harus menjalankan tab satu demi satu agar tidak macet; dengan demikian hal ini akan memperlambat kecepatan kerja saya pula. Hal yang sangat mengganggu lainnya adalah ketika saya hendak membuka folder data pribadi, notebook tersebut juga tiba-tiba melambat merespon sehingga saya tidak bisa mengakses file-file penting dalam waktu cepat. Meski masih cinta, mau tak mau saya harus melepaskan Axel, julukan sayang yang saya berikan baginya. 😦

Lalu notebook apa yang cocok menggantikan Axel?

(sumber gambar: laptopget.com)

Love at First Sight

Secara kebetulan saya menghadiri acara spesial ulang tahun pertama Blibli.com, layanan toko online terkemuka di Indonesia. Nah, di sini mata saya tiba-tiba tertumbuk pada satu produk yang sedang dipajang dan terbuka untuk dicoba yang sekilas dilihat penampilan luarnya sangat keren. Produk tersebut adalah Samsung Series 5 ULTRA yang hadir dalam 3 warna menarik: Mocca Brown, Pop Pink, dan Titan Silver. Mari kita tengok:

Ini dia yang pop-pink. Warnanya adem banget kan?!
Bagian dalam berbahan aluminium sehingga tampak eksklusif ditambah dengan aksen pink di seputar keypad

Penampilan luar sudah keren. Namun terus terang saya bukanlah calon konsumen yang gampang tergiur dengan penampilan luar. Yang mesti saya cermati adalah spesifikasi produk dan fungsi-fungsinya dong. Calon pengganti Axel harus yang lebih keren, bukan? Secara kebetulan pula produk Samsung Series 5 ULTRA ini baru tersedia bulan Juli 2012 ini dan launching-nya diadakan bersamaan dengan ulang tahun pertama Blibli.com, yang perayaannya diadakan pada tanggal 1 Agustus 2012 pukul 10.30 – 14.00 bertempat di restoran Oyster, Plaza Senayan, Jakarta, dan saya diperbolehkan mencoba notebook tersebut. Mau tidak mau sebelum meneliti sebuah produk baru, saya akan membandingkannya dengan Axel, terutama apakah si produk baru tersebut dapat menjawab masalah-masalah klasik si Axel, yakni kecepatan berselancar di internet lambat, waktu booting yang lama, dan kapasitas penyimpanan data yang tidak maksimal. Ternyata saya menemukan 3 kelebihan utama pada produk teranyar Samsung ini:

Ultra Performance

Roh utama produk ini terletak pada prosesor AMD Dual Core A6 4455M (2.1 GHz). Saya terdiam sejenak lalu berbisik ke seorang kawan di sebelah, “AMD ini bukannya katanya cepat panas ya?” Teman saya tersenyum sembari menjawab, “Itu sih stigma lama, sudah gak berlaku lagi. Sekarang performa AMD keren kok.” Oh OK, kalau begitu tidak masalah. Namun yang membuat saya girang adalah memorinya, sangat besar dengan 4GB DDR3 dan kapasitas HDD sampai 500GB. Wah ini sih cukup banget untuk pekerjaan saya yang lebih banyak menyimpan data dan tidak terlalu banyak bermain grafis. Solusi ‘lemot’ si Axel juga terpecahkan dengan Samsung Fast Solutions, yakni kecepatan booting selama 20 detik sejak notebook mati sampai siap difungsikan, dan kecepatan fast start 2 detik saja dari moda sleep. Belum lagi kecepatan browsing yang bisa sampai 2 kali lipat sehingga saya tidak perlu lagi meninggalkan komputer ketika sedang loading.  Kecepatan browsing ini sempat saya coba sendiri ketika membuka halaman depan Google yang langsung terbuka dalam sekejap mata. Sungguh suatu lompatan besar bagi saya *lebay sedikit tak apa*. Keunggulan lainnya adalah baterai notebook yang memungkinkan kita bekerja tanpa kehabisan baterai sampai 6,5 jam dan siklusnya yang mencapai 1500 kali pengisian baterai (3 tahun). Satu lagi yang penting: notebook ini sudah dilengkapi dengan Genuine Windows 7 Home Premium (64bit) sehingga masalah keaslian perangkat lunak Microsoft tidak perlu diragukan lagi.

Pada peluncuran produk Samsung tersebut saya sempat mengetes performanya melalui Windows Experience Index yang menilai performa komponen sistem-sistem kunci berdasarkan skala 1.0 – 7.9. Hasilnya: Samsung Series 5 ULTRA memperoleh skala di atas rata-rata, yakni 4.6. Angka tertinggi diperoleh dari performa gaming graphics sebesar 6.2. Menurut saya hasil ini sangat memuaskan, apalagi kalau dibandingkan dengan kebutuhan kerja saya yang terbatas pada Office dan internet. Berikut hasil selengkapnya:

Indeks performa Samsung Series 5 ULTRA (sumber: Irayani Queencyputri)

Ultra Portability

Saya sering sakit punggung gara-gara Axel beratnya minta ampun. Namun Samsung Series 5 ULTRA menjawab keluhan ini dengan lebar layar 13.3 inci, desain tipis (17.6mm), dan sangat ringan (1.52 kg). Memang ketika saya mencoba mengangkatnya, terasa ringan sekali dan bayangan saya produk ini tidak akan meremukkan punggung *lagi-lagi lebay sedikit tak apa*. Material luarnya terbuat dari aluminium dan fiber glass sehingga tahan lama meski kita kerap menggunakannya di luar ruangan. Jangan lupakan baterainya yang mesti diisi setiap 6,5 jam membuatnya nyaman sekali dibawa beraktivitas outdoor tanpa harus sering-sering fakir colokan.

Ultra Display

Inilah keunggulan Samsung lainnya yang sudah saya rasakan melalui produk lain, ponsel Android Samsung, yakni layarnya yang super cerah. Samsung Series 5 ULTRA memiliki layar yang lebih terang sampai 40% dan menyajikan 16 juta warna dengan sangat natural. Ketajaman gambar seperti ini akan membuat pengalaman melihat gambar dan video tampak lebih berani dan cerah di mata kita. Ketajaman layar tersebut dapat kita saksikan di mana saja tanpa takut refleksi cahaya di luar mengganggu pemandangan ke arah notebook dengan Anti-Reflective Display.

That’s It! I’m hooked and I’m getting this one. Belinya di mana? Wohoooo, ternyata produk ciamik ini tersedia secara eksklusif di Blibli.com. Klik di sini untuk membeli.

Anytime, Anywhere Shopping

Kenapa kita lebih suka pergi ke mall daripada ke pasar? Salah satu alasannya adalah karena barang-barang yang dipajang di mall lebih menarik daripada yang sekadar ‘dijembreng’ di pasar tradisional, bukan? Demikian pula dengan yang kita temukan di situs belanja online Blibli.com. Alih-alih menemukan situs yang penuh barang dagangan di halaman depan dengan tata letak seadanya yang terkadang membuat kita bingung toko ini menjual apa, Blibli.com mengemas dan menampilkan produk-produknya dengan cara apik layaknya mall terkemuka; mereka menyebutnya review & curate. Inovasi utama lainnya, seperti dijelaskan oleh Head of Marketing Bpk Ivan Hudayana, adalah pemangkasan prosedur pembelian yang dulunya mengharuskan pembeli menempuh 5 langkah hingga sekarang transaksi dapat selesai dalam 3 langkah mudah saja. Inovasi selanjutnya adalah menambah koleksi produk untuk tiap kategori (ada 7-8 kategori produk) dan merambah penjualan online lain seperti tiket pertunjukan musik.

Head of Marketing Blibli.com, Bpk Ivan Hudayana, sedang memberi penjelasan

Namun inovasi yang menurut saya paling menarik adalah unboxing videos alias video konsumen membuka kemasan produk dan melihat satu-per-satu produk, aksesoris, dan kelengkapan pendukung lainnya dalam kotak/dus produk tersebut. Blibli.com secara terbuka menunjukkan isi kotak produk benda demi benda untuk meyakinkan pembeli akan apa yang akan ia dapatkan di dalam kotak tersebut. Nah, ini dia unboxing video notebook calon pengganti si Axel:

Unboxing video inilah yang menjadi salah satu penentu keputusan saya untuk memilih Samsung Series 5 ULTRA, yang setelah saya beli nanti akan segera saya beri nickname baru sesuai karakternya yang perkasa: SAMSON. 😀

Advertisements

35 thoughts on “Pikir-pikir Notebook Baru

    1. heheh terima kasih, semangat banget sampe komentar 2x. maaf semalam sempat ditahan Akismet 😀

      laptopnya belum ada mas bro, masih nabung nih *elus2 celengan ayam*

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s