Apa yang Menarik di Kotamu?

*merangkak keluar dari gua semedi*

Halo, sudah lama blog ini dibiarkan berdebu, mungkin sekitar 2 minggu. Alasannya? Ah sudahlah. 😀

Tapi yang jelas proyek menulis #SEATrip masih akan berlanjut dengan target 3 postingan lagi sebelum kita move on *halah*. Sekarang ini sementara saya merenggangkan jari sebelum lancar menulis lagi, saya ingin membagikan aktivitas menarik di kelas semalam. Para siswa mempelajari sebuah brosur pendek tentang Copenhagen, ibukota Denmark yang menawan dengan gedung-gedung tua terawat dan tempat-tempat wisata indah. Salah satu atraksi yang menarik perhatian adalah kunjungan ke pabrik bir Carlsberg! Don’t get me wrong, daftar tempat tujuan wisata di brosur itu tidak banyak dan cenderung biasa saja, namun yang menarik adalah cara brosur itu merepresentasikan Copenhagen dan Denmark disertai beberapa foto menarik yang membuat saya pun ingin berkunjung ke sana. Kuncinya terletak pada gaya penulisan deskriptif disertai persuasi yang halus namun menggiring ke arah pandangan positif tentang tempat itu. Trik ini tentu sering kita temui pada artikel-artikel wisata termasuk yang mendeskripsikan Indonesia. Tidak terkesan hard-selling namun tujuan promosinya tetap sampai.

Nah sebagai follow up, saya meminta mereka menuliskan sesuatu yang menarik tentang daerah yang mereka kenal dengan tujuan agar orang-orang tertarik mengunjungi tempat itu. Kelas dibagi menjadi 4 tim yang masing-masing menulis tentang daerah yang mereka kenal yaitu Jakarta, Jogja, Surabaya, dan Bekasi. Berhubung waktu terbatas, saya membatasi panjang penulisan maksimal 2 paragraf dan selanjutnya mereka harus membaca artikel kelompok lain dan memberi bintang pada artikel mana yang dianggap paling menarik sehingga membangkitkan minat mereka berkunjung ke wilayah yang direpresentasikan tersebut.

Saya akan berbagi 2 artikel kepada Anda. Mind you, karena ini kelas Bahasa Inggris jadi ya artikelnya tentu dalam Bahasa Inggris. Kesalahan tata bahasa tidak akan dihiraukan alias dibiarkan apa adanya; saya hanya memperbaiki ejaan. Catatan tambahan: kedua artikel ini membahas tentang Bekasi dan Surabaya; dua daerah yang biasanya tidak masuk dalam kategori tujuan wisata. Mari kita simak apa yang hendak mereka katakan tentang kota mereka.

Bekasi – by Sharon (16) & Debra (14)

Bekasi is one of the metropolitan city. The city is pretty crowded. So many traffic everywhere. There are various of malls for you to go to. It is better for you to hire a car rather than walking. Bekasi is so hot.

For teenagers there are many places for them to hang out such as Kemang, Galaxy, etc. In Bekasi they will build “Summarecon”. They will houses, malls, and their own hospitals.

Bekasi (sumber: skyscrapercity.com)

 Surabaya – Bernard (19) & Terrence (15)

Capital province of East Java which well-known as a harbour city, the city of National Independence Heroes. If you are interested in culinary you can enjoy the traditional food at the side walks. And for those who are interested historical tour, Surabaya has a lot museum, such as Submarine Monument, Sampoerna Museum, Heroes Monument, etc.

Enjoy it!

Surabaya (sumber Handys Photograph - link tidak diketahui)

Bagaimana? Anda tertarik berkunjung ke Bekasi dan Surabaya setelah membaca artikel itu gak?! 😀

40 thoughts on “Apa yang Menarik di Kotamu?

  1. Bekasi emang crowded, dan ditambah lagi status dari meneg klh : kota paling kotor. Kebetulan pernah tinggal di Cibitung, jadi belum mau berkunjung deh. Kalo jembatan Suramadu udah masuk yang diincar nih buat dikunjungi, semoga kesampaian.

    eh, pertamax…

    Like

  2. saya membayangkan dalam sehari tiap siswa sma di seluruh indonesia menulis ttg promo daerah asalnya, betapa banyaknya referensi wisata yg terkumpul 🙂

    Like

    1. yah mau gimana lagi, yg bikin tulisan ttg surabaya para cowok yg ribut ngobrol, pas dideketin baru mulai nulis. hehe

      Like

  3. depok mana depokk??? #disambitbelimbing

    jujur aja orang2 indonesia kayanya ga peduli soal wisata di daerahnya masing2, malah bangga kalau keluar negeri, yang mana ga seindah indonesia.. coba setiap anak diwajibkan membuat tulisan ini pasti makin rame wisata kita

    Like

  4. Sejauh ini, saya ke Bekasi cuma untuk berkunjung ke bioskop yang ada di Mega Bekasi, Mall Metropolitan dan Bekasi Cyber Park. Pernah juga makan di Galaxy. Tapi blum pernah menjelajah lebih jauh. Hehe.

    Like

  5. Pangkalpinang is the capital of the Bangka Belitung Archipelago Province. Besides being known as a producer of tin, Pangkalpinang also famous for its marine tourism. We will find many beaches with sparkling white sand and rocks typical of the gently sloping beach.

    We need only one hour away from Jakarta to get Pangkalpinang. Besides enjoying the beauty of the beach, there are a lot of very indulgent culinary tour of the tongue.

    *heheh promosi
    *dikeplak lagi

    Like

  6. tak lebih menarik dari kota yang terdapat wadah penyimpanan padi kuno/lumbung padi
    dengan seikat padi yang menggantung di samping pintu bukti corak animisme yang mengendap menjadi budaya yang tk ternilai harga seperti yang ada di kotaku…
    di sertai suara beras yang saling bergesekan ketika di bersihkan dalam ayak an tampah..

    Like

      1. Hmm kyanya yg di.bekasi cuma tertuju di sekitar wisata hiburan berupa digital aj sperti bioskop atau mall pdhal di bekasi ad tempat wisata lain..sperti hutan mangrove di muge kingpin estuary,panturanya bekasi…ad juga wisata penangkaran buaya di cikarang ,tugu perjuangan karawang bekasi juga ada.malah TPS bantargebang juga bsa dijadikan referensi buat wisata…

        Like

Leave a comment