Pentingkah Load Time Sebuah Blog?

Tulisan ini terinspirasi dari tulisan yang baru dipublikasikan di blog Adit, salah seorang anggota deBlogger yang membahas pentingnya waktu sebuah blog/web untuk tampil sempurna. Logikanya, semakin lama waktu yang diperlukan untuk sebuah website membuka maka website/blog tersebut semakin berat. Adit sempat menyebutkan angka toleransi 8.5 detik untuk loading tersebut. Lebih lama dari 8.5 detik berarti blog termasuk berat; jika lebih cepat dari itu maka blog termasuk ringan. Adit menampilkan hasil pengetesan terhadap blognya sendiri dan keluarlah angka 8.32 detik; sedikit di bawah batas normal namun bisa jadi termasuk berat. Nah sekarang saya penasaran mencobanya sendiri terhadap kedua blog saya. Alat yang saya gunakan juga sama, yakni Pingdom Tools. Berikut hasilnya:

1. indobrad

Hasil dari blog pertama ini cukup memuaskan. Waktu loading blog saya hanya 3.74 detik; jauh lebih cepat dari batas 8.5 detik. Performance grade 89/100 – hampir mendekati angka 90. Sedangkan berat halaman sebesar 748.6 kb; lumayan ringanlah.

2. Bookmark Asia

Sedangkan untuk blog yang ini saya lebih senang lagi karena secara keseluruhan waktu loadingnya cuma 2.66 detik; bahkan lebih cepat daripada blog Bahasa Indonesia saya. Performance grade-nya sedikit di bawah indobrad, namun berat halamannya ternyata lebih ringan daripada indobrad, yakni 680.4 kb saja.

Bagaimana dampaknya terhadap kenaikan/penurunan trafik pengunjung? Meski saya belum pernah membaca datanya, namun saya berpandangan bahwa blog yang lebih cepat dibuka akan membuat pembacanya nyaman berlama-lama di sana. Selain itu berat halaman yang tidak terlalu parah akan membantu menghemat jatah bandwith yang diberikan oleh hosting company.

Overall saya cukup puas dengan hasil pengetesan kali ini. Bagaimana apakah blog Anda sudah dites? Kalau boleh, ditunggu pengetesan dan publikasi hasilnya di blog masing-masing. πŸ˜€

Advertisements

48 thoughts on “Pentingkah Load Time Sebuah Blog?

  1. Saya masih berat parah, di atas 9 detik huhuhu

    Hasil cek menunjukkan kalau banner-banner link itu ternyata bikin berat juga ya, apa perlu dihapus2in #galau

    Like

  2. Wah hasilnya indbrad 11 12 lah sama hasilnya blog Rusa. Etapi BTW keknya postingan ini motivasinya beda, yaitu hanya ingin kembali mengulas blog baru itu, iya si bookmarkasia.com πŸ˜€

    Like

  3. wah, aku udah tes Om, katanya begini…
    “Your website is slower than 73% of all tested websites”
    terus, Perf. grade 76/100, request 40, load time 5.64s, page size 207.6 kb.

    apakah ini termasuk berat ya?, perlu ganti theme?, yg mana ya?,

    Like

  4. Bookmarkasia punya om juga ya? Keren tuh πŸ˜€
    Barusan saya coba, ternyata hasilnya:
    Perf. grade: 92/100, Requests: 49, Load time: 2.15s dan Page size: 244.6kB. Lumayan ya πŸ˜€

    Like

  5. saya sudah coba website saya http://paidjo.web.id

    Perf. grade
    87/100

    Requests
    24

    Load time
    3.82s

    Page size
    471.2kB

    Your website is faster than 42% of all tested websites

    awalnya slower 90% setelah saya periksa request yang paling lama load ternyata iklan kumpulblogger, sehingga iklan tersebut coba saya off kan.. dan hasilnya seperti diatas..
    thanks infonya boss

    Like

  6. Wah..thanks atas infonya! Sangat bermanfaat. Saya baru test, ternyata blog saya berat sekali dibuka (semontok orangnya..hehehe), bisa mencapai 60 detik. Harus segera review ulang nih themes dan banner2-nya

    Like

  7. Kecepatan blog? Penting banget, Opa. Belakangan ini kabarnya perubahan algoritma Google, perangkingan lebih ditekankan pada kecepatan blog.

    Blog saya yang jalan-jalan 4,9s, padahal besarnya 2,3MB. Yang isnuansa malah diatas 11 detik, padahal cuma 300an KB.

    Like

  8. He he…, saya cuma menggunakan Pingdom Alert untuk mengecek server blog apakah down atau tidak.

    Waktu loading blog sendiri bagi saya tidak penting. Yang penting adalah kekuatan server. Waktu loading blog bisa dipangkas sesuai keinginan pengunjung, kalau pengunjung ndak bisa, ya jangan salahkan yang punya blog dong :lol:.

    Meski blognya dibuat ramping, kalau server-nya memang jelek, ya sudah lama juga jatuhnya. Meski blognya dibebani banyak script, jika server-nya bagus, pengunjung bisa masuk dengan cepat jika memangkas script tersebut.

    Zaman sekarang sudah ada banyak fitur seperti ghostery dan noscript. Kalau masih bilang mengakses blog tetangga berat, itu namanya ndak paham fitur web, rugi pakai Internet. #kompor, he he.. :D.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s