Jual: Alat Spionase

Gambar di bawah ini diambil di Fakfak, Papua Barat, ketika saya berkunjung ke sana November 2011 lalu. Saat itu hampir tengah malam dan kami masih menghabiskan waktu berjalan-jalan di seputar pelabuhan. Suasana cukup lengang meski masih ada beberapa tempat usaha yang buka, utamanya warnet dan restoran.

Ketika sedang melewati sebuah toko yang sudah tutup, mata saya tertumbuk pada banner yang terpasang di atas pintu toko tersebut. Perhatikan deretan produk yang mereka jual:

Yup, salah satu produk yang mereka jual adalah ‘Alat Spionase’. Apa gerangan sebenarnya yang mereka dagangkan selain PABX dan kamera CCTV? Pikiran saya jadi mengembara: jangan-jangan di balik pintu kayu yang tampak ringkih itu terdapat sebuah tangga ke bawah tanah di mana terhampar ruangan luas berisi aneka peralatan spionase canggih yang akan membuat James Bond terpukau.

Ada yang punya imajinasi lain? Ditunggu sharingnya. πŸ˜€

26 thoughts on “Jual: Alat Spionase

  1. Imajinasinya ketinggian nih …. πŸ˜€
    Alat spionase di Indonesia paling cuma spy cam, pen cam, sunglass cam, fake phonecell cam dan semacam itu. Kalo ada mobil BMW seperti punya 007, saya mau beli deh….hehehe…

    Like

  2. Hebat juga sipemilik usaha bisa menjualkan alat spionase. Apakah teroris yang kemaren-kemaren sudah diberangus sempat pesan disini? hehehe…
    Saya punya foto imajinasi saya tampang di fesbuk: Alris WangPanai

    Like

  3. saya beberapa tahun yang lalu ketika sedang seneng senengnya punya lensa tele yang panjang suka sekali merekam video di suatu sungai. saya pikir saya dan teman-teman sudah berada di tempat yang aman.

    pada saat sedang asyik merekam, tiba-tiba berdiri di dekat kami seorang ibu-ibu. “Mas-mas, kalau mau memotret mendekat saja. tidak usah malu-malu”

    eh, ngga nyambung, hihi

    Like

  4. Mungkin dibalik pintu kayu yan sudah usang itu kalau kita salah mencet, kita akan masuk lubang jbakan yang ada persis didepan pintunya. Ya semacam film scopydoo, anjing beserta teman nya πŸ˜€

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Like

  5. Bedanya spionase dan spion apa ya? Hhahaha… #abaikan πŸ˜†
    Kalaupun ada alat yang seperti itu, harganya berapaan ya? πŸ˜€
    Tapi pikir saya sih paling alat yang dimaksud itu ya pen cam dan teman2nya.
    Kalo lebih sih jangan harap :mrgreen:

    Like

Leave a Reply

