Catatan Pinggir 2011 – indobrad

Ini tulisan ketiga yang isinya mencatat pengalaman di tahun 2011; dua tulisan sebelumnya dipublikasikan di sini dan situ tentang deBlogger. Kali ini bolehlah saya menyoroti blog sendiri, mencatat kesuksesan dan kegagalannya, serta menyusun langkah ke depan.

1. Menghasilkan 218 tulisan

Sepanjang tahun 2011 saya menghasilkan 218 tulisan, terdiri atas 150 tulisan di blog gratisan indobrad.wordpress.com dan 68 tulisan di domain ini. Angka ini tentunya belum menunjukkan konsistensi oleh karena di awal tahun 2011 saya menulis hampir setiap hari sementara jumlah posting di bulan-bulan berikutnya naik-turun.

Target 2012: 10 tulisan setiap bulan; 120 tulisan sepanjang tahun. Sebuah angka yang di bawah tahun sebelumnya namun bagi saya ini adalah target yang wajar setelah memperhatikan konsistensi menulis selama 6 bulan terakhir. Dengan target ini, saya terpacu menyelesaikan minimal 2 tulisan setiap minggu.

2. Bronze Award ISBA 2011

Ini kebanggaan saya nomor satu: bukti bahwa tulisan saya diapresiasi dengan baik dan mendapatkan Bronze AwardΒ periode 16. Memang saya tidak lolos seleksi di tahap selanjutnya, namun paling tidak ini memacu saya untuk menulis lebih baik lagi.

Target 2012: Platinum Award? Bukan tidak mungkin. Kuncinya adalah pada kualitas tulisan.

3. Berganti hosting

Lagi-lagi saya mengalami masalah dengan hosting company di tahun ini dan akhirnya setelah beberapa kali down, saya menumpang di rumahnya Viking KARWUR dengan gratis berkat kebaikan beliau. Utak-atik akun hosting yang cukup merepotkan sangat terbantu oleh Arman Satari.

Target 2012: memelihara blog agar tetap up. Tentunya dengan catatan Bro Viking masih bersedia meminjamkan space-nya. Hehe.

4. Menang lomba

Tahun 2011 saya tidak banyak ikut lomba blog karena malas. Hanya sekitar 5 lomba yang saya ikuti, dan dua di antaranya memenangkan hadiah, yakni Lomba Blog HUT Anging Mammiri dan Lomba Blog Polantas Makassar.

Target 2012: ingin lebih serius berpartisipasi dalam lomba; namun tentunya selektif pula memilih lomba mana yang akan diikuti.

5. Monetizing

Memonetisasi blog adalah hal baru yang sampai sekarang masih gamang saya jalani. Namun sejauh ini pengalamannya cukup menarik. Sepanjang tahun ini hanya 2 kali saya mendapat kesempatan melakukan review produk. Selebihnya adalah reportase acara-acara sponsor.

Target 2012: melanjutkan monetisasi secara terbatas, yakni pemasangan maksimal 2 iklan di blog serta terus melakukan job review. Syukur-syukur kalau bisa jalan-jalan lagi. Hehe.

6. Personal Branding

Ini adalah ranah kedua yang masih kikuk saya jalani. Saya tidak punya strategi, namun selama ini ternyata konsistensi saya mendapat apresiasi baik di antara teman-teman blogger dan juga lingkungan keluarga. Pada ajang Blogger Nusantara di Sidoarjo Oktober lalu, untuk pertama kalinya saya menjadi moderator dan interpreter di acara blogger; sebuah pengalaman baru yang mengasyikkan. Satu kekurangan yang berkaitan dengan blog ini adalah: fokus blog yang belum mengarah pada satu spesialisasi. Atau mungkin saya masih nyaman bertahan dengan format blog gado-gado?!

Target 2012: tidak ada yang khusus.

7. Menulis dalam Bahasa Inggris

Sebenarnya ini sudah sering saya lakukan namun tidak konsisten. Kebetulan punya blog lain yang beralamat di brad.web.id, saya ingin mencoba konsisten di sana juga.

Target 2012: menulis secara serius dalam Bahasa Inggris, minimal sebulan sekali.

8. Menghargai hak intelektual orang lain

Bulan Desember kemarin saya mendapat kejutan: tulisan saya disadur oleh orang lain dan dipublikasikan di sebuah koran daerah. Pengalaman berharga tersebut menjadi cambuk bagi saya untuk lebih berhati-hati ketika mengutip atau memakai karya orang lain.

Target 2012: memastikan bahwa setiap sumber tulisan terkutip dan teratribusi dengan baik.

***

Tulisan ini adalah tulisan terakhir di tahun 2011. Sampai jumpa di tulisan berikutnya di tahun depan. Selamat Tahun Baru!

===

Sumber gambar: dreamstime.com

Advertisements

43 thoughts on “Catatan Pinggir 2011 – indobrad

  1. waw… mantep pokoknya… 3 hari satu posting…
    blog satunya lebih keren namanya loh mas… eman-eman kalo gak di pake tuh.. kan malah mirip namanya grup band.. eh brad pit πŸ™‚

    Like

  2. Bang, udah tahun 2012 nih. πŸ˜€

    Mari terus berdoa, semoga di tahun masehi yang baru ini kita semua tetap diberi kesehatan, tetap bisa berkumpul bersama keluarga, semoga segala urusan pekerjaan maupun akademis kita dilancarkan, dan kita berharap semoga di tahun 2012 ini umur kita selalu terberkahi. Aamiin! ^^

    Like

  3. 218 tulisan, produktif banget mas brad, padahal tulisannya bagus bagus ditulis mendalam.

    sekaligus saya ngikik karena salah satu poin dalam posting ini adalah selektif dalam memilih lomba blog yang akan diikuti πŸ˜€

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s