Pindah Hosting

Sejak seminggu terakhir blog saya bermasalah: sering down. Semua berawal dari email yang dikirimkan oleh hosting company tempat saya menitipkan blog yang mengabarkan bahwa akan ada perpindahan server yang (katanya) tidak akan mengganggu blog kecuali periode down selama beberapa jam. Saya diminta untuk tidak menambahkan apapun ke blog selama periode itu. Saya berterima kasih atas peringatannya dan menuruti jadwal yang ditentukan.

Setelah periode perpindahan server selesai, saya mencoba mengakses blog keesokan harinya dan terkejutlah saya mendapati blog yang down, tidak bisa diakses dan hal ini dikonfirmasi oleh beberapa orang. Sebenarnya hal ini masih dapat saya toleransi. Namun yang membuat saya kecewa adalah tindakan dan pelayanan dari si hosting company yang lamban dan menghindari menjawab pertanyaan saya. Respon yang diberikan hanyalah “Akan kami cek pak” atau “Sudah normal pak. Silakan cek kembali.” Setelah sekian hari tanpa hasil dan blog saya down secara “reguler”, akhirnya saya menyerah. Ditambah lagi jadwal bepergian ke Sidoarjo untuk acara Kopdar 1000 Blogger Nusantara membuat blog saya terbengkalai tak disentuh.

Tadinya saya mengira masalah sudah selesai sepulang dari Sidoarjo, namun ternyata belum; kondisi blog saya masih naik-turun. Kekesalan tersebut kemudian saya tumpahkan di twitter yang tak disangka mendapat respon cukup cepat. Seseorang menawarkan saya untuk pindah hosting dengan jasa seorang teman. Namun lebih dari itu, ada 2 orang yang bersedia memberikan akun hosting gratis untuk saya. Dengan pertimbangan tertentu maka akhirnya saya menerima pertolongan dari Viking Karwur yang langsung merespon dengan cepat, akun hosting baru saya jadi dalam kurang dari 1 jam sejak kita berkomunikasi di twitter.

Satu masalah selesai, sakit kepala lainnya menyusul. Cpanel yang ada di hosting baru ternyata tidak begitu user friendly sehingga menyulitkan saya untuk mengunggah file-file backup ke sana. Setelah menyerah mengutak-atik, saya meminta tolong lewat milis Anging Mammiri sekiranya ada yang dapat membantu. Permintaan tersebut direspon cukup cepat oleh Arman Satari dan setelah sekitar 4 jam berkomunikasi, blog saya siap diakses kembali.

Pelajaran dari kejadian 2-3 hari terakhir ini adalah saya mesti dengan seksama menilai kinerja sebuah hosting company sebelum membeli layanan mereka; opini rekan-rekan sesama pengguna sangatlah penting. Harga murah bukanlah segalanya melainkan kestabilan server yang menjadi penentu. Di sisi lain saya mendapat kejutan yang menyenangkan dari rekan-rekan sesama netter yang tanpa sungkan membantu bahkan memberi fasilitas terbaik bagi blog sederhana ini. Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatian rekan-rekan.

OK, sekarang masalah ‘rumah tangga’ bisa ditutup sementara dulu. Perkara berikutnya adalah: terus menulis. 😀

26 thoughts on “Pindah Hosting

  1. Emang yang lama hosting dimana mas? 😀
    Syukurnya hosting tempat saya aman2 aja, nyaman pula 😀
    Ayoo..mau ikutan pindah ke hostingan tempat saya nggak? wkwkwkw…. #ngiklanbanget 😆

    Like

Leave a Reply

