Tantangan Menulis Novel

Source: beijing-kids.com

Menulis Novel?

Apa kamu sudah gila?!

Ya ya ya saya memang gila sedikit. 😀 Ngeblog aja jarang-jarang, masih ingin menulis novel. Namun saya tidak sendirian yang berpikir gila. Mungkin ada yang belum tahu bahwa bulan November telah ditetapkan sebagai Bulan Menulis Novel Nasional atau National Novel Writing Month di Amerika yang populer disebut dengan NaNoWriMo. Penjelasannya sederhana: tantangan menulis novel dimulai tanggal 1 November dengan target 50,000 kata yang harus selesai pada tanggal 30 November. Ini berarti rata-rata tulisan yang harus dihasilkan per hari adalah 1,667 kata.

Realistis apa tidak? Sebagai gambaran, tulisan yang saya hasilkan di blog ini rata-rata 500-700 kata dengan frekuensi 1-2 kali per minggu. Ini berarti saya harus menghasilkan 2-3 tulisan per hari selama sebulan penuh guna memenuhi target. Lalu tulisan tersebut bukanlah blog yang berhenti pada 1 artikel saja melainkan harus sambung-menyambung temanya. Apakah saya sudah gila?!

Kalau melihat sekilas jawabannya sudah jelas: saya tidak siap. Namun ketika menyimak penjelasan tentang gerakan ini saya menyadari manfaatnya. NaNoWrimo tidak bermaksud memaksa kita menjadi penulis produktif dengan novel yang brilyan dalam waktu 30 hari. Jalan panjang mesti dilalui oleh seorang (calon) penulis untuk meraih kesuksesan tersebut melalui novel bermutu atau populer. Akan tetapi disiplin dalam menulis harus dimulai sejak sekarang. Itulah yang ingin dicapai oleh gerakan tersebut. Yang penting bukanlah kualitas, melainkan kuantitas. Dengan mematok target frekuensi menulis dan menurunkan standar kualitas maka kita akan mengembangkan disiplin. Memang tulisan yang dihasilkan sebagian besar akan masuk kategori sampah, namun melalui kesalahan akan tercipta ruang untuk memperbaiki diri dan mengembangkan kemampuan yang semakin luas cakupannya. Kalau dipikir-pikir, lebih baik kita belajar menulis novel picisan atau tidak menulis sama sekali,  bukan? Kalau tidak dicoba sekarang, kapan lagi! 😀

writer's block (amit-amit deh)

Bagaimana Persiapannya?

Pertama, mendaftar di situs NaNoWriMo.org. Lalu WordPress.com yang turut dalam kampanye gerakan ini menyarankan kita memulainya dengan cara berpartisipasi dalam #PostADay2011, sebuah gerakan menulis nonstop selama setahun penuh yang telah dimulai pada bulan Januari 2011 lalu. Melalui pembiasaan latihan menulis selama bulan Oktober ini, niscaya kita akan siap berpartisipasi dalam gerakan menulis novel yang dimulai 1 November mendatang. Namun kalau menurut saya, latihan menulis saja tidak cukup. Untuk menulis cerita bersambung sehingga menjadi sebuah novel, kita mesti mengembangkan konsep cerita dari awal, karakter, dan konflik-konfliknya. Ini yang saya masih buta.

Bagaimana teman-teman? Siap menantang diri sendiri untuk menulis novel? Atau Anda juga menganggap saya gila?! 😀

34 thoughts on “Tantangan Menulis Novel

  1. Saya dari dulu tertantang menulis novel. Tapi ngga ada yg jadi2.. Hehe. Ntah bagaimana menimbulkan passion yg kuat agar bisa menulis yang tak ada hentinya.. Hehh 😀

    Like

  2. Nulis novel mantap itu om Brad. Saya dukung pake doa, 🙂
    Saya nulis cerpen setahun belum jadi, stuck, belum tau kelanjutannya. Padahal awal menulis cerpen seperti mahasiswa yang sudah tahu jawaban soal soal ujian yang akan diberikan dosen, seolah semua sudah dalam kepala tinggal nulis. Sampai saat ini gak kelar.

    Like

  3. buat nulis di blog aja terkadang harus dioprak2 yah *liat diri sendiri*

    project novelnya aja msh tersimpan rapi di my document…my lanjutin kok udah beda ide lagi…gmn neh??
    hehehe

    Like

Leave a Reply

