Surat Untuk Indobrad

DISCLAIMER: Di bawah ini saya menulis sepucuk surat yang ditujukan kepada diri sendiri untuk dibaca kembali dan dibalas, 6 bulan lagi.

===

Dear indobrad,

Saya mau sedikit sharing tentang keadaan akhir-akhir ini ya. Sekarang tanggal 21 Juli 2011; bulan Ramadhan akan tiba dalam hitungan hari. Meski tidak menjalankan aktivitas Ramadhan, tak urung bulan tersebut berdampak pula pada saya, yakni jadwal pekerjaan yang otomatis menurun. Sudah beberapa tahun terakhir hal ini seperti menjadi kebiasaan: aktivitas menurun pada bulan puasa yang berarti berdampak pula pada penghasilan. Itulah resiko menjadi freelancer yang pemasukannya kadang besar namun tidak tetap. Sepertinya saya harus mencari lagi pekerjaan yang bersifat tetap atau membuka ladang usaha sendiri. Somehow saya tidak yakin mampu bersaing kembali sebagai karyawan dan saya pun merasa itu bukan jalannya. Lebih baik membuka usaha dan mengembangkannya. Bidang usahanya belum jelas juga nih, namun saya ngiler banget dengan bisnis online. Apapun bentuknya, usaha tersebut harus dapat diintegrasikan dengan internet. Jadi bisa browsing berjam-jam atas nama pekerjaan πŸ˜€

Dunia blogging juga menjadi fokus akhir-akhir ini terutama sejak sibuk dalam acara miladeBlogger2 kemarin. Saya membaca ‘peta politik blogger’ yang dinamis; diwarnai aliansi dan perang dingin yang pandai ditutupi dengan jargon ‘dari, oleh, dan untuk komunitas’ yang sebenarnya tak lebih dari memanfaatkan komunitas sebagai komoditas. Di sisi lain, peluang mendapatkan uang melalui blog ternyata lumayan terbuka. Sebenarnya saya tidak terlalu peduli dengan politik itu; saya cukup nyaman dengan tiga komunitas blogger tempat saya berinteraksi sehari-hari: Depok, Makassar, dan Ambon dan tak perlulah melibatkan diri ke tempat lain kecuali sebagai peserta dan penggembira. Namun saya sedikit penasaran dengan dinamika blog Indonesia selepas Lebaran sampai akhir tahun ini. Sepertinya akan ada banyak kejadian menarik.

Brad, surat ini saya kirimkan untukmu, tolong simpan dan dibuka pada hari Sabtu tanggal 21 Januari 2012. Setelah dibaca, tolong dibalas ya. Kabarkan bagaimana jadinya keadaan saya dan juga seru-seruan komunitas blogger itu nanti. Thanks πŸ™‚

Jabat erat,

indobrad

Sumber gambar: life123.com
32 thoughts on “Surat Untuk Indobrad

  1. Wow seperti biasa, penuh inspirasi ni opa brad!

    Saya juga nyaman di 4 komunitas : Bogor, Depok, Makassar dan keempat : Palembang hehe..

    Saya mau dilibatkan dalam berbagai aktivitas tentunya selain fun, bisa dapet duit hihi.. mana nih sponsor2 wahahaha…

    Like

  2. Jika nanti surat itu mau dibalas, jangan lupa selipkan sebuah mantra ya, ini dia mantranya, SADAMDA BASEMEN, salam damai dan bahagia selalu menyertai, amin. :)). .o ya, ada yg ngomong kubu, ini kubu barat, timur, atau kubus?, memang dunia ini kadang kejam tapi tetap saja damai begitu indah,

    Like

  3. Wah Om, santai tapi serius nih topiknya. Surat pribadi adalah hal yang serius.
    Beberapa waktu lalu media asing sempat membuka “rahasia” bahwa blog akan jadi salah satu sumber informasi intelijen (politik luar negeri), nah kalo blog akan dijadikan komoditas oleh aktor-aktor intelektual lokal (berbasis ekonomis) maka itu sepertinya hal yang lebih seirus lagi. Bila sebagian menyatakan sah-sah saja menjadikan komunitas blogger untuk jadi pasar produk atau medianya maka sebagian yang menjunjung tinggi asas ketidakterikatan (freelancer #eaaa) akan merasa keberatan bila di”manfaatkan” untuk kepentingan pihak tertentu.
    Semua dikembalikan pada niatnya saja, Om. Bila sudah melenceng mending kembali ke titik awal (titik balik) supaya tidak terjerumus terlalu dalam.

    Like

Leave a Reply

