Memori Pertama

Sebuah pertanyaan menarik muncul di Daily Post yang mengajak pembaca blog tersebut untuk menuliskan ingatan pertama atau yang terkuat semasa kecil. Membaca pertanyaan itu saya jadi berpikir-pikir: ingatan apa yang pertama kali terekam ya? Masa kecil saya, seperti layaknya masa kecil Anda, mungkin hanya tinggal beberapa fragmen saja dan tidak mungkin lagi kita mengingat hari demi hari perjalanan hidup; bahkan semua event kemarin pun belum tentu kita ingat semua hari ini, bukan?

Nah, ingatan pertama yang saya ingat juga sudah samar-samar, namun sepertinya yang terekam pertama kali adalah gambaran pohon pisang dan tanah kosong di depan rumah di Cimanggis, Bogor (sekarang bagian dari Depok) yang belakangan berubah menjadi kompleks perumahan. Kalau pengalaman tinggal di rumah Cimanggis tentunya masih jelas di ingatan karena saya tinggal di situ sampai lulus SD. Gambaran yang diingat sangat lazim bagi anak kecil pada umumnya: bermain. Waktu itu samar-samar saya mendengar percakapan bahwa ada TK yang sedang dibangun di dekat rumah. Lalu saya juga pernah mendengar sewaktu kecil tentang pengalaman orang tua tinggal di Cikampek dan bahwa saya pernah tinggal di sana, mungkin sewaktu berusia 1-2 tahun namun tidak pernah saya ingat. Mungkin Mama saya (yang juga pembaca blog ini) bisa membantu mengingatkan?! 😀

Sejauh itulah ingatan saya. Tulisan ini pendek karena memang tidak banyak yang bisa disharingkan. Anda sendiri, ingatan apa dari masa kecil yang terekam sampai sekarang? Ditunggu sharingnya. 😀

===

Sumber gambar: thehealthage.com

Advertisements

41 thoughts on “Memori Pertama

  1. Kecil…, tapi sekecil apa, kalau masa-masa pra taman kanak-kanak saya masih memilikinya. Tapi kalau masa sebelum bisa berdiri dan berjalan, entahlah, apakah itu ingatan ataukah de’ javu.

    Like

  2. Ingatan waktu kecil yang masih saya inget itu waktu jalan-jalan pagi sama kakek.. waktu itu kakiku gak sengaja ke iket tali di dekat rel kereta dan kebetulan keretanya mau melintas.. tiba2 kakek lari terus ngelepasin ikatan itu, gak jadi ketabrak deh 😀

    Like

  3. saya terlepas dari genggaman ibu, dan hilang di satu pasar raya. kemudian saya menangis dalam crowded. Datang satu pakcik pimpin saya dan cari dimana ibu saya.

    —–
    KETIKA saya sudah 18 tahun, ibu menceritakan yang saya sangat nakal tika kecil dan pernah hilang di pasar raya. Saya ketawa, then saya realize yang saya ada memori tu. Saya tanya ibu, berapa umur saya masa tu? saya ingati peristiwa itu.

    Ibu terkejut, dan dia bilang mustahil kamu ingat.. Itu ketika kamu masih 2 tahun (?).

    Like

  4. ingatan dari masa kecil?
    lupa tuh *abis m inum obat (korban iklan)*

    hehehe

    ingatan dari masa kecil?
    kayaknya engga ada, wong langsung gede
    hahahaha

    *terbirit2 melarikan diri hahaha*

    Like

  5. Ingatan semasa kecil memang susah nak ingat tapi kalau kisah memalukan ada masa sekolah rendah…
    muntah dlm kelas.
    terlepas dlm kelas…
    ada ular kat bawah meja..
    ada lagi.. t
    adakah itu dikira memori masa kecil ye?

    Like

    1. tak apa. menarik sekali cerita masa kecilnya. saya juga ada cerita memalukan semasa sekolah dulu…. tapi lain kalilah baru cerita ya 😀

      Like

  6. em.. dulu dijagain sama adik2 ibu secara bergiliran ketika ibu kerja.
    ingetannya yg jelek2 hehehe.. mungkin trauma kali ya..
    keselek biji buah jeruk karena masih 1.5th dikasih makan jeruk utuh sama adiknya ibu.
    alhasil sampe sekarang ga terlalu suka jeruk dan ga bisa makan jeruk kec dikupas sampai bulir2 jeruknya aja yg bisa dimakan hehehe.. 😀

    Like

  7. masa kecil ya ?
    masa sebelum TK masih lumayan banyak yg saya ingat. waktu itu saya cucu kesayangan dari kedua belah pihak, walhasil selalu dapat kenyamanan klo ke rumah nenek

    jaman TK masih gendut dan putih, sampe2 saya ingat betul teman-teman TK tuh manggil saya dengan panggilan “Jepang”
    percaya nggak sih..? pasti nggak kan..? tapi percayalah kalau itu beneran..

    ntah kenapa sekarang saya jadi kurus dan item..hehehe

    Like

  8. Permainan masa kecil bersama teman-teman kecil Oom? Petak Umpet, Tak Jongkok, Tepok Nyamuk, Tak Benteng, Galasin, dan Ular Naga Panjangnya serta Taplak? Jajanan masa itu sangat murah, permen karet cuma Rp. 25 sahaja. Uang jajan waktu itu lumayan juga, Rp. 300 hihihihi

    senangnya jaman serba murah kala itu 😀

    Like

  9. ingat yg teringat sih tentang rumah saya, yg masih seperti biasa, kayaknya sebelum saya TK dan herannya waktu itu koq tiba2 berubah bentuk, entah kapan direnovasi, kayaknya saya kehilangan ingat dijangka waktu itu 😀 hehe

    Like

    1. memang ada gap ingatan ya Rul. Saya juga bingung kenapa kebun di depan rumah tiba2 berubah jadi kompleks perumahan. hehehe

      Like

  10. pertama kali masuk TK, duduk di dalam kelas. semua anak nangis. aku enggak. tapi aku ngeliat ada nenek berdiri di jendela, bawain aku dot buat minum susu.
    itu yang paling aku inget dari kecil.
    dan yup bener oom.. kebanyakan yang aku inget dari masa kecilku adalah bermain. bermain waktu banjir, rebutan ayunan waktu TK, sampe main di empang di rumah temennya mamah…

    Like

  11. Ingatan saya dimulai sejak suatu pagi.

    Pagi itu saya terbangun seperti di hari pertama hidup saya. Saya lihat sosok perempuan yang anehnya saya merasa sudah mengenalnya dan dengan fasih memanggilnya ibu. Perempuan itu melihat saya bangun dan bilang, “Ayo mandi! Jadi kan kita lihat-lihat sekolah”
    Waktu itu saya berumur 3 tahun. Sejam kemudian saya diantar ibu menuju TK di dekat rumah untuk sekedar dititipkan di sana dan belajar bersama anak-anak berumur 5 tahun, karena di rumah ndak ada orang dewasa yang menjaga saya. Bapak dan Ibu saya bekerja sampai sore.
    Di hari itulah sepertinya ingatan saya mulai bekerja. Hehe

    Like

  12. ingatan masa kecil?
    wah kalo dijabarkan disini bakalan panjang banget bang
    dan saya juga sering tuh nulis mas masa lalu saya di blog
    termasuk masa kecil saya dulu
    hehehehe

    Like

  13. Wah menarik!

    Sebelum TK .. ingetnya apa ya.. makan pempek belah (nah baru tau kan ada jenis pempek ini?) di TK.. ngeliatin (yap cuma ngeliatin karena saya pemalu) anak2 laen maen perosotan.. naik becak langganan pulang pergi ke TK..

    trus melihat ruang-ruang berisi berbagai mainan tradisional di TK.. ada berbagai patung2, lukisan2, tanah-tanah liat warna warni (mungkin utk dibentuk2) dan hula-hoop. Semuanya.. lagi2 saya liatin doang.. cuma makan pempek itu yang berkesan. hahaha..

    Waktu SD.. ingat pipis dicelana (ada tuh di milis angingmammiri saya tulis di tritnya Ipul)

    Juga selama SD saya inget memandang sepatu yang tak punya TALI sebab saya tak bisa mengikat tali sepatu!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s