Belanja Online di Rakuten Indonesia

Anda pernah berbelanja online? Saya pernah, dulu sekali sewaktu heboh-hebohnya penerbitan sebuah buku karya seorang pengarang inspiratif asal Bandung yang memasarkan bukunya secara online di website sendiri. Mungkin sudah 7-8 tahun lalu. Namun setelah itu seingat saya tidak pernah lagi saya berbelanja barang-barang online. Entah mengapa ada suatu pandangan umum yang menghantui konsumen Indonesia jika berbicara tentang konsep belanja online, yakni soal kepercayaan dan keamanan. Sebagai orang yang pernah iseng-iseng berdagang online selama beberapa bulan, saya sering mendapat pertanyaan sebagai berikut:

“Ini beneran toko?”

“Kalau saya sudah transfer, ada jaminan gak saya dikirimin barangnya?”

“Saya ragu-ragu ah, boleh liat dulu ke tokonya gak?”

Masih ada sederet pertanyaan lain yang, ironisnya, akan saya keluarkan juga apabila hendak berbelanja online. Perilaku konsumen Indonesia memang unik, setidaknya menurut Yasmina Haryono dalam sebuah presentasi tentang online lifestyle tahun lalu. Kita gemar berburu barang apa saja melalui internet namun ketika tiba waktunya membeli, kita mulai cerewet dalam melakukan pembayaran dan ujung-ujungnya harus ke ATM juga untuk transfer. πŸ˜› Soal budaya dan opini publik memang tidak mudah digoyang dalam semalam dan butuh waktu untuk mencerahkannya. Namun setidaknya perilaku kita mulai berubah. At least saya sendiri, berubah. Salah satu katalisnya adalah Rakuten Indonesia.

Pertama kali saya mendengar nama Rakuten Indonesia adalah ketika percakapan tentangnya riuh di Twitter belum lama ini dan beberapa teman menuliskan ceritanya dalam berbelanja di Rakuten. Saya tertarik dengan namanya yang berasal dari Jepang. ‘Raku’ berarti ‘convenient / nyaman’, sedangkan ‘Ten’ berarti ‘toko’. Jadi jika diterjemahkan dengan sederhana, Rakuten berarti ‘convenience store’. Namun berbeda dengan convenience store pada umumnya (di Jepang lazim disebut ‘combini’), Rakuten Ichiba adalah online shopping mall terbesar dan nomor 1 di Jepang. Setelah sukses di Jepang, toko online tersebut hadir di dekat kita sejak 1 Juni 2011 dengan nama Rakuten Indonesia dan mengusung tagline: “Serba Ada, Serba Seru!” Yuk, intip halaman depannya.

Halaman Depan Rakuten Indonesia

Selidik punya selidik, Rakuten Indonesia adalah perusahaan kemitraan antara Rakuten Ichiba Inc dengan PT. Global Mediacom Tbk (MNC Group) sehingga kepercayaan pelanggan terjaga oleh dua nama besar tersebut. Setelah saya melihat-lihat beberapa barang dan membandingkannya dengan tempat lain di mall, saya cukup puas dengan harga-harga yang sangat kompetitif dibandingkan dengan online shop lain atau bahkan di toko-toko di mall. Beberapa item bahkan dapat dibeli dengan harga lebih murah. Apalagi dengan adanya promo-promo tematik yang menarik pelanggan seperti misalnya Promo Fun Holiday. Keamanan pembayaran juga terjamin oleh karena Rakuten menggunakan sistem escrow payment atau semacam akun bersama yang akan menyimpan pembayaran pembeli sampai nanti barangnya sampai dan kita mengkonfirmasikan penerimaan barang tersebut di website Rakuten Indonesia, untuk selanjutnya pembayaran tersebut ditransfer oleh Rakuten ke penjual. Jadi gak ada cerita barang tidak dikirim sementara uang sudah terlanjur ditransfer. πŸ˜€

Beli Apa?

Good question. Saya bingung menjawabnya! πŸ˜€ Rakuten Indonesia memiliki 8 kategori utama produk dan dari situ percabangannya lebih banyak lagi. Barang-barang elektronik, gadget, fashion, keperluan hobi, aksesoris kendaraan bermotor, produk kecantikan dan kesehatan, desain interior, sampai buku-buku dan ATK, semua ada. Deretan merchant yang bermitra dengan Rakuten juga sangat banyak dan masing-masing terpercaya di bidangnya. Ada Erafone, Electronic Solution, Maspion, Kinokuniya, dsb. Lalu Anda bisa tebak kan, kategori mana yang paling disukai pria macam saya? Yeah, gadget. :P It’s like a candy store for men! You name it,Β  they’ve got it. iPhone, Blackberry, iPad, deretan HP Nokia, dsb. semuanya bertengger dengan manisnya di katalog produk. Urutan pencarian per sub-kategori juga sangat mudah, bisa dari yang terbaru, termurah, dan termahal. Mau tahu produk apa yang saya beli sekaligus untuk menjajal keampuhan belanja online di Rakuten?

Samsung E1390 Grey via Rakuten Indonesia

Bagaimana prosedur berbelanjanya?

Sangat mudah. Rakuten Indonesia menyediakan panduan belanja yang mudah dipahami, namun kalau mau langsung berbelanja juga bisa karena langkah-langkahnya sederhana. Setelah kita menentukan barang yang ingin dibeli, prosedurnya adalah Masukkan ke Keranjang Belanja > Periksa Kuantitas > Login/Daftar > Periksa Metode Pembayaran > Periksa Metode Pengiriman > Cek Alamat Pengiriman > tekan tombol ‘Pesan’; sudah selesai. Selanjutnya tinggal melakukan pembayaran terpisah melalui internet banking, kartu kredit atau transfer via ATM. Enaknya lagi, ongkos kirim ke alamat kita sudah langsung tertera pada saat pemesanan sehingga kita langsung tahu nominal yang harus ditransfer.

Untuk membeli barang di atas saya membayarnya dengan Internet Banking BCA. Setelah login saya masuk ke menu Pembayaran E-Commerce > Pilih Market Place > Pilih Rakuten Belanja Online. Di situ sudah langsung tertera tagihan belanja kita tanpa repot-repot mengisikannya kembali. Kita tinggal memroses pembayaran menggunakan Key BCA.

Total saya menghabiskan waktu 1 jam untuk berbelanja di Rakuten Indonesia. Loh kok lama bener?! Iya lah, kurang dari 3 menit untuk memesan, 2 menit melakukan pembayaran di BCA, dan sisa 55 menit digunakan untuk browsing produk satu demi satu dan pusing menimbang-nimbang mana yang mau dibeli. πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

Lau bagaimana pengirimannya?

Pengiriman ditangani langsung oleh merchant. Setelah melakukan pemesanan pada Jumat (1/Juli) lalu, akhirnya barang tiba dengan selamat siang ini (Kamis 7/Juli). Jika dihitung dari waktu pembelian pada Jumat malam dan dipotong oleh akhir pekan, praktis proses order sampai barang di tangan memakan waktu 4 hari saja dengan kurir terpercaya. Keren banget kan?! Berikut gambar barang sesaat setelah tiba:

Jadi bagaimana? Masih ragu dengan belanja online? Saya sih tidak. Belanja online di Rakuten Indonesia sudah terbukti nyaman dengan banyak pilihan barang, aman prosesnya, dan cepat pengirimannya. Asyik bener lo, belanja sambil leyeh-leyeh di rumah dan gak perlu keluar ongkos untuk ke mall. Oh yeah, memang ada ongkos kirim tapi sangat murah dibandingkan langsung ke mall dan tergoda oleh berbagai produk dan makanan di sana.Pengalaman mengasyikkan dalam berbelanja ini sangat sesuai dengan brand proposition Rakuten di seluruh dunia: Shopping is Entertainment!

Hmm, berikutnya saya mau beli apa lagi ya?! *termangu-mangu di Rakuten, kategori iPhone*

31 thoughts on “Belanja Online di Rakuten Indonesia

  1. Ada sesetengah orang takut untuk berbelanja secara online.. Maklumlah sebab takut kena tipu… Tapi tak semuanya tipu.. Kita kena bijak.. Cari dulu maklumat awal2 dan selidik..

    Yang ni international atau indonesia sahaja?

    Like

  2. kalo harga gimana opa? kalo harga + ongkos kirim lebih mahal dibanding dg harga yg didapat di pasaran biasa sih, yah mikir2 jg, apalagi yg lokasinya jauh πŸ˜€

    Like

    1. harga sudah pasti sama dengan pasar. sedangkan ongkos kirim barang saya cuma 7ribu rupiah. Murah banget dong dibandingkan pergi beli sendiri?! πŸ˜‰

      Like

  3. Wahh…dirimu nggak sekedar mau mencoba belanja online sampai beneran beli hp kan? hihihihi…

    saya belum pernah belanja di Rakuten, walau udah pernah denger beberapa kali akan nama tersebut. Saya lagi keranjingan belanja di ebay nich. Saya lagi gatel beli aksesoris kamera. Murah-murah sich. Semahal-mahalnya $10. Hihihi…ebay cukup menyenangkan kalau buat saya. Selain harganya surprisingly murah, cukup gampang belanjanya dan kita dilindungi oleh ebay protection buyer. Saya pernah nich belanja 600ribu untuk sebuah lensa. Ternyata penjualnya kabur! Pas saya nggak dapat barangnya, saya adukan ke ebay resolution center. SYukur Puji Tuhan, kasus ini dimenangkan oleh saya karena sellernya tidak bisa dikonfirmasi (bahkan, seller tersebut have no longer registered account on ebay hihihihi). Lumayan banged kan 600ribu! fiuh. abis itu, bukannya kapok sih. tapi saya memegang konsep “too good to be true”. Kalau ada barang bagus luar biasa dengan harga murah luar biasa, hmm….”too good to be true” kah? hehehe

    alhasil, saya beli printilan2 kecil aja dan so far, barang2 tersebut sampai lokasi saya dengan selamat, walaupun membutuhkan waktu sekitar 14an hari kerja atau lebih untuk mencapai Jakarta. Hehehehe…

    ati ati Oom. Belanja online itu bikin addicted! Saya bahkan mencari (maaf) celana dalam di ebay! hihihihi….

    oh, satu lagi. saya pernah belanja online tapi metode pembayarannya konservatif, yakni dengan transfer. judulnya http://www.pasarmurah.com yg sekarang berubah menjadi http://www.eoskamera.com. Sesuai namanya, situs ini menjual kamera dan aksesorinya. Harganya miring dan oke, Pak Muhammad Arifin di Solo juga murah hati dan bersedia membantu apapun seputar info kamera. Hehehehe…

    *koq saya jadi jualan yach?* kasih cendol dulu deh *sundul* hihihihi

    Like

    1. wakakakak, pengalaman yg menarik Lomi. At least membantu saya utk bijak-bijak dalam berbelanja online.
      Nah, sekarang bagaimana kalau kamu mulai mencoba Rakuten?! πŸ˜‰

      Like

  4. idih om saya salut sama om nie, di tengah kisruh nya oenipuan belanja online. om berani buat nyoba keren om. lagian nama MNC juga ikut kebawa, makan nya om juga berani belikan hehe

    Like

  5. seru sih, tp kenapa harga kamera sony cybershot tx5 yg jadi inceran mim mahal banget ya *berpikir keras* beda harganya 1.25jt.
    malah seharga ma yg tx10 yg ditoko lain masih murahan beberapa ratus ribu hihihi..
    salah nyantumin harga apa gimana ya?? πŸ˜€

    Like

    1. Maksudmu Sibair?! wakakakak. hampir sama karena emang pengalamannya sama. hubungan dgn Rakuten? pelanggan yg puas πŸ˜‰

      Like

    1. wow, ya jangan bandingkan dgn kaskus. itu kan forum bro, bukan toko online. kaskus gak bertanggung jawab atas transaksi yg berseliweran di forum mereka, sedangkan rakuten ya memang toko online dan barang diambil dari merchant yg terpercaya. duit kita juga ditahan dulu sama rakuten sampai barang nyampe, baru deh penjualnya dapat duitnya.

      saya sudah membaca cerita di blogmu, sabar ya bro. semoga yg hilang cepat terganti πŸ˜€

      Like

  6. Belum pernah belanja di rakuten πŸ˜€
    Udah denger sih banyak yang bilang bagus.
    Ntar deh kalo ada barang yang pengen saya beli, saya coba beli disana πŸ™‚

    Like

  7. Saya rekomen ke rekan-rekan,bahwa rakuten memang bagus dan terpercaya, track recordnya bagus….., terbukti…saya sering pakai jasa rakuten di jepang untuk belanja Online…., saingan terberat rakuten adalah Amazon…

    Like

Leave a Reply

