Jam Ideal Posting Blog

Beberapa hari ini saya tidak menulis sesuatu pun di blog untuk alasan yang sangat lebay: tidak ada waktu! Sebenarnya bukan tidak ada waktu namun saya memaksakan diri menulis dan mempublikasikan tulisan terbaru tersebut pada hari dan jam kerja dengan alasan supaya langsung dibaca dan dikomentari orang. Dan memang cara itu biasanya berhasil; postingan saya langsung menerima komentar perdana dalam menit-menit pertama setelah dipublikasi meski hanya sekadar PERTAMAX. πŸ˜€

Namun benarkah kita perlu mempublikasikan blog di jam-jam tertentu?

Saya kemudian melakukan riset kecil-kecilan yang tidak sesuai dengan kaidah penelitian apapun dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kesahihannya. Hasil temuan saya cukup memperkuat dugaan itu: trafik blog umumnya meningkat pada hari dan jam kerja dan menyusut pada saat akhir pekan atau hari besar. Saya mengidentifikasi jam-jam signifikan tersebut dan menganalisis secara sembrono perilaku pengunjungnya.

1. Jam kerja

Saya sebenarnya tidak habis pikir, mengapa trafik blog saya justru tinggi di jam ini padahal ini seharusnya jam-jam produktif yang tidak dipakai browsing ke sana ke mari. Lagipula hampir semua orang sekarang memiliki komputer dan akses internet pribadi di rumah, sehingga kegiatan blogwalking semestinya tidak harus terpaku di kantor. Namun mau tidak mau saya terus menerima komentar pada jam-jam ini. Sepertinya dengan berbagai alasan para pengunjung blog, yang kebanyakan karyawan yang terikat jam kerja, tersebut lalu memanfaatkan fasilitas kantor untuk ngeblog.

2. Akhir pekan/libur hari besar

Waktu-waktu ini signifikan justru karena hampir tidak ada trafik. At least saya bisa tahu bahwa blogger pun mempunyai kehidupan nyata yang mengasyikkan sehingga tidak ada alasan untuk berlama-lama di depan komputer. πŸ˜€ Pernah beberapa kali saya mencoba memecah kebekuan dengan cara menaruh postingan semenarik mungkin di hari Sabtu-Minggu, namun gagal total. Tetap saja trafiknya tidak bergerak naik. Sepertinya saya menyerah saja di sini.

3. Malam hari

Surprisingly, beberapa pengunjung datang dan meninggalkan komentar pada tengah malam hingga menjelang pagi, terutama seseorang yang menjadi bos warnet di Kelapa Gading. πŸ˜€ Ternyata para penulis yang aktif memang bekerjanya tengah malam ya. Jadi bagaimana saya harus menyiasati agar lebih banyak ‘kalong’ yang hinggap di blog ini ya.

Maka dilaksanakanlah eksperimen pada posting kali ini yang dipublikasikan kira-kira jam 02.30 pagi. Mari kita lihat apakah tulisan ini mampu meningkatkan trafik dalam beberapa jam ke depan serta jam berapa pengunjung pertama meninggalkan komentar. Target dari eksperimen ini adalah menentukan jam ideal posting yang sesuai ritme kerja saya serta tetap menggaet banyak komentar pengunjung yang berkualitas.

Sekarang saya mau hibernasi dulu, perjuangan banget menulis di jam-jam segini! πŸ˜›

===

Sumber gambar: Flickr

Advertisements

43 thoughts on “Jam Ideal Posting Blog

  1. haha betul opa saya juga sedikit demi sedikit mencoba membandingkan πŸ˜€ hehe
    jam trafik tetap pas jam kerja, byk koment di malam hari, Weekend memang trafik turun, namun tak selamanya sih.
    Nah utk jam posting saya rasa sekarang udah ngak ngaruh opa, ngak kayak dulu blogger mengandalkan feed reader kadang mengejar pertamax, jadi relatif.
    keknya sekarang orang lebih suka liat dari link kita dari link sosmed yg kita sebar seperti facebook atau twitter. Kalo ngak yah memang pada dasarnya memang pada mau berkunjung πŸ˜€

    Like

  2. Iya, dulu saya sempat mengadakan tanya jawab, ternyata banyak narablog yang lebih suka menulis di malam hari. Kalau saya sendiri sih sekarang jika ada waktu saja, sudah mulai sibuk soalnya.

    Like

  3. Hihihi sebenernya klo mau rame ya kita harus bikin kebiasaan opa.. seperti salah satu food blogger favorite saya.. inijie.com ternyata dia sudah punya jam prime time sendiri misal dia bakal posting di jam berapa… jadi pembaca bakal datend sendirinya..hihi intinya si konsisten.. tapi buat saya itu SUSAH! hahaha

    Like

  4. hahahaha … bawa2 namaku pula
    makanya kayak aku ga usah musingin jam rame buat posting
    klo mo posting ya posting aja πŸ˜›

    nih ada tahu sumedangnya, kapan mo diambil? πŸ˜›

    Like

  5. Hasil riset ini terbukti juga pada ane bro, weekend adalah waktu yg dipantangkan untuk publish postingan #lebay

    Memang jam kerja terutama sebelum makan siang itu waktu ideal publish postingan πŸ™‚

    Like

  6. jam ideal buat saya untuk posting adalah….

    gak pake jam.. 😐 tergantung mood yang lagi fluktuatif dan butuh penyaluran (positif). hihihihi.. πŸ˜€

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s