Menikmati Gerhana Bulan

Saya belum pernah menyaksikan gerhana bulan.

Serius, selama hidup saya ada beberapa kali fenomena gerhana bulan namun saya gagal menyaksikannya karena cuaca yang tidak mendukung, atau karena saking seringnya gerhana bulan terjadi maka momen-momen tersebut terlewatkan begitu saja. Bagi saya gerhana bulan tidak sespektakuler gerhana matahari karena saya berpikir, ah apa yang dilihat pas gerhana bulan? Paling-paling gelap total! πŸ˜€

Namun peristiwa gerhana bulan semalam menarik perhatian saya karena dua alasan: durasinya yang lama (100 menit) dan warnanya yang katanya merah darah. Ditambah lagi dengan adanya layanan live streaming sehingga kita tidak perlu bergantung pada cuaca jika mendung dan bebas dari kawalan nyamuk. πŸ˜› Namun jadwalnya sungguh tidak manusiawi: mulai pukul 01.20 WIB dan totalnya dimulai pada jam 02.30. Padahal saya harus berangkat dari rumah jam 05.30 pagi untuk ke Mampang. Oh well, kapan lagi ada momen gerhana bulan. Jadilah saya mengorbankan waktu tidur yang ternyata tidak sia-sia.

Saya tidak perlu lagi menjelaskan proses terjadinya gerhana bulan ya. Saya hanya ingin bercerita tentang pengalaman dan pemahaman baru dalam menikmati gerhana bulan semalam. Awalnya saya tidak mengerti mengapa gerhana bulan harus berwarna merah darah. Bukankah sewaktu bumi berada di antara matahari dan bulan, cahaya bulan tidak terlihat alias gelap?

Namun ternyata pemahaman saya salah. Pada saat gerhana bulan total, justru bulan akan tetap bercahaya yang berasal dari sisa-sisa partikel cahaya yang berhamburan di atmosfer bumi. Kemudian yang membuat saya takjub adalah warna-warninya yang bervariasi tergantung kondisi atmosfer. Dipaparkan pula bahwa partikel debu vulkanik dapat mempengaruhi cahaya gerhana bulan dan biasanya menambah unsur merah. Namun perlu dicatat bahwa pada gerhana bulan yang terjadi tak lama sesudah Gunung Tambora meletus pada tahun 1815, partikel debu vulkanik pekat justru memblokir cahaya gerhana sama sekali sehingga kondisi menjadi gelap total.

Ternyata pada saat terjadi gerhana total, bulan tetap dapat terlihat dan memendarkan cahaya berbeda. Berikut saya paparkan gambar-gambar capture dari live streaming semalam:

 

Saat-saat awal bayangan bumi menyentuh sisi kiri bulan
Sebagian permukaan bulan mulai gelap
50% permukaan bulan sudah gelap total
2 menit sebelum gerhana total; perhatikan sisi bulan yang tadinya gelap justru mulai diselimuti cahaya kembali
Fase gerhana total sudah dimulai. Perhatikan warna bulan yang oranye kemerahan
Gambar terakhir sebelum saya offline; cahaya permukaan bulan berpendar kemerahan

Sebenarnya fase gerhana total masih berlanjut dan warna bulan akan terus menjadi gelap sehingga tampak seperti merah maroon. Namun waktu saat itu sudah hampir pukul 3 pagi dan saya tidak bisa menunggu lebih lama lagi. Sesaat sebelum tidur saya keluar rumah dan menatap ke langit. Cuaca cerah. Bulan merah darah!

“Radiant red moon rendered me restless” – @ssetiawan

===

All images were captured from http://eclipse.slooh.com

24 thoughts on “Menikmati Gerhana Bulan

  1. Untung saya ga berubah semalem…
    hampir saja keluar penampakan aslinya.. hoho

    tapi bener baru semalem bergadang yang ga sia-sia.. besok bisa cerita ke anak cucu neh.. *eh

    Like

  2. saya keluar jam satu bulannya masih terang, tapi keren bener-bener terang dan buletnya pol… tapi sayang saat gerhana terjadi saya sudah di alam mimpi (tidur).heeee…. jadi pengen nyaksiin langsung merahnya gerhana bulan opa, soalnya saya baru tau dari cerita opa nih..heeee..thanks infonya saya liat yang rekaman saja kalo begitu πŸ™‚

    Like

  3. kaga tauan ada gerhana 😦
    padahal tidur sudah larut
    cuma pagi2 pas bangun, eh bapak mertua bilang klo ada gerhana
    ruuggiiiii …..
    padahal siapa tau kan sensasinya beda klo liat gerhana dari kampung suami πŸ˜›

    Like

Leave a Reply

