Kopdar Seberang Lautan

Yah, namanya juga blogger, Anda pasti sudah tahu sendiri kalo yang namanya kopdar itu tidak pernah dilewatkan kesempatannya. Begitu halnya dengan saya. Namun tidak, saya belum sampai menyeberangi lautan hanya untuk kopdar dengan blogger. Justru dalam beberapa kali kesempatan blogger dari seberang lautanlah yang datang berkunjung ke Jakarta. Jadi judul posting ini tidak salah dong ya. πŸ˜€

Nah, berikut cerita kopdar saya dengan dua orang blogger dari seberang lautan.

Ambon

Namanya Dharma Arif. Beliau adalah salah seorang peneliti di LIPI Ambon dan juga anggota Komunitas Blogger Maluku ‘Arumbai’ yang pada bulan April lalu bertandang ke Jakarta dalam rangka penugasan kantor. Setelah saya kontak untuk menanyakan di mana dia tinggal selama tugas, eh ternyata menginapnya malah di Cibinong. Maka jadilah pada suatu Minggu malam di bulan April itu kami bertemu. Ternyata meski Dharma adalah blogger Maluku, penampilan dan logat bicaranya menunjukkan sopan-santun pemuda Jawa asli Banyumas. πŸ˜€ Namun di balik sosoknya yang sederhana ini, Dharma menyimpan prestasi yang luar biasa di antaranya telah mencapai Antartika dalam rangka penelitian tentang kelautan.

Makassar

Blogger yang satu ini bernama Muhammad Ruslailang namun lebih akrab dipanggil Daeng Rusle. Pertama kenal di milis Anging Mammiri namun setelah diselidiki, dia juga pernah tinggal di Cibinong meski sekarang bekerja di Abu Dhabi. Salah satu buku favoritnya adalah Atlas Indonesia dan Dunia yang menginspirasinya melanglangbuana. Ah, seru sekali tampaknya. Selama ini saya menyangka deRus berkumis karena di avatarnya tampak kumis melintang dan rambut gondrong. Ternyata pas ketemu di Mie Janda Cibinong, loh kok beda?!! πŸ˜€ Saya menyukai postingan-postingan blognya yang mengangkat kearifan lokal Makassar dan sekitarnya.

Ngomong-ngomong soal kopdar, Anda lihat foto-foto di atas? Tempatnya asyik kan? Dari beberapa kali kopdar yang saya datangi, entah mengapa tempat favorit untuk duduk santai adalah kedai Mie Janda yang dekorasinya bernuansa kuning cerah dan ungu elegan ini. Apalagi pemiliknya juga blogger, salah satu founder Blogor. Ya, Kang Achoey El Haris adalah pemilik kedai bersahaja ini. Mie Janda yang terletak di Jalan Mayor Oking seberang SMP Negeri 1 Cibinong ini menawarkan menu utama mie dengan berbagai varian plus signature cocktail-nya yang nikmat, yakni Es Duda alias Es Madu Kelapa Muda. Kalau saya ke sana dan kebetulan sedang ada uang lebih, saya akan memesan menu Janda Super, yakni menu bakmi lengkap dengan bakso, tahu, telur puyuh, pangsit, dan kuah telurnya. Eh, tapi hati-hati sama sambalnya ya. Jangan terlalu bernafsu menuangnya, nanti bisa ‘kebakaran’. Mooii banget soalnya. πŸ˜€

Inovasi Kang Achoey tidak berhenti di satu kedai saja. Setelah belum lama ini membuka Kedai Mie Janda di Pakuan, Bogor, minggu berselang kembali lagi cabang Mie Janda dibuka di Cikaret, masih kawasan Cibinong. Minggu lalu saya menyempatkan diri berkunjung pada saat pembukaan dan saya sangat terkesan dengan suasana sekitarnya yang teduh dan dekorasinya yang resik. Namun terlepas dari sedapnya mie dan lokasinya yang nyaman dijangkau, yang paling berkesan bagi para pelanggan adalah keramahan para pemilik dan pelanggannya yang berusaha ‘merangkul’ setiap yang datang, mengajak bicara dan berteman. πŸ˜€

Kopdar blogger? Ke Mie Janda yuk!

 

Advertisements

48 thoughts on “Kopdar Seberang Lautan

  1. tadinya kirain JANDA itu singkatan dari apa, ternyata Jawa Sunda ya..?
    hihihi..

    keren deh..coba saya masih bolak-balik Cileungsgi, kayaknya Mie Janda bisa jadi pilihan kodar..

    ditunggu Oom Brad yang menyeberang lautan yaa..

    Like

  2. alhamdulillah, di foto itu saya masih tampak jauh lebih muda daripada di sebelahnya…hahaha *dikeplak mangkuk mie janda*

    waduh, dimana tuh avatar saya berkumis dan gondrong…haha, di twitter ya?, coba liat di sini, tampak jauh sangat muda, ganteng dan mempesona…(btw, itu foto terbaik saya diantara ribuan foto)..

    anyway, bangga rasanya nama saya ada di postingan opa Brad yang seleblog ituh…:D

    Like

          1. kalau oom brad ampe bisa kopdar sama mbak nik, aku tepok tangaaaan….
            aku juga kasih voucher!

            voucher temenin jalan-jalan kalau ke Jogja
            hahahhahaha

            Like

          2. hahahaha …
            ais segitunya … jangan OOT dimarih atuh neng nong πŸ˜›

            emang bener tuh mo ngasih voucer jalan2 ke jogja klo saya dan om brad kopdaran? *spt mission impossible aje* πŸ˜›

            Like

          3. meehh, ayo dibaca dgn teliti, dia nawarin ‘voucer temenin jalan2 selama di jogja’. itu berarti tiket ke sononya tanggung sendiri neng nong :p

            Like

  3. Om Brad adalah pelanggan setia Mie Janda. Om Brad blogger yang bersahabat. Maka, sambil maem Janda Super atau KT plus Es Duda, Om Brad juga kopdaran ama cukup banyak blogger di sana. Om Brad emang keren, makasih ya sobat πŸ™‚

    Like

  4. Kopdar tu gathering ke bro??
    tapi best sesekali berjumpa dengan blogger ni…
    saya dah lama tak jumpa blogger-blogger ni..
    wah bro brad cukup popular ye,….

    Like

    1. not popular lah :D. Ya. kopdar adalah singkatan dari kopi darat (kopi=copy). this is an old term since the 80s where community radio communication were still popular. ayolah jumpa blogger lain dan share ceritanya di blog πŸ˜€

      Like

  5. Oom Brad, namanya kedai dan menunya kocak…hahaha….Janda dan Duda :p

    well, kan sudah sering didatangi dari seberang lautan sana. Kalau gitu, gilirannya Oom Brad untuk mendatangi mereka balik.hihihihi

    Like

  6. Seumur-umur baru sekali ketemuan dengan teman dunia maya. Itupun pas lagi ke ITC yang disamping terminal Depok itu, sekalian mampir ke tempat mas Rohmat Sugito. Sudah sering sih dengar warung mie Kang Achoey ini, tapi belum pernah mampir. Sekitar bulan Maret 2011 lewat didepan SMP 1 Cibinong tapi gak ngeh kalo warungnya disitu. Keluar dari hutan ntar disambangi.

    Like

  7. Eh… saya di colek-colek ama si Om Brad…
    Tadinya saya juga heran kenapa namanya Mie Janda
    Pas nyari juga bingung wong udah malem, tapi ketemu kok akhirnya…
    Kang Achoey, mie nya enak euy…
    Mungkin suatu saat nanti saya bisa mampir lagi, lagi dan lagi…

    *maaf baru menampakkan diri*

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s