Setahun Bersama deBlogger

Berawal dari keputusan saya mengaktifkan kembali konsistensi menulis di blog pada awal tahun 2010 lalu, siapa yang menyangka kalau perjalanan blogging saya sampai sedemikian jauh seperti sekarang? Blogging tidak hanya memberi manfaat penajaman pikiran setiap kali saya menulis namun juga menghadirkan teman-teman, komunitas dan segenap aktivitas baru yang semuanya seru!

Semuanya berawal dari keputusan mulai menulis kembali di blog. Sembari kebiasaan baru (tapi lama) itu berjalan, selintas saya membaca di Google bahwa ada beberapa komunitas blogger yang bergerak di Indonesia dan jumlahnya cukup lumayan, sekitar 50-an waktu itu dan umumnya berbasis wilayah. Sebagai warga Bekasi wajarlah bila saya mencari Komunitas Blogger Bekasi yang ternyata kebetulan sedang bersiap mengadakan event besar Amprokan Blogger 2010. Namun jalan Tuhan berkata lain; partisipasi saya di Be-Blog ternyata hanya selintas dan saya malah terdampar di komunitas yang cukup jauh dari tempat tinggal saya: Depok. Kok bisa?!

Alasannya sederhana: Komunitas Blogger Depok (deBlogger) lebih hangat menyapa saya dan aktif mengajak kopdar. Pertama kali saya berkenalan dengan deBlogger adalah melalui salah seorang aktivisnya (yang belakangan saya baru tahu dia ketuanya), yakni Dodi Mulyana. Lewat Dodi-lah saya akhirnya masuk ke milis dan berkenalan dengan beberapa yang lain serta mengamati lalu-lintas percakapan di sana. Kesan pertama yang ditangkap adalah kehangatan. Oleh karena itu saya akhirnya mengiyakan ajakan kopdar mereka yang ternyata dilangsungkan di sebuah tempat karaoke. 😀

Jadilah saya datang ke kopdar pertama deBlogger sendirian tanpa mengenal seorang pun dan langsung masuk ke ruangan karaoke yang dipenuhi sekitar 7-8 orang. Terus apa langsung akrab? Tentu tidak. Saya termasuk orang yang suka mengamati dulu sebelum terlibat aktif dalam percakapan sehingga pertemuan pertama kali itu relatif tidak banyak kesan. Meski demikian saya merasa cukup nyaman berada di sana dan berjanji untuk bertemu lagi di ajang Amprokan Blogger Bekasi.

deBlogger @ Amprokan Blogger Bekasi, 5 Maret 2010

Selepas Amprokan, mulailah segala sesuatunya berjalan cepat. Saya diundang masuk ke kepanitiaan miladeBlogger sebagai humas bersama dengan Aris Sunawar (sekarang menjadi ketua deBlogger periode 2011-2012). Tanpa disadari, saya berubah. Saya semakin mengidentikkan diri dengan komunitas tersebut dan turut pula memastikan kepentingan komunitas terakomodasi apabila sedang berhubungan dengan pihak luar. Suasana komunitas yang hangat dan ramah serta dinamis turut mendukung kenyamanan saya bergerak di situ.

Sekarang setahun telah lewat dan tanggal 31 Mei 2011 ini deBlogger genap berusia 2 tahun. Di tengah persiapan acara #miladeBlogger2 yang bila tidak ada aral melintang akan berlangsung tanggal 25-26 Juni 2011 mendatang, saya merefleksikan kembali kehadiran saya di sini sekaligus harapan-harapan akan komunitas ke depan. Dalam setahun terakhir saya menyaksikan pasang-surut kegiatan dan interaksi segenap anggotanya. Tidak semua berjalan mulus dan konflik pun nyata terlihat. Namun melalui segenap lelah dan konflik itulah kita belajar banyak dan semakin menyadari bahwa kita tidak mungkin berjalan sendirian tanpa dukungan teman-teman di komunitas karena pada hakekatnya kita saling membutuhkan. Harapan saya untuk setahun berikutnya adalah agar segenap warga deBlogger semakin hangat berinteraksi dan dewasa dalam berkomunikasi dan bertindak agar kemaslahatan bersama dapat terjaga. Di samping itu juga agar warga, dan khususnya pengurus, dapat semakin tahan uji dan kompak melalui setiap acara dan proyek yang diadakan.

Lomba Blog #miladeBlogger2

Salah satu acara yang digelar dalam rangkaian #miladeBlogger2 adalah Lomba Blog yang khusus diperuntukkan bagi segenap warga deBlogger, baik aktif maupun pasif, baik yang sudah pernah kopdar ataupun belum, minimal hanya menjadi anggota milis.

Informasi Lomba Blog #miladeBlogger2 dapat disimak di sini.

*tenang saja, tulisan ini gak diikutsertakan dalam lomba kok* 😀

Advertisements

32 thoughts on “Setahun Bersama deBlogger

  1. boleh daftar jadi anggota deblogger?
    *pengen ikutan lomba menulisnya*

    boongan tuh, wong nulis aja kaga gape gemanah mo ikut lomba 😀

    eh? pernah mo ikutan BeBlog yah? Saya juga pernah tapi sudah tidak lagi, pindah domisili sih 😀 *alesan*

    Like

  2. Saya sendiri ikut di BBC, tapi tidak ikut komunitas narablog di Jogja, karena keterbatasan saya dalam ruang dan waktu untuk mengikuti pelbagai komunitas. Jika bisa menyumbang di satu komunitas saja, saya rasa itu sudah cukup :).

    Like

  3. Selamat Ulang tahun untuk deBlogger yang ke-2. Senang menjadi bagian dari komunitas blogger yang keren ini.

    Nice posting bro 🙂

    #eituadapotosaya

    Like

    1. OOT kan sudah default daeng (blushing)
      Nama theme-nya Vulcan. Coba scroll ke bawah blog ini dan paling bawah ada link ke FabThemes. Vulcan tersedia di salah satu theme yg ada di situ. Semuanya free. Ambil aja 😀

      Like

  4. selamat ulang tahun opa… :))
    *ditiban truk tangki*

    Iyah ga kerasa yah pertama ketemu opa di Inul Vizta Mall depok, tadinya gua ngeri lho ama opa, serem bener dah
    *kabur sekenceng2nya* :)))

    Thanks udah ikut menghangatkan deBlogger ya opa

    Like

  5. Selamat bermillad ke dua untuk deblogger, semoga bisa memberi warna pada dunia bloghosphare Indoneisa. 😉

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Like

  6. Oh jadi begitu toh cerita, Om. Cukup panjang dan berliku ya. Menarik sekali 🙂
    So, buat khalayak blogger Depok … kalo blogger yang jauh dari Depok aja peduli dan begitu giat memajukan komunitas blogger ini, kenapa tidak kita-kita yang tinggal sehari-hari di sini? Ayo, semangat … jangan mau kalah sama Om Brad ini *lirik kanan-kiri, kalo-kalo Om Brad tiba-tiba muncul dengan segerobak nasi kucing
    Btw, Om kenapa mesti ditulis tidak mengikuti lomba blog #miladeBlogger2? Padahal kita-kita pingin juga lho merasakan aura persaingan yang hangat ketika Om Brad turut serta dalam sebuah kompetisi, bukan begitu teman-teman? *langsung kabur, karena belum sempat posting untuk lomba itu 😀

    Like

  7. wew
    selamat ultah deBllogger
    lumayan banyak deh teman2 deBlogger yg Rusa kenal 🙂

    semoga makin kompaka yak

    Rusa gak diundang nih acara perayaannya nih? hehe

    Like

  8. Selamat ulang tahun deBlogger, smg selalu semangat! 🙂
    Pak juri, saya ikutan lombanya, tp saya blm pernah ikut kopdar nya hehe.. sdh daftar dn smg tdk ada halangan utk hadir minggu depan.. ^^

    Like

    1. wah wah, ngapain menyapa pak juri? minta apa? berani bayar berapa? 😀

      ditunggu minggu depan di Blogilicious ya. Ntar kalo kebingungan cari saya, kamu pantau aja panitia yg berkaus deBlogger, paling ganteng. itu saya! *kedip2*

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s