Kembali Ke Masa SMP

“Semalam aku mimpi, mimpi buruk sekali”

Kalimat tersebut adalah penggalan sebuah lagu dangdut. 😀 Ya, semalam saya bermimpi namun untungnya bukan mimpi buruk. Dalam mimpi tersebut saya kembali duduk di bangku SMP dengan teman-teman lama. Namun seperti biasanya mimpi, banyak hal-hal tidak lazim. Jadwal pelajaran sepanjang pagi itu cukup padat, misalnya Biologi, Menyanyi, dan Pembuatan Puisi. 😀 Yang paling diingat adalah pelajaran Biologi di mana saya diminta menunjukkan posisi usus buntu pada dummy tubuh manusia (saya pernah dioperasi usus buntu sewaktu kelas 2 SMP). Namanya juga mimpi, segalanya tidak berjalan logis. Misalnya: membawa HP ke dalam kelas padahal di zaman saya SMP dulu, HP belum dikenal.

Saya pernah membaca sebuah artikel (lupa di mana) yang menyebutkan bahwa masa-masa SMP merupakan saat-saat kritis pembentukan karakter anak di mana segala kejadian di masa itu berpotensi membentuk karakter si anak secara permanen. Andaikata si anak mengalami kejadian yang membawa trauma, maka efeknya akan terasa seumur hidup. Namun saya pun berpendapat bahwa kita dapat ‘berdamai’ dengan trauma itu dan pelan-pelan mengubah kebiasaan. Menilik kembali diri saya sewaktu SMP, berikut ini beberapa nasehat yang perlu disampaikan kepadanya:

Move your as*

Kamu memang lemah dalam pelajaran Olahraga, namun jangan jadikan itu sebagai alasan untuk tidak maju. Ada dua pelajaran yang wajib: Renang dan Pencak Silat. Kalau memang tidak bisa berenang ya jangan paksakan. Ambil saja Pencak Silat meski jadwal latihannya hari Minggu.

Ask her out

Iya, dia yang kamu suka sejak kelas 2 kan? Sebentar lagi lulus SMP, jangan kamu tunda-tunda lagi. Kamu sudah sering mengajaknya mengobrol dan bahkan beberapa kali ke rumahnya. Cepat ajak dia kencan!

Friendship should be taken easily

Tidak perlulah ngambek dengan temanmu. Tiga minggu adalah waktu yang lama untuk diam-diaman. Segeralah menyapanya.

Brush up your Math

OK, Bahasa Inggrismu memang bagus. Namun tidak cukup lulus dengan Bahasa Inggris saja; Matematikanya juga harus diperkuat.

Everything’s gonna be alright

Tidak perlu ragu dan bimbang menatap masa depan. It’s gonna be OK, I promise. Si dia memang tidak akan jadi pacarmu, namun tak mengapa. Nanti juga kamu akan mengalami peningkatan di Olahraga. Kecanggunganmu tampil di depan umum akan pelan-pelan terkikis di waktu SMA sewaktu kamu memasuki science club. Oh, dan akan ada kejutan manis pada NEM SMP-mu nanti untuk mata ujian Bahasa Inggris.

Hari-harimu di SMP memang berat. Tapi percayalah suatu saat nanti kamu akan mengenang semuanya dengan manis. Gak percaya? OK saya kasih bocoran foto ke kamu ya.

 

Reuni SMP, 2009

***

Kira-kira begitulah nasehat yang saya berikan untuk diri saya sendiri di waktu SMP dulu. Sebenarnya ada banyak hal mendalam yang ingin saya kemukakan, namun tampaknya ‘dia’ belum dapat menangkap maknanya sewaktu SMP; jadi biarkanlah nasehat itu mengalir dalam bahasa yang sederhana.

Bagaimana dengan masa SMP-mu, teman-teman?! Ditunggu sharing-nya. 😀

Advertisements

45 thoughts on “Kembali Ke Masa SMP

  1. Wah masa SMP adalah masa berapi-api, semua ekskul diikuti.
    Hampir terkenal seluruh jagat SMP saya. 🙂
    Namun pas balik lagi ke SMP saya, enggak ada guru yang mengenali saya lagi.. 😦

    Like

  2. huaaaaaa.. jadi inget masa2 SMP juga.
    jadi orang paling sadis, paling galak, paling ditakuti ahahahaha..
    sampe sekarang temen SMP masih aja ada yg takut klo mau macem2, takut dibanting hehehe..
    tapi sekarang saya dah tobat koq jadi preman 😛
    dari gara2 itu image galak dan cwe jadi-jadian ga pernah pergi dari saya walaupun sudah mencoba feminim dan telah memiliki suami untuk 1 bulan terakhir ini dan untuk selamanya phuphuphu..

    Like

  3. Okeh.. Jadi di foto itu yg mana si “dia”?
    *dibakar opa*

    SMP bagi gua? Amazing…
    Dari pertama kali jadi ketua kelas,
    Ditembak cewe, dan ga pernah nembak
    Retak kaki ampe musti make tongkat kesekolah
    Kabur pas olahraga
    Belajar motor, sekaligus mobil
    Last but not least akhirnya bs boncengin “dia” pulang #eh
    Pokoknya banyak dah :p

    Like

  4. masa SMP..?
    hmmm…jatuh cinta untuk kesekian kalinya ( mulai jatuh cinta dan pacaran tuh pas SD :D)
    mulai suka dengerin musik (walopun sampe sekarang gak bisa main musik)
    mulai baca stensilan, hahahahaha
    nilai pelajaran standar aja…tp lumayanlah, selalu masuk 10 besar.
    paling suka olahraga, jago lari dan main bola ( itu sebelum mengenal “dunia dewasa” )
    hmmm..apalagi ya..? lupa..terlalu banyak kenangan di masa SMP 😀

    Like

  5. Dulu waktu SMP saya tomboy banget. Rambut saya dipotong pendek ala vokalis Cranberries, karena waktu itu saya ngefans sama mereka. Waktu SMP saya pintar, selalu rangking, malah pernah rangking 1 tiga kali berturut-turut. Tapi pas SMA semua berubah. Saya jadi agak perempuan dan mulailah rapor dipenuhi warna merah. Hehehehe.

    Like

  6. Masa SMP saya datar2 sajaaaa… Jadi nyesel gak bikin hal2 yang menyenangkan sewaktu SMP. Eksis di sekolah kek, agak2 nakal mungkin, yaaah… pokoknya lempeng banget dah waktu SMP. Waktu SMA juga gitu. 😀

    Like

  7. Esempe adalah masa tergendut saya.. (sebelum saat ini pas udah kerja n merit) hehehe..

    Sebuah saat dimana saya membatin.. “tunggulah nanti pas SMA, aku akan kembali langsing, masuk SMA Favorit, dan engkau akan suka dengan diriku!”

    Hahahaha.. semua nya terwujud, kecuali yang bagian terakhir 🙂

    Like

  8. masa smp adalah masa ketika saya lebih mementingkan game daripada berpacaran *gada yang mau soalnya*
    soalnya prinsip saya waktu itu mending duit dipake buat ngegame daripada buat pacaran *alesan doang*

    Like

  9. hihihihihi… bner tuh… gwe mah dulu waktu msih di SKM kelas 1-3 … terkenal di SMA and SMk… wuiii guru-guru nya juga… seneng banget deeh… p karang juga… klo kesana waah,,, di sambut .. suka cita…sma-smk deketan…lokasinya. sekarang c dah masuk univresitas semeter 2

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s