Malas Ngeblog = Tidak Ngeblog?

Saya terinspirasi oleh diskusi yang berseliweran di milis Anging Mammiri sore dan malam hari ini tentang perasaan malas untuk mandi. Mungkin merasa takut dituduh malas mandi, seorang blogger menuliskan pembelaan dirinya “Jarang mandi sama malas mandi itu beda arti lho. Kalo jarang itu mandinya tiap beberapa periode baru mandi, kalo males itu setiap hari tetap mandi tapi diawali rasa malas.” Tidak jelas juga apakah saat ini dia sudah mandi atau belum.

Situasi itu agak mirip dengan saya, namun tentu bukan dalam konteks mandi *denial*. πŸ˜€ Ya, saya sedang malas ngeblog. Sudah tiga hari blog ini tidak tersentuh postingan baru. Sebenarnya lebih lama dari itu; sejak minggu kemarin saya selalu bingung hendak menulis apa dan ujung-ujungnya malas. Saya berkata pada diri sendiri: “Toh trafik blog menurun setiap akhir pekan, jadi buat apa memaksakan menulis kalau toh tidak ada yang membaca juga.” Atau alasan klasik lainnya: tiap akhir pekan banyak acara sehingga tidak sempat untuk duduk dan menulis. Ujung-ujungnya sama juga: malas ngeblog.

Sempat timbul perasaan bersalah karena tidak menjalani komitmen untuk menelurkan satu tulisan setiap hari. Namun kemudian saya tersadar oleh kalimat di paragraf awal. Jadi intinya, saya hanya malas mandi ngeblog, namun bukan berarti tidak ngeblog. Jadi tinggal menghapus perasaan malas itu dan meneruskan konsistensi menulis. Betul tidak?

Sekarang, bagaimana caranya mencari ide untuk menulis di blog? Tentu banyak. Ada yang menghadiri sebuah acara sastra dan budaya, ada yang pergi jalan-jalan ke tempat-tempat eksotis, dan macam-macam lagi. Masalahnya saya sedang tidak punya kesempatan jalan-jalan sehingga terpaksa duduk di depan komputer dan try to come up with something. Salah satu solusinya: Dailypost. Digagas oleh WordPress, Dailypost adalah tantangan ngeblog setiap hari atau setiap minggu sepanjang tahun di blog masing-masing agar banyak blog yang ‘mati suri’ dapat meng-update tulisannya. Setiap harinya kita akan menemukan pertanyaan atau ide yang dapat dipakai sebagai topik tulisan. Hasilnya: luar biasa. Saya memanfaatkan ide-ide itu dengan baik meski lebih banyak ide postingan yang didapat dengan cara lain.

Hari ini, Dailypost memberikan ide yang sangat menarik: Describe the best road trip you’ve ever taken. Ingatan saya langsung melayang ke Agustus 2010 silam ketika melakukan perjalanan darat ke Semarang bersama para blogger dari beberapa kota dalam acara XL Net Rally. Namun tentu saya tidak bisa menuliskan perjalanan itu karena saya sudah menuliskannya tahun lalu. Berarti harus menuliskan perjalanan lain lagi.

Lalu mau menulis apa? Oh, tunggu besok saja ya. Kan sekarang masih malas! *dikejar massa* πŸ˜€

===

Sumber gambar: blogcomics.net

Advertisements

44 thoughts on “Malas Ngeblog = Tidak Ngeblog?

  1. nah, kalo saya cenderung tidak setuju dengan salah satu poin di tulisan ini yg bilang akhir pekan traffic menurun, jd buat apa menulis kalo ndak ada yang baca..

    buat saya, menulis ya menulis saja. mau dibaca atau tidak, target kita menulis dulu. ya memang, kita tulis juga untuk dibaca tp itu tdk menjadi pertimbangan utama ketika mau menulis. ini dalam kasus blog lho ya. kalo buat diterbitkan mah, harus targetnya tulisan layak baca.

    padahal saya lg malas komen lho. kok jadi panjang?

    Like

  2. Ngeblog tiap hari = bunuh diri perlahan :D.

    Rasanya bukan malas sih, namun memang seringkali tidak ada ide. Mau bagaimana lagi. Itulah mengapa saya kadang tetap membiarkan beberapa area untuk mobile blogging, jadi ngetik di ponsel sambil tiduran terus dipublikasikan, walau mungkin di bawah 200 kata :D.

    Kejarlah ide hingga ke negeri Cina, begitu pepatah masa kini :).

    Like

  3. Kalau takut blog kita terbiar dan orang lain sangka bukan-bukan, apa kata pada posting tulis… ” Saya bercuti di london untuk honeymoon selama sebulan” Untuk cover la kononnya.. He3.

    p/s: Jai pun jarang update entry sekarang, bukan sebab malas, tapi mmg kering idea dan bz dengan kerja..

    Like

  4. Tapi Opa (belum apa-apa koq sudah tapi … πŸ˜€ ), itu yg kasih motivasi postaday di wordpress postingnya cuma separagraf aja πŸ˜› , coba kalo semua begitu mungkin gak sampe jadi blogger maniak yg di gambar Opa itu kan.

    Like

  5. Perjalanan XL rally itu menarik pasti krn dirimu ketemu diriku disana πŸ˜€
    #dihajar :))

    hmm kalo males ya jangan dipaksa brad..
    hidup kan bukan cuma blog booow πŸ˜€
    seneng2 di dunia nyata juga penting..
    gue malah bikin periodic time kapan gak bersentuhan ama dunia maya πŸ˜› biar balance aja siy hihihi *metode gue aneh ya*

    Like

  6. Kalo saya saat ini lagi malas blogwalking bro, ngga tahu kenapa… But kalau soal ngeblog sih saya mencoba untuk tetap konsisten, apalagi saat ini dipercayakan rekan-rekan menjadi admin di kawanua blogger… Walaupun belum bisa melakukan posting sehari sekali tapi saya tetap mencoba untuk konsisten. Enjoy blogging

    Like

  7. Terkadang, udah mikiran apa yang mau ditulis atau tiba” ada ide buat nulis, dan seringnya hilang gitu aja karena ga buru” di tulis atau lagi males di depan laptop.

    Solusinya gimana yah opa brad? πŸ˜€

    Like

  8. beuh, kaya begini yang namanya males nge-blog? gimana rajinnya, ckckkckckk…
    males ngeblog aja ada hasilnya ya, ckckckckkckck
    *berdecak2 kagum, sampe ngeces*

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s