Blogger Indonesia Timur Merapatkan Barisan

Siapa bilang blog hanya tren sesaat? I will argue vehemently for that. πŸ˜€

Fenomena Facebook dan twitter boleh-boleh saja melanda kita, namun nyatanya para blogger hingga kini tetap bertahan dengan idealismenya menulis di blog dengan alasan media yang tak dibatasi jumlah karakter dan kebebasan berekspresi yang terjamin 100% di rumah sendiri. Demikian halnya dengan komunitas blogger yang terus bermunculan bak jamur di musim hujan dan menambah keanekaragaman masyarakat online Indonesia.

Para narablog di Indonesia bagian Timur pun tidak ketinggalan. Berangkat dari ‘kehausan’ berkumpul mendiskusikan blog dan semangat berbagi sesama blogger serta berkontribusi bagi masyarakat lokal, satu-per-satu komunitas blogger di Indonesia Timur berbenah diri. Dari hasil pencarian di internet, setiap provinsi di kawasan timur Indonesia sudah memiliki komunitas blogger meski tingkat perkembangannya berbeda-beda. Ada yang pernah eksis namun sudah hilang, ada yang baru bangkit dan memelihara portal dan jaringannya, dan ada pula yang sudah mapan dengan berbagai aktivitas komunitas yang keren. Namun semangat yang terlihat umumnya sama dengan para narablog lain di seantero Indonesia: mereka merapatkan barisan. Izinkan saya mengulas tiga komunitas di antaranya:

1. Komunitas Blogger Maluku ‘Arumbai’

Komunitas blogger di provinsi Kepulauan Maluku ini sebenarnya sudah cukup lama berdiri, yaitu sejak tahun 2009. Aktivitasnya terasa pada awal-awal pembentukan dengan acara kopdar dan pelatihan blog di beberapa kampus di kota Ambon. Namun pada tahun 2010 semangatnya sempat mengendur dan akhirnya portal mereka lenyap karena tidak diperpanjang. Kemudian momentum Pesta Blogger+ 2010 dipakai untuk menghidupkan lagi komunitas dan juga portalnya dengan nama Maluku Blogger Community [MBC]. Namun seiring beberapa masalah teknis dan keberatan dengan istilah asing, akhirnya para blogger Maluku mengenakan identitas baru yakni Arumbai. Nama Arumbai diambil dari nama perahu tradisional Maluku yang berhiaskan kepala dan ekor naga. Perahu yang memuat 20-25 orang ini melambangkan persatuan para blogger Maluku dalam berkontribusi positif bagi masyarakat.

Portal baru Arumbai.org telah diluncurkan pada tanggal 8 Februari 2011 lalu. Tersiar kabar bahwa rekan-rekan Arumbai sedang merencanakan kegiatan besar dalam rangka ulang tahun komunitasnya yang ke-2. Bagaimana bentuknya? Pantau terus portal Arumbai. πŸ˜€

***

2. Kawanua Blogger – Manado

Komunitas blogger di Sulawesi Utara ini mungkin termasuk yang paling baru berdiri. Namanya pernah terdengar beberapa tahun lalu namun hilang begitu saja. Momentum Road Show Pesta Blogger+ 2010 di Manado lalu dimanfaatkan untuk meluncurkan kembali Komunitas Blogger Manado. Namun rupanya jalan tidak selalu mulus dan butuh waktu bagi mereka untuk konsolidasi ke dalam sebelum akhirnya kopdar pada tanggal 23 Januari 2011 lalu dan meluncurkan nama resmi Kawanua Blogger beserta portal komunitasnya.

Saya mengucapkan selamat kepada rekan-rekan Kawanua Blogger. Ditunggu gebrakannya! πŸ˜€

***

3. Komunitas Blogger Makassar ‘Anging Mammiri’

Ah, kalau yang ini ndak perlu mi saya perkenalkan lagi. πŸ˜€ Anging Mammiri sudah berdiri sejak 2006 dan tampak semakin solid dari tahun ke tahun dengan berbagai aktivitas yang asyik. Dalam rangka ulang tahunnya yang terakhir Desember 2010 lalu, misalnya, mereka mengajak para blogger dan onliner Makassar jalan-jalan ke Puntondo untuk belajar konservasi lingkungan di kampung nelayan. Karakter unik lainnya adalah trafik milis yang riuh-rendah dengan sahut-sahutan para blogger, sehingga para pengguna email Yahoo! hampir dipastikan stress dan mencari pintu keluar. πŸ˜€

***

Demikian kabar sekilas dari tiga komunitas blogger di Indonesia Timur. Dengan semangat berbagi mereka melakukan hal-hal yang disukainya sambil berkontribusi positif bagi pembangunan daerahnya.

Sudahkah Anda bergabung dengan komunitas blogger lokal? πŸ˜€

Advertisements

58 thoughts on “Blogger Indonesia Timur Merapatkan Barisan

  1. semoga arumbai bisa segera mensejajarkan posisinya dan semoga akan lebih terdepan dalam prestasi…
    #wah ini jargon dari mana aja dicatut deh keknya wkwkkw

    Like

  2. Sebenarnya kapasitas tulisan di blog itu terbatas kok jumlah karakternya, hanya saja kita akan “tewas” lebih dahulu sebelum bisa mencapai batasan tersebut :lol:.

    Saya rasa memang komunitas narablog itu penting, karena bisa memberikan banyak hal yang tak terduga untuk disumbangkan pada masyarakat, dan bukan pada narablog semata.

    Saya masih ingat ikut siaran tentang Internet Sehat yang didukung oleh BBC, atau kadang komunitas mengadakan pelatihan penggunaan Internet secara cuma-cuma pada masyarakat atau anak sekolahan. Sehingga fungsinya bukan hanya semata-mata untuk kumpul-kumpul saja, kopdar dan terus bubar :D.

    Like

      1. Ndak tahu, coba saja diketik, pasti “tewas” duluan. Kalau nanti pakai hosting sendiri baru terasa bagaimana penambahan ruang hosting dengan penambahan jumlah tulisan :).

        Like

  3. Mudah2an para blogger ini bisa jadi elemen pemersatu Garuda Merah Putih ya.. ditengah carut-marut yang terjadi seperti diberitakan media masa.. salam hangat dari Iraq..

    Ya, Iraq yang masih dilanda konflik berkepanjangan ini…

    Like

    1. Waduh Kang Luigi mampir di sini. Apa kabarnya Kang?! Kita pernah korespondensi beberapa kali. hehehe.
      Semoga tetap selamat dalam bertugas. Salam juga untuk keluarga di Kuwait πŸ˜€

      Like

  4. bwahahaha..ada AM juga..
    ya Alhamdulilah bahwa AM sudah bisa bertahan sampai memasuki tahun ke-5 ini dengan segala pasang surutnya..
    ini jelas sebuah perjuangan yang luar biasa di antara tekanan yang juga luar biasa dari “serangan ” FB dan Twitter.

    senang juga melihat kenyataan bahwa blogger Indonesia Timur yang notabene lebih jauh dari pusat dibandingkan blogger dari Jawa misalnya..

    apapun itu, mari bersama-sama mengembangkan dunia blog di Indonesia..

    Like

    1. Keeratan suatu komunitas menjadi kunci sebenarnya. Saya sudah merasakan manis (dan pahitnya) keeratan teman2 AM. kalo udah kopdar, mentalnya udah pasrah aja pokoknya. wakakakakakak

      Like

  5. jadi ingin bikin acara yg mengumpulkan blogger se-Indonesia Tengah dan Timur hahaha..
    yang di Indonesia Barat biar lah mereka berkembang, kita kan tau porsi masing-masing :))
    *senyumsimpulndakkaruan*

    =))

    Like

    1. perlu demo dulu kah?
      bikin saja event “kopdar akbar blogger intim”
      atau “kongres blogger intim”

      tentunya intim di sini bukan intim tret tengah malam…
      vote, Rara jadi ketua (lagi)
      (bawa spandux)

      Like

  6. hmm, kongres blogger intim? Seru juga. Bagusnya Arumbai yg jadi hostnya, atau klo perlu sekiranya ada ya Komunitas Blogger Raja Ampat πŸ™‚

    Eh, komunitas blogger luar negeri gak dibahas juga Om?
    πŸ˜€

    Like

  7. sehingga para pengguna email Yahoo! hampir dipastikan stress dan mencari pintu keluar. >> haha….iyaaaah!!!! sampe sesak nafasnya yahoo-ku gara2 milisnya AM :p

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s