Blogwalking ke Malaysia

Setelah sebelumnya saya blogwalking ke Bhutan, kali ini saya ingin membagi cerita blogwalking ke Malaysia. πŸ˜€

Pertarungan Timnas Indonesia di AFF Suzuki Cup 2010 lalu serta-merta membangkitkan nasionalisme rakyat Indonesia demi mendukung Timnas menjadi juara. Media pun turut berperan menjadi katalis rasa nasionalisme ini melalui pemberitaan eksklusif sepanjang hari. Namun ada ekses lain dari peliputan ini, terutama ketika Indonesia bertemu Malaysia di babak penyisihan dan kali berikutnya di dua leg final. Psy-war yang dihembuskan media turut menyeret perselisihan politik dengan Malaysia ke dimensi olahraga. Akibatnya sudah bisa ditebak: ramai orang berkomentar negatif (bahkan memaki-maki) tim sepakbola Malaysia. Lalu bagaimana setelah Indonesia kalah di leg pertama dan pemain kita terkena sinar laser dari penonton Malaysia? Tidak usah ditanya, tinggal buka twitter saja kita sudah bisa membaca deretan protes dan caci-maki tersebut.

Berangkat dari sinilah saya kemudian tertarik untuk ‘mengintip’ opini dari pihak ‘lawan’. Tweeps Malaysia tentu membalas caci-maki tersebut dengan tidak kalah hebohnya. Namun saya ingin membaca pandangan yang lebih dalam dari orang-orang Malaysia, dan tentunya kita tidak dapat mengandalkan twitter untuk itu. Maka akhirnya saya browsing ke beberapa blog negeri jiran. Dari blogwalking dan meninggalkan jejak ke sekian banyak blog itu, ada 2 blogger yang kemudian merespon dengan baik, berkunjung ke blog saya, dan membuka komunikasi lebih jauh. Izinkan saya mengulas mereka di sini.

1. Liga Kampung

Blogger asal Jasin, Melaka ini sehari-harinya bekerja sebagai pegawai negeri di sebuah institusi pemerintah di Melaka. Zool, demikian panggilannya, menggunakan nama Liga Kampung di dunia blog. Tadinya saya mengira blog Liga Kampung ini khusus mengulas tentang sepakbola, khususnya Timnas Malaysia. Namun rupanya Zool menulis juga tentang banyak hal yang disaksikannya sehari-hari. Oh and by the way, Zool ini agaknya bercita-cita menjadi seleblog. πŸ˜€ Di bawah ini ada screenshot blognya.

2. Decrewz

Namanya Jai, tapi agaknya julukan itu berasal dari nama kampungnya. Blogger yang mangkal di deCrewz ini bekerja di sebuah government link company di Selangor di bagian teknik keselamatan traffic (mungkin semacam National Traffic Management Center di Polda Metro Jaya). Isi blognya cukup beragam, namun sebagian tulisannya mengkhususkan diri soal blog, SEO, dan blog monetizing. Screenshot-nya di bawah ini.

***

Dari kedua blogger ini saya sedikit mengambil pelajaran, yaitu bahwa orang-orang yang saling memaki di internet itu sesungguhnya ‘memiliki wajah dan kepribadian’. Mudah sekali bagi kita untuk mencaci-maki seseorang, bahkan sebuah bangsa, karena kita tidak melihat mereka secara kasat mata sehingga kita tidak pernah berpikir kata-kata kasar itu akan menyakiti mereka secara pribadi. Namun sebaliknya, kita akan merasa sakit hati dan emosional apabila kita yang dimaki di internet.

Perjumpaan yang unik dengan blogger-blogger Malaysia ini sedikit banyak mengubah cara saya bertutur juga apabila sedang membicarakan Malaysia. Karena kini saya tahu bahwa ada orang Malaysia yang membaca, dan penting juga untuk bercerita secara terbuka dan simpatik agar tidak ada kesan salah yang diterima. Dan sepertinya saya pun menyaksikan perubahan itu pada tulisan salah seorang blogger di atas yang tidak menggeneralisir pandangan terhadap orang Indonesia. So, menjalin hubungan dengan ‘pihak lawan’ ternyata tidak rugi, kan?! πŸ˜€

52 thoughts on “Blogwalking ke Malaysia

  1. quote:

    So, menjalin hubungan dengan β€˜pihak lawan’ ternyata tidak rugi, kan?!

    “lawan” di lapangan bola khan om? soalnya malaysia itu tetangga hehehehe

    lanjuut

    Like

      1. eaaaaa… “tempat tidur”? huehueheueheheh
        saya banyak teman dan kenal beberapa teman dari malaysia yg kuliah di unhas, menurut saya baik2 dan biasa2 saja, kalo didalami yah sama2 ras melayu kayaknya gak jauh beda lah budayanya, apa yg bikin kita marah apa yg bikin kita sedih mirip2lah.

        lanjuut opa πŸ™‚

        Like

  2. Seorang blogger Malaysia bulan Desember kemaren menghabiskan waktu cutinya di Bandung. Dia meminta saya untuk bertemu di Bandung, sayangnya saya lagi dalam masa “pembuangan” sehingga tidak jadi berjumpa. Saya kenal dia dari bw ke blognya, lalu menjalin komunikas: email, cheting di FB, SMS dan BBM. Sayangnya lagi dia tidak antusias dengan bolasepak, sehingga tidak begitu intens untuk bicara soccer.
    Tapi itulah, blog telah membuat kami jadi sahabat.

    Like

  3. ah, pak cik nih bijak sangat..
    kagum saya..
    saya nak belajarpun bagaimana cara bergaul dengan saudara sejiran. nah, kalau pak cik ada waktu, ajarlah..
    nak belajar saya nih, elok nian pasti punya sahabat sejiran

    Like

  4. susah mo komentar πŸ˜€
    mungkin sebaiknya tidak berkomentar,
    daripada komentar malah tergentar-gentar πŸ˜›
    Hahaha ….

    duh susah Om, mending dikeplaki aja dah daripada salah komentar
    hahaha ….*ngaciiiiiiiirrr*

    Like

  5. Saya gak pernah blogwalking ke blog2 selain blog-nya blogger indonesia. πŸ˜† eh pernah ding. Kemarin2 nyoba blogwalking ke blog2 luar negeri. Tapi, belum nemuin yang asyik. Dan sebenarnya bingung juga sih awalnya bagaimana mencari blog2 luar yang okeh. πŸ˜€

    Like

    1. Mau cari blog yang bagus, lihat saja di Blogroll di satu-satu blog. Biasanya, blogger yang bagus akan menyenaraikan koleksi blog bacaan lazim mereka. Blogger jenis ini suka berkongsi, dan bantu promosi blog sahabat..

      Saya sendiri pun akan menyenaraikan blog yang bagus saja di Blogroll kanan blog saya.

      Like

  6. terima kasih bro.. sebetulnya kita perlu bersahabat walau mungkin berbeza pendapat..
    kadang2 terfikir yang melaga-lagakan kita hanya media sahaja. kita sebagai blogger perlu bersahabat.. hohohoho jadi seleb blog?? tidak la bro… sekadar cari peluang berkongsi pengalaman dan cari peluang sahaja.. heehehe

    Like

  7. saya juga suka blogwalking ke malaysia, btw blogger sumatra umumnya sering berkunjung ke malaysia (mungkin krn kedekatan geografis dan persamaan bahasa melayu, yg membuat blogger sumatra sering blogwalking ke malaysia)

    oh iya blog denaihati.com juga sering dikunjungi blogger senior indonesia (bang iwan) cek aja komentar2 di blognya

    Like

      1. Seorang gadis muda nan manis. Dia mampu menembus ruang dan waktu. Kalimat ini benar-benar dalam artian harfiah lho. Dia bisa melihat kita walaupun dia ada di negeri jiran *merinding*

        Nanti deh ane sharing di blog hehehe #misteriusmode

        Like

Leave a Reply

