Sariawan Oh Sariawan

“Sariawan” bahasa Inggrisnya apaan sih?!

Pertanyaan itu pernah saya lontarkan melalui Facebook dan Twitter beberapa waktu lalu ketika kebetulan ditanya oleh seorang murid saya. Seketika saya tersadar bahwa saya tidak tahu Bahasa Inggrisnya! Kamus Indonesia-Inggris yang tebalnya seperti bantal pun tidak membantu banyak. Ketika saya melontarkan pertanyaan itu di internet, respon yang saya terima umumnya adalah jawaban sekenanya seperti tidak tahu, permohonan maaf, sampai respon dari seorang pekerja iklan terkemuka yang menjawab dengan mantap: “Essence Cloud.”krik krik

Oke, jawaban di atas itu memang nyeleneh karena sekedar menerjemahkan kata “sari” dan “awan” menjadi “Essence Cloud.” πŸ˜€ Butuh waktu agak lama untuk menemukan istilah yang tepat. Kata ‘sariawan’ dalam Bahasa Inggris ternyata ada beberapa, yaitu sprue dan oral ulceration (sering disingkat menjadi ulcer saja), sedangkan istilah medisnya adalah stomatitis aphtosa. Sariawan adalah kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka. Luka ini mengakibatkan lapisan luar mulut robek, berbentuk cekung dan berwarna putih kekuningan, serta rasa perih yang amat sangat tentunya. Penyebab umum timbulnya sariawan adalah luka karena tergigit pada saat makan atau berciuman (yang pernah ngalamin ayo ngacung!), kekurangan vitamin C, kebersihan mulut tidak terjaga, panas dalam, dan kondisi tubuh yang tidak fit. Yang saya ketahui, suhu tubuh yang meninggi umumnya dapat mengakibatkan timbulnya sariawan ini.

Eh, bentuk sariawan udah pada tau kan ya? Gak perlu dong saya publikasikan gambarnya di sini?! :p

Bagi yang kebetulan terkena sariawan akibat kondisi tubuh yang tidak fit dan suhu tubuh meninggi, yang pertama harus ditanggulangi adalah kondisi tubuh yang tidak fit tersebut, sebab percuma saja mengobati sariawan apabila penyebab utamanya dibiarkan. Sedangkan opsi pengobatan sariawan sudah banyak tersedia seperti meminum obat-obatan herbal, makan jambu air, jeruk, minum air putih, sampai meneteskan cairan pedih tapi ampuh yaitu Albothyl. Di rumah, saya dan Mama cukup sering menderita sariawan sehingga kami mempunyai persediaan obat A itu secukupnya. πŸ˜€ Tapi oleh karena tidak tahan akan pedihnya, saya lebih sering menunggu sampai sariawan saya benar-benar terasa sakit dan tak tertahankan, atau sesaat sebelum saya keluar rumah supaya tidak mengganggu aktivitas di jalan. Mestinya penggunaan obat tersebut ada aturan pakainya, namun saya memilih untuk tidak menggunakannya terlalu sering dan biasanya pada waktu malam hari, dengan anggapan bahwa pada saat tidur lidah saya tidak akan tergoda untuk menjalar ke daerah luka tersebut sehingga dapat mempercepat pemulihannya.

Bagi yang sering menderita sariawan disarankan untuk memperhatikan penyebabnya secara keseluruhan karena biasanya berkaitan dengan kondisi tubuh seperti lambung, stress, dan kebersihan mulut. Makan makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan sangat dianjurkan agar asupan vitamin yang seimbang tetap terjaga. Ketika sariawan menyerang, dianjurkan untuk mengobatinya secara teratur seperti obat A itu tadi.

Ngomong-ngomong soal obat A, akhir-akhir ini sering kali kita lihat manfaat yang lain yaitu untuk menjaga kebersihan vagina. Caranya adalah mencampurkan beberapa tetes obat A tersebut ke dalam segelas air lalu menggunakan larutannya untuk membersihkan daerah kewanitaan. Masuk akal mengingat fungsi lain obat A adalah juga sebagai antiseptik. Meski saya tetap mempercayai khasiat obat A untuk sariawan, tak urung iklan penggunaan obat tersebut untuk membersihkan vagina membuat saya lemes. 😦

Anda memiliki pengalaman unik dengan sariawan? Bagi-bagi dong ceritanya! πŸ˜€

===

Image source: google

32 thoughts on “Sariawan Oh Sariawan

  1. Kalau saya mah Albothyl itu tidak begitu mempan dan tidak seperih yang diceritakan orang-orang. Mungkin saya yang sudah terlampau kebal dengan sariawan kali ya? hehehe…

    Yah, saya sih kalau sariawan sudah menyerang ya perbanyak minum air, perbanyak konsumsi vitamin C, gitu2 deh. Tetep aja semua cara saya coba, meski ujung2nya sariawan saya tetep aja lama sembuhnya. Huh.

    Like

  2. haha… aku jarang sariawan mas. entah kenapa, padahal jarang makan sayuran. atau apa karena jarang makan goreng2an?

    soal obat A aku baru tau tuh hihihi… kebayang deh turun dari daerah mulut ke wilayah V.

    jadi ingat obat jaman dulu… kakakku waktu kecil sering sariawan, lalu diberi ENKASARI… masih ada gak ya itu obat? πŸ˜€

    Like

  3. kalo saya kena sariawan biasanya saya sgera mengkonsumsi larutan penyegar cap kaki tiga atau ademsari bang
    biaasanya ampuh dalam waktu 1-2 hari
    tapi kalo masiih tetep aja ya bakal saya biarin
    hehehe

    Like

  4. saya baru saja mengalaminya berbarengan dengan uhuk-uhuk kemarin. Ga tanggung2, muncul di atas dan bawah bibir depan, sakitnya jangan ditanya πŸ˜€ pengennya mangap aja agar kedua belah bibir tidak bersentuhan. Ketika dia muncul, tidak diobati sama sekali, karena fokus sama si uhuk-uhuk. Eh ga tau kapan tuh sariwawan kaburnya, tau2 kok udah ilang aja hahahaha

    soal obat A, pernah nyobain, nyeri ampun2, jadi ga bakal mau nyobain obat ituh lagi … hiks .. udah sariwawannya sakit eh ketambah obatnya lagi, mending minum vit C atau minum larutan penyegar aja deh πŸ˜€

    Like

  5. Saya termasuk jarang mengidap sariawan, tapi saya pernah mengalami sariawan yang parah karena gak kunjung sembuh. Pakai cara2 yang alami, gak mempan. Pakai cara2 gila, misalnya menaruhkan setumpuk cabe ke area sariawan, gak pernah saia coba. πŸ˜€ (so pasti perih abis). Lalu saya mencoba Albothyl, memang di awal2 sariawan di bibir saya mengkerut seolah mengembalikan bentuk kulit aslinya. Tapi, pas kering and melebarkan bibir sedikit saja (misalnya tersenyum sedikit), bibir saya berdarah. Ouggh! And then, salah satu teman kerja saya di RS menyarankan sebuah obat yang manjur tapi mahal πŸ˜€ (45-50rb) The name is “Kenalog”. Alhamdulillah… hanya dua kali oles, sariawan saya sembuh.

    Kenalog ini berbentuk pasta kecil. Jika dioleskan ke area sariawan, gak perih. Dan aman sekali, tidak apa-apa walaupun tertelan. So, karena saya sudah merasakan sekali manfaatnya, saya selalu menganjurkan Kenalog. Just try to prove it! πŸ˜‰

    Like

  6. Hubbyku sering banget sariawan juga, nah Abothyl memang jawabnya πŸ˜€ #bukankomenberbayar πŸ˜› hihihi

    Ahya soal kebersihan vagina.. Saya punya cara yg lebih ampuh sih buat menjaga kebersihannya πŸ˜› xixixi *hanya boleh dilakukan oleh couple* huahhaha if u know what I mean =))
    Kabuur

    Like

  7. asik ada topik ini *bidang aye nih*
    sariawan klo bahasa ilmiahnya bs macem2, krn sariawan adl semua luka yg ada di rongga mulut…
    Sariawan yg sering tjd (yang kambuhan) biasanya namanya stomatitis aphtosa rekuren, penyebabnya belom diketahui, tp ada faktor predisposisinya seperti stress, hormonal, kurang gizi, anemia, kegigit, dll. Bagi yg hobi sariawan, hrs cari tau keadaan pas sariawan muncul..
    tanda2 SAR: 24jam sebelum sariawan muncul, mulut terasa gak enak, lalu di mulut muncul jendolan (biasanya ga ada yang nyadar), br terakhir terbentuklah ulser..
    Obatnya *ini yg seru* di kampus aye, kalo ada sariawan HARAM hukumnya dikasih obat A, krn kerja dia matiin jaringan (maknya pas diaplikasiin sakit banget, & setelah itu ga sakit lagi, lha wong jarngannya udah mati)
    jd kalo sariawan:
    – pertolongan pertama: dikompres minosep (obat kumur)/kumur alloclair
    – kalo ga tahan banget sama sakitnya: pakelah tuh kenalog in orabase (sekali pake lsg enak, & ga ada rasa perih spt obatA, jd kenapa pake yang perih? hehe)
    sekian dari saya, kalau ada yg sariawan lagi, hubungi saya πŸ˜€

    Like

  8. saya lagi menderita karena saya punya sariawan di dalam mulut ada 2 langsung yang posisinya berhadapan sumpah tersiksa pas lagi makan 😦

    Like

  9. Hahaha..sariawan..penyakit hina tuh pasti suka gunjing orang tuh..hehehe becanda bro..eeeeemmmmaaang sariawan tuh nyebelin,keliatannya sih sepele,kecil tp jengkelke bikin gak nyaman kl makan minum..hadeeeehhh

    Like

  10. Ni aku udah 2 minggu bibir kering perih gatal dan melebar melebihi bibir merah2, gabisa senyum dan buka mulut, mau makan susahbanget masuk sendoknya. Kalo dipaksa bisa berdarah. Bibir jg kebas rasanya. Aku pakein lipbalm tp tahan bentar doang. Udah kedokter dpt obat oral tp makin parah. Barusan ke dokter lg tp beda tempat terus dikasi salep kenalog. Cuma beberapa menit abis pake langsung mendingan alhamdulillah:) semoga besok sudah sembuh total hehe

    Like

  11. Aku tiap bulan entah kenapa slalu aja kena sariawan, udah kaya cewe dapet Mens gitu. Oake albhotyl udah gak mempan, kenalog mempan tapi agak lama kalo di saya.

    Yang paling betein tuh saya kena sariawan selalu di lidah, jadi sangat kesiksa kalau lagi makan dan ngobrol sama orang.

    Like

Leave a Reply

