Blog: Bukan Sekedar Curhat di Internet

“Semua orang bisa memiliki website sendiri di internet,” demikian papar Rara, chairperson Pesta Blogger+ 2010 sekaligus penggiat komunitas blogger dari Makassar. Kalimat ini terlontar dalam seminar Cybercitizen yang diadakan oleh Senat Mahasiswa Bina Sarana Informatika Kampus F Jatiwaringin pada Sabtu lalu (20/Nov). Dalam seminar yang juga membahas mengenai Technopreneurship dan Hacking in Public Area tersebut, dunia blog mendapatkan tempat khusus berupa sesi yang khusus membahas Blogging & Online Communities. Ruang 406 tampak disesaki 100-an lebih mahasiswa BSI sampai-sampai panitia terpaksa menolak yang datang terlambat. Antusiasme para mahasiswa tampak sejak awal seminar hingga selesai. Jadi, apa sih yang dibahas khususnya tentang blog?

Dalam sesi kedua yang membahas tentang blog, Rara mengawali pembicaraan dengan memaparkan definisi blog yang merupakan catatan/jurnal yang berbentuk situs web di internet. Karakteristik utama blog yang membedakannya dengan situs internet lainnya adalah sifatnya yang lebih aktif dan dinamis, sering diperbarui, personal, dan berupa komunikasi dua arah melalui sistem komentar atau shoutbox. Blog juga dapat dibuat dengan mudah sehingga semua orang dapat memilikinya. Selain blog yang dimiliki oleh perorangan, ada pula blog yang diisi ramai-ramai oleh banyak pengguna seperti misalnya portal komunitas.

Lalu tulisan apa saja yang dapat ditampilkan di blog? Ragam tulisan dapat berupa tentang aku (jurnal), dia (anak, hobi), kami (keluarga, komunitas, organisasi, proyek bersama), dan dunia (mencakup perspektif yang lebih luas, seperti jurnalisme). Blog juga termasuk salah satu jenis social media karena sifatnya yang terbuka untuk publik melalui komunikasi dengan pembaca dan terintegrasi pula dengan social network lainnya. Ciri blog lainnya yang tidak ditemukan di media lain adalah kemandirian dalam seluruh prosesnya. Blogger, sebutan untuk penulis blog, bertindak sebagai author, editor, publisher, dan distributor yang kesemuanya dilakukan sendiri tanpa dapat dipengaruhi oleh orang lain.

Selain bergiat di dunia penulisan blog, para narablog Indonesia umumnya memiliki kecenderungan untuk bertemu dengan sesama blogger dan berinteraksi di dunia nyata, bukan hanya lewat internet. Sebagian di antara mereka bergabung di komunitas-komunitas blogger yang kini tersebar luas di seluruh Indonesia. Komunitas blogger yang umumnya dikenal adalah komunitas blogger berbasis wilayah kota dan provinsi. Namun selain itu ada pula komunitas blogger yang berbasis sekolah, kampus, profesi, hobi, dsb. Lebih jauh dari sekedar kopdar dan ngobrol-ngobrol para penggiatnya, komunitas blogger juga dijadikan wadah untuk berkontribusi secara positif terhadap daerahnya melalui jurnalisme warga atau kegiatan sosial.

Pada akhirnya, blog yang Anda ciptakan akan menyumbangkan sesuatu pada kekayaan khazanah materi informasi di internet. Sudah bukan sesuatu yang aneh lagi bila kita mengandalkan informasi dari para blogger sebagai acuan akan suatu hal, seperti misalnya informasi wisata suatu wilayah. Tulisan para blogger yang umumnya bersifat first hand experience ini memiliki nilai lebih daripada ulasan media berita umumnya sehingga seringkali menjadi potongan penting dalam mozaik ilmu pengetahuan yang lebih luas.

Ngomong-ngomong, kapan ya Anda terakhir ngeblog?! πŸ˜€

===

Sumber gambar: sungaikuantan.com, distilled.co.uk

Advertisements

31 thoughts on “Blog: Bukan Sekedar Curhat di Internet

  1. eh, kalo blog saya tipe campuran keknya ya..?
    ada AKU, ada DIA, ada KAMI dan ada DUNIA..:D

    buat saya ngeblog adalah jalan paling positif untuk menyegarkan otak, menyalurkan hobi dan tentu saja membuat otak tidak mati..:-)

    btw, pertamax bukan ya..?
    πŸ˜€

    Like

  2. masih susah niy dibuat nge-blog 😦
    klo pun ‘dipaksain’ kok jadi kesannya seperti jurnal harian πŸ˜€
    malah blom2 udah ngerasa basi duluan hehehe ….

    *kira2 ada ga yah gairah nge-blog terpacu terus karena punya pengunjung yg banyak?* LOL

    Like

    1. ya jangan pula dipaksain. dibawa santai dan mengalir aja. kalau soal pengunjung yang banyak, hal itu memang salah satu yg memicu saya utk terus menulis karena ternyata tulisan saya bisa bermanfaat bagi orang lain πŸ˜€

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s