Derita Kram Kaki

Pernahkah Anda mengalami apa yang disebut kram kaki? Kram kaki adalah kontraksi otot di kaki (umumnya betis) secara tiba-tiba akibat aktivitas kaki yang terlalu berlebihan, asam urat, atau karena penyebab lain. Nyeri yang datang umumnya tiba-tiba dan membuat si penderita bisa panik mendadak. Kalau kram ini terjadi saat sedang tidur, si penderita bisa tiba-tiba terbangun dan berteriak-teriak karena tidak siap.

Saya termasuk yang cukup sering mengalami kram kaki ini. Kram biasanya terjadi sehabis saya melakukan aktivitas yang berat seperti berjalan kaki beberapa kilometer atau berdiri terlalu lama. Namun herannya, kram kaki itu selalu terjadi saat saya sedang tidur. Karena badan sedang beristirahat, kondisi saya tidak siap ketika kram itu tiba-tiba menyerang. Yang terjadi adalah saya tiba-tiba terbangun dan berteriak sekencang-kencangnya sehingga membangunkan seisi rumah. Pernah sekali waktu kram ini terjadi ketika saya mengikuti retreat kampus. Teriakan kesakitan saya malah dikira kerasukan setan. 😦 Lalu gimana cara menanganinya ya?

Dari penelusuran ke beberapa situs kesehatan dan blog, saya menemukan bahwa penyebab utama kram kaki bagi saya adalah aktivitas berjalan kaki yang berlebih tanpa disertai peregangan otot kaki sebelum tidur. Saya juga curiga sate kambing yang saya santap malam sebelumnya turut berkontribusi sehingga tingkat kolesterol naik. Padahal saya jarang banget loh makan daging kambing *membela diri*. Oya, saya sudah menyebutkan soal kelebihan berat badan yang mengakibatkan beban tambahan bagi kaki belum ya? (lonely).

Cara pencegahannya adalah mengurangi aktivitas atau makanan yang bisa menimbulkan kram. Selain itu juga melakukan pemanasan dan pendinginan secara tepat. Disarankan juga untuk tidak terlalu lama menekuk kaki agar peredaran darah tetap lancar. Saran lainnya adalah menaruh bantal di kaki agar peredaran darah tidak mengumpul di bawah. Lalu ada juga yang bilang kalau ngulet, usahakan telapak kaki jangan menunjuk seperti posisi balet.

Namun kalau kram kaki sudah menyerang, ada cara penanganan yang bisa kita lakukan berdasarkan 2 situasi: sendirian atau bersama orang lain.

Jika kita sedang sendirian, duduk tegak dan luruskan kaki yang kram sedangkan kaki yang tidak sakit bisa ditekuk. Kemudian raih jari-jari kaki yang kram dengan tangan di sisi yang sama (jika kram kaki di kiri, pakailah tangan kiri). Tapi kalau jari kaki tidak mampu diraih (misalnya karena perut besar, hehe), duduk saja dengan kaki diluruskan. Lebih bagus kalau kita menempelkan kedua kaki ke tembok agar telapak kaki lurus. Baru setelah itu bangun perlahan-lahan; berdiri menghadap tembok, tangan rapat di tembok dan kaki yang kram diluruskan ke belakang sambil telapak kaki tetap menempel di lantai. Rasakan otot betis kita tertarik; tahan 2-3 menit sampai terasa lebih lega.

Jika ada orang lain yang bersama kita, mintalah orang tersebut meluruskan kaki kita dan menekan telapak kaki kita ke atas perlahan-lahan, agar tekanan di betis dapat terasa, selanjutnya bisa berdiri dan lakukan peregangan seperti di atas.

Tahap berikutnya kita bisa lanjutkan dengan mengoleskan Counterpain atau merendam kaki di air hangat agar lebih nyaman. Bisa juga dengan memijat kaki yang sakit perlahan-lahan. Perasaan kejang di betis biasanya baru akan benar-benar hilang setelah 24 jam (atau bahkan 2 hari), jadi ya bersabar saja.

Apakah Anda pernah mengalami kram kaki juga? Share dong pengalamannya, terutama tips pencegahan dan penanganannya πŸ˜€

*masih suka meringis karena masih nyeri*

Advertisements

40 thoughts on “Derita Kram Kaki

  1. Kirain faktor Usia.. *dilindes traktor*

    Dulu Gua seriinngg..
    apalagi kalo pas nyetir jauh pasti pas berhenti trus bediri kaki gua ga bisa luruh (doh)

    triknya dah bener tuh opa sedia counterpain selalu deh.. tapi yang utama sih katanya suruh banyak olah raga, jadi peredaran darah bener2 lancar
    ada juga yang bilang cara jalan kita yang salah, dalam artian tumpuan kakinya ga seimbang jadi ototnya juga ga seimbang, nah klo itu harus ngerubah cara jalannya

    Like

  2. wah om..sama saya juga lagi keseringan kram dari tadi pagi, di tangan tapi, akibat kebanyakan banyak daging juga kali ya?! tapi bukannya kalo asam urat itu penyakitnya orang tua ya?! saya kan masih muda nan segar,.hehe
    thx 4 share

    Like

      1. wow.. mengerikan kalau begitu…
        doakan lah om semoga sehat selalu…jangan kena penyakit yg aneh2 lah, apalagi stroke macam itu…
        abid jg kan doakan om brad selalu ….. *gombal,hehe

        Like

  3. Wah kalo aq sih sering banget tuh klo soal kram di kaki..
    kalo abis main bola, abis olahraga berat, tapi yang paling parah pernah skali pas berenang tiba2 kram…adduhh..untung airnya gak dalam..

    kalo orang Makassar nyebutnya “bala-balao” arti harfiahnya “tikus2an..” soalnya kan kadang rasanya kek ada tikus yang bergerak di bawah kulit..hihihi..

    Like

  4. Ah, Opa, ini sih pasti udah jelas kalo penyebabnya adalah faktor U. :-” *dikeplak* XD

    Wah, gw sih jarang kena kram kaki. Kalo seharian habis jalan-jalan brutal biasanya sih pulang pijet-pijet sendiri atau berendam di air. Lagipula saya masih muda sih yah, jadi, gitudeh… #eh

    *kabooorrr*

    Like

  5. Ngerasain Kram kaki?
    Ya jelas pernahlah πŸ˜›
    Terutama di saat sedang tidur *loh kok bisa sama? Padahal tidurnya ga sama2 kan hahaha*
    Paling menyebalkan adalah ketika si kram menerjang suami malah mengira kolokan karena jejeritan, apalagi si kram datang tanpa permisi, dadakan gitu.

    Bener sekali om Brad, susah niy klo disuruh ngulet kaki ga boleh model balerina, padahal itu kan gaya ngulet paling ueeenakkk sedunia πŸ˜›

    Thanks untuk tipsnya ya om, soale selama ini setiap si kram datang, betis ini cuma dielus2 ajah … abis klo dipijit2 malah tambah sakit siyyy … *bagian ini ada benarnya dengan tuduhan kolokan dari suami wekekekekek*

    Like

  6. Eh koq sama siiiy?
    Gue juga kalo kram pas malem. Ternyata itu toh penyebabnya.
    Td malem abis kram, and sama gue juga teriak2. Biasanya sih hubby yang langsung peluk πŸ˜€ hihihi

    *msh ngakak ngebayangin pas retreat lu teriak2 =))

    Like

  7. pertama, makasih om untuk username dan emailnya di blogger maluku.. kapan ke ambon om..?

    untuk kram kaki, sering saya, biasanya telapak kaki ta tempelin di tanah biar sedikit reda.. πŸ™‚

    Like

  8. Biasanya saya kram kalau lagi jalan-jalan, tapi entah kenapa hanya jempol kaki aja yg kram *ada apa dengan jempol saya ya?
    Kalau kram begitu, saya langsung cari tempat duduk trus minta pacar buat mijetin kaki saya. Hehehehe.

    Like

  9. Pernah kram kaki, tapi enggak sampe teriak-teriak sih πŸ˜›

    Kram biasanya terjadi karna “tubuh” kaget tiba-tiba melakukan sesuatu secara berlebihan.. Jadi tidak hanya kaki, tapi juga otak *kalimat terakhir itu kondisi gw saat ini.. Kramotak* :-))

    Like

  10. klo kaki kram biasanya tinggal megangin keras2 jempol kaki yang kram sampai kramnya ilang πŸ˜€
    atau boleh juga jempol kaki yang kram diikat pake karet hehehe *sedia karet sebelum kram* wakakakaka

    Like

  11. wah… ada hubungannya tidak ya antara low back pain dan kram kaki???
    soalnya saya penderita LBP dan kaki kanan yg kena…setelah itu ketika tidur setiap malam selalu kram di kaki kanan….sensasinya sesuatu buangeth..
    Mungkin ada yg punya jawaban dan saran???

    Like

  12. wah… ada hubungannya tidak ya antara low back pain dan kram kaki???
    soalnya saya penderita LBP dan kaki kanan yg kena…setelah itu ketika tidur setiap malam selalu kram di kaki kanan….sensasinya sesuatu buangeth..
    Mungkin ada yg punya jawaban dan saran??? need help immediately…T___T

    Like

  13. saiia termasuk org yg sering kram πŸ˜₯
    dan saiia termasux org yg kurang skali asupan cairan nya?jarang minum,
    padahal aq tau itu bisa memicu kram,hadeuh ini nama nya kesalahan secara sadar tp tidax ada tindakan ,:p
    apha lg saiia jarang pemanasan jg,hadeuhhhh

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s