Ganti Theme Blog (Lagi)

Seorang teman pernah “berteriak” di kolom komentar: “Blog lo ganti baju lagi?!”

Oh ya, memang blog saya “ganti baju” lagi alias ganti theme. Ini adalah sesuatu yang sering saya lakukan sejak saya pertama kali ngeblog tahun 2005 lalu. Terkadang begitu saya membuat sebuah blog baru di layanan blog gratisan, saya akan terlalu sibuk mendesain skin/template blognya sehingga terlalu lelah untuk memasukkan postingan pertama. Hehehe. Memangnya ada apa sih dengan theme?

Mungkin teman-teman sekarang sudah tahu kalau saya tidak pernah menerapkan niche tertentu di blog saya; semua mengalir apa adanya saja. Mulai dari postingan yang memuji dan mengkritik pemerintah sampai pada curhat-curhat gak jelas selalu mengisi blog saya hari-hari. Maka jadilah sebuah blog yang isinya campur-aduk. Tadinya sempat ingin membuat blog yang diisi dengan genre tertentu atau menjadikan blog sebagai sarana mendapatkan uang, namun semua idealisme itu berantakan dan akhirnya saya memutuskan untuk membiarkan saja blog ini diisi dengan tulisan apa saja, sesuai isi hati saya hari ini. Mungkin kalau Anda ingin mendapat gambaran visual imajiner tentang blog saya, jadinya akan seperti ini:

Hehe, geje banget bukan?!

Kembali ke soal theme blog. Saya selalu berusaha mempercantik tampilan blog saya dengan theme atau gambar yang keren-keren. Tapi setelah tampilan yang keren itu muncul, selalu kemudian saya melihat theme lain yang lebih keren daripada punya saya. OK saya paham argumentasi Anda yang bilang bahwa tampilan blog adalah bagian dari identitas kita. Saya paham, tapi bukan berarti kita sepaham, kan?! Hehe. Justru saya pikir menarik juga kalau setiap pengunjung yang kembali ke blog saya selalu melihat tampilan blog yang baru dan fresh. Jadinya cool dan gak ngebosenin bukan?! ^^

Jadi ya intinya: selamat menikmati tampilan blog saya. Eh, menurut teman-teman, seberapa penting kah tampilan sebuah blog? Ditunggu sharing-nya ya πŸ˜€

===

Sumber gambar: Nyanyian Hujan

39 thoughts on “Ganti Theme Blog (Lagi)

  1. bagi saya tak terlalu diprioritaskan dalam hal tampilan blog,. yang penting isinya,..hehe
    lihat blog saya, simpel, masih pakai theme yang dasar,.. yang penting gak bikin ribet pengunjung,.. dan nyaman dilihat juga bisa jadi pertimbangan,.
    tapi theme blog bagi saya bukan sebuah idealis… bs saja sewaktu waktu bisa saya ubah, sesuai selera hati.. hehe
    salam om brad.. selamat pagi.. πŸ™‚

    Like

  2. Yah blog tak ubahnya rumah tinggal kita yang kedua dan kalau itu rapi asri dan menyenangkan maka akan menyenangkan pula bagi pengunjungnya

    Blog yang enak buat dikunjungi selain memperhatikan keindahan maka ada hal lain yang juga diperhatikan antara lain :

    1. Loading buka blog nggak berat
    2. Komentarnya mudah

    ada blog sudah berat mau komentar aja susah hehehe

    Like

    1. Betul sekali, mau themes blognya warna apa kek, tapi kalo udah loadingnya berat dan utk komentarnya susah dan selalu dimoderasi, kita akan malas balik ke situ lagi. Tapi saya punya alasan mengapa utk pengomentar pertama kali di blog saya akan kena moderasi: mencegah spam. Setelah dia lolos pertama kali itu, seterusnya sudah bisa berkomentar tanpa dimoderasi. πŸ˜€

      Like

  3. Wah bagus nih om Brad themes nya, terutama karena warna dasarnya biru #apaseh

    Buat saya themes itu amat sangat penting buanget sekali #lebay
    Makanya ketika pertama kali launching blog kemarin sempat tertunda hampir satu bulan karena mencari themes yang benar-benar tepat.

    Kalau buat mba Ajeng themes = rumah, kalau saya mencari themes sama dengan mencari pasangan #eh

    *kabur ke Timbuktu* #ikut2MbaAjeng

    Like

    1. aha, sang perfeksionis datang. emang sih sempet bingung kok kayaknya lama banget kamu mencari themes waktu itu. terus sekarang gimana, udah sreg banget dengan themes-nya? Gak mau “cerai” dan mencari pasangan baru?! *racun mode ON*

      Like

  4. Selamat atas pergantian theme bl0g-nya yach Bro πŸ˜€
    Hmmm…menurut saya, ganti theme blog sah-sah aja, biar pembaca juga ga terlalu bosen sama layout blog yang lama. Tapi, menegnai seberapa seringnya kita boleh mengganti blog, saya juga ga tahu deh, ada penelitian resmi akan hal ini gak yach? hahahaha…..

    Saya sendiri suka gontai-ganti desain blog saya. hehehehe. Tapi belakangan, saya dapat komplain bahwa desain blog saya yang baru lambat. huhuhuhuhu….memang sih menarik, terutama dengan banyaknya image menarik yang membuat blog semakin berwarna-warni. Namun, saya baru sadar, ternyata aspek ergonomis perlu juga untuk diperhatikan.

    Ya, saya setuju dengan anda, gonta ganti layout web/blog adalah hal yang sangat menarik! hehehehe…mungkin bener apa yang ajengkol katakan bahwa blog adalah rumah kita. Hmm…belum punya rumah atau apartemen #ngarep untuk didesain, jadinya desain blog dulu saja dech. hahaha

    anyway, gambar di postingan blog ini oke banged loch πŸ˜€ bisa tuh jadi banner atau background image *ngeracunin orang*

    Like

    1. hadeuuh, ada aspek ergonomis juga toh ternyata. hebat sekali imajinasi dan jangkauan pemikiran orang2 Indonesia ini. Hehehe. Blog-mu sebenarnya gak berat utk dibuka, yang waktu itu komplain koneksinya lambat kali. Eh tapi terus terang kamu mesti tune-up itu blog. I mean, tulisannya selalu panjang tapi akan termuat semua di halaman depan. Jadinya utk scroll ke bawah jauuuuh banget. Wakakakak. Sekedar saran lo ya. Semoga diterima baik πŸ˜€

      Like

  5. Jadi pengen ganti themes lagi
    nyari2 ah yang bagus
    *padahal isi blog kaga pernah gua update*

    @opa iman : ternyata opa banyak pasangannya *lirik berapa banyak blog yg opa punya*

    Like

  6. wah, jaman saya mulai ngeblog di blogspot th 2006, waktu ganti kulit ngga semudah sekarang yang tinggal klik seret aja, saya udah suka gonta ganti kulit.. soalnya saya orangnya suka penasaran dan….bosenan juga…hehe…

    jadi mikir kyknya blog saya berat juga diloading nya ya, om ??

    Like

  7. om brad… ganti sendiri? maksudnya nyeting2 sendiri, atau pake them2 gratisan yang ada?
    ngiri deh sama yang suka ganti2 theme, aye kaga bisa kaya gitu huhuhu… ajarin dwooooooong

    Like

  8. Saya masih baru ngeblog, jadi nggak begitu paham tampilan juga nggak ngerti seberapa pentingnya.

    Saya nggak tau tampilan blog ini sebelumnya tp untuk tampilan blog ini (yg sekarang) bagus. Salam hangat dari Jember;

    Like

  9. klo menurut saya pribadi sih klo untuk tampilan sebuah blog itu kan bisa mencerminkan secara tidak langsung watak si empu blognya yah hehe.. jadi cukup penting juga selain sebuah tulisan didalamnya.

    Like

  10. clean and simple tapi gak bikin boring … itu yang saya suka dari sebuah theme. gonta-ganti ? tentulah … hehehe, biar gak bosen … kalau isi, saya akan tulis apa aja, gak (belum) mau yang spesifik ke tema tertentu. kayaknya selera kita sama nih om ? hehehe maksa …

    Like

Leave a Reply

