PB2010 Sudah Bergulir

Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya event blogger terbesar skala nasional Pesta Blogger 2010 sudah bergulir dan ditandai dengan Press Conference yang berlangsung pada tanggal 18 Agustus 2010 dan bertempat di Es Teler 77, Kebayoran, Jakarta. Press conference ini dihadiri oleh Duta Besar AS untuk Indonesia yang baru, Mr. Scott Marciel, yang mewakili Kedubes AS sebagai sponsor utama PB 2010, dan juga dihadiri oleh XL Axiata yang juga menjadi sponsor dalam perhelatan ini.

Mendengarkan pemaparan Rara sebagai Chairperson PB 2010, saya mencatat beberapa hal:

1. Jumlah onliner Indonesia sudah mencapai angka 25 juta, termasuk yang tercatat sebagai pengguna Twitter terbesar ke-6.

2. Konsep Pesta Blogger 2010 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni akan lebih terbuka bagi semua onliner dengan berbagai platform dan area ketertarikan. Itulah alasan mengapa nama resmi PB tahun ini berubah menjadi Pesta Blogger+ 2010. Harapan yang tergambar dari sini adalah mendorong komunitas-komunitas tersebut untuk berinisiatif dalam gerakan-gerakan sosial masyarakat melalui kegiatan diskusi dan membangun jaringan.

3. Rangkaian acara PB+ 2010 ini diawali dengan Roadshow berupa Blogshop ke 10 kota di Indonesia. Kota-kota yang dikunjungi antara lain: Surabaya, Madura, Makassar, Padang, Manado, dsb. Roadshow diisi dengan pelatihan blog dan social media yang ditujukan bagi blogger, onliner, pengusaha kecil, pendidik, dan agen-agen perubahan lain agar dapat saling menghubungkan komunitas-komunitas tersebut satu sama lain.

Lalu Mr. Ted Osius selaku Deputy Chief Mission dari Kedubes AS di Jakarta juga mengemukakan bahwa tahun ini adalah kali ketiga bagi US Embassy Jakarta untuk menjadi sponsor ajang Pesta Blogger. Dalam pemaparannya, Ted Osius menjelaskan bahwa Kedubes AS selalu mendorong kesuksesan dan demokrasi Indonesia yang terus berkembang dan bahwa Amerika Serikat menyambut baik kebebasan yang dinikmati rakyat Indonesia dalam mengekspresikan pendapatnya secara terbuka; dan bahwa blog adalah salah satu sarana yang baik untuk itu.

Selanjutnya para ex-chairperson Pesta Blogger juga membagikan pandangan mereka dalam press conference tersebut. Enda Nasution memaparkan bahwa saat ini ada 2.7 juta blogger di Indonesia dan sekitar 26 juta facebooker. Lalu Ndoro Kakung menimpali bahwa meski Pesta Blogger tahun ini terbuka bagi semua onliner dengan berbagai platform, para blogger tetap memiliki nilai plus oleh karena tidak semua orang dapat menjadi blogger. Meski platform untuk menulis sekarang beragam melalui situs social media atau microblogging, para pengguna seakan melalui beberapa tahapan tertentu sebelum dapat menjadi blogger. Proses penulisan seseorang yang dimulai dari cuap-cuap di social media, penulisan pendek di situs microblogging, sampai akhirnya menulis secara lengkap di blog akan terjadi dengan sendirinya secara alamiah.

Fenomena yang terjadi di dunia online pada masa ini menarik untuk dicermati dan tentunya mengundang banyak pihak dengan berbagai kepentingan untuk berpartisipasi di dalamnya. Kementerian Luar Negeri, misalnya, menggandeng para blogger untuk memperkenalkan ASEAN ke masyarakat Indonesia dan menggagas berdirinya Komunitas Blogger ASEAN (lebih lanjut baca di sini). Tak ketinggalan pula misalnya XL Axiata yang mengajak para blogger mengikuti XL Net Rally ke Semarang pada 6-7 Agustus 2010 lalu dan juga berpartisipasi melalui pemberian award khusus bagi blogger di ajang Pesta Blogger+ 2010 nanti.

Meski masih ada sisa pertanyaan yang belum terjawab jelas mengenai format acara dan hal-hal teknis lainnya, langkah Panitia PB+ 2010 sejauh ini patut diapresiasi. Yang pasti saya (dan blogger lain) rindukan adalah adanya ruang bagi komunitas blogger untuk mengekspresikan diri dan mempromosikan komunitasnya secara lebih luas. Semoga keinginan ini dapat terakomodasi dengan baik nantinya.

Sampai jumpa di ajang Pesta Blogger+ 2010 mendatang!

==

Photo credit: situs resmi Pesta Blogger+ 2010

Advertisements

36 thoughts on “PB2010 Sudah Bergulir

  1. wow! semua onliner yap? kalo semua onliner, ponakan sy yg masih SMP aja dah punya FB, (dengan gaya khas alay-nya :D)
    itu juga diajak? wedew.. betapa ramenya kalo semua datang ya.
    tapi setuju dengan ndorokakung sih, gimana pun blogger tetap punya nilai plus, karena nulis di blog itu sama sekali ga sama dengan hanya sekedar nulis setatus dan semacamnya, hehe.. cmiiw

    Like

  2. Wah aku datang tahun lalu… skarang dimana Brow PB’y???? aku mau ikut lagi nie hhe…. klo bisa kasih tau tanggalnya sekalian aku baru tau bulannya doank Oktober haha…

    Like

  3. halooo salam blogger Indonesia ^^
    apa kabar kawan?
    yuukk, mampir ke blog pelangii, jangan lupa tinggalkan jejak dan komentar ya untuk tulisan pelangi yang satu ini…

    karena ini sedang diikutkan lomba, doakan semoga menang yaaa ^^
    terima kasihh^^

    salam,
    pelangiituaku

    Like

  4. kick off-nya udah mulai nih…:)
    acara di Makassar kemarin Alhamdulillah sukses..benar2 sebuah gambaran tentang bagaimana merayakan keragaman persis seperti tag line-nya PB+ 2010..

    semoga PB+ 2010 bisa sukses..!!

    btw,selamat ya udah jadi pemenang…hehehe

    Like

  5. Buset udah ganti lagi bajunya. Bener-bener masih mencari jati diri ye (OOT).

    Kalimat terakhirnya bagus. Mereka sudah berjanji akan mengakomodasi itu. Mari kita lihat bagaimana implementasinya di lapangan πŸ˜‰

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s