XL Net Rally: All Day Fun

Grha XL, Kuningan, Jkt

Jam sudah menunjukkan pukul 8 lewat ketika pagi itu saya memasuki halaman Grha XL di kawasan Kuningan, Jakarta. Maklumlah orang kampung yang biasanya beraktivitas di luar kota Jakarta, jadinya suka rada kaget dengan kemacetan ibukota yang kian lama kian parah. Untunglah saya belum terlambat sama sekali dan disambut hangat oleh panitia Road Trip dari Pesta Blogger, Maverick, dan juga XL.

Sebelumnya saya ingin bercerita dulu tentang latar belakang acara tersebut. Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Pesta Blogger 2010, maka panitia PB2010 mengadakan Road Trip ke Semarang yang diikuti oleh sekitar 140 orang blogger dari berbagai kota yang berkumpul di 7 titik keberangkatan di Lampung dan Pulau Jawa untuk bersama-sama menuju Semarang. Nah, XL yang bertindak sebagai sponsor acara PB2010 ini juga mengadakan acara yang digelar bersamaan yakni XL Network Rally. Tujuan diadakannya event ini adalah untuk menguji kesiapan jaringan XL menghadapi musim Lebaran tahun ini. Selain menguji kesiapan jaringan, XL Axiata juga mengundang rekan-rekan media untuk menyaksikan langsung performa XL setelah melakukan optimasi jaringan ini.

Kembali ke Grha XL, saya sejenak berhenti di halaman depan gedung dan mengamati kantin yang terletak di depan Main Lobby. Menarik juga melihat letak kantin yang justru terletak di depan ini. Biasanya kan kantin gedung selalu terletak di basement, ini malah ditaruh di luar. Kesannya justru jadi cool karena menjadi tempat kongkow-kongkow karyawan XL di saat jam kerja. Memasuki pintu lobby, saya disambut ramah oleh Panitia PB2010 dan juga Mas Henry dari XL Axiata dan diantar menuju ruangan SARAPAN. Eh tau aje die gue laper!

Video Conference

Video Conference

Sebelum rombongan XL Net Rally berangkat, video conference diadakan di Main Lobby dengan para peserta dari kota Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Pemaparan Bpk Hasnul Suhaimi (Direktur Utama XL Axiata) kira-kira menjelaskan kinerja XL dalam menghadapi musim mudik, pencapaian-pencapaian sejauh ini, dan rencana ke depan. Mas Hasnul juga memaparkan perjalanan dan kegiatan yang akan dilakukan selama XL Net Rally ini. Selanjutnya Panitia PB2010 menjelaskan lomba-lomba yang dapat diikuti oleh para blogger. Tapi kalo saya sih memperhatikan hal-hal yang gak penting aja:

1. Video conferencenya kurang smooth, banyak noise di awal, tapi belakangan lancar

2. Itu Mbak MC-nya cantik tapi kok bocor banget ya. Hihi. But GOOD JOB!

3. Unlimited breakfast tersedia. Wuihh!

4. Kaos, topi, dan PIN-nya keren.

5. Dapat kartu perdana XL Broadband Unlimited plus pulsanya. Niceee.

Di situ pula saya berkenalan dengan beberapa blogger yang akan menjadi rekan seperjalanan ke Semarang, dan tidak lupa Opa Iman Sulaiman dari deBlogger turut pula dalam Road Trip ini.

And the Road Trip begins

Teman-teman blogger diarahkan untuk memasuki 3 mobil yang tersedia. Kerusuhan terjadi di sini karena seperti biasa, foto-foto harus didahulukan ^^. Sebanyak 7 orang blogger termasuk Chairperson PB2010, Rara, memilih berdesak-desakan di #kijang07 padahal seat masih tersedia di dua mobil lainnya. Akhirnya setelah keriuhan foto-foto selesai, rombongan pun dilepas oleh Bpk. Hasnul Suhaimi dan disaksikan juga oleh dua orang blogger senior, Ndoro dan Enda. Berangkaaaaat!!

Perjalanan Jakarta-Semarang direncanakan untuk ditempuh dalam waktu 10 jam, sehingga perjalanan yang dimulai pada jam 10 pagi itu diharapkan akan berakhir di Semarang pada jam 8 malam. Ada beberapa pitstop di perjalanan yang direncanakan, yaitu Sholat Jumat di Cikampek, makan siang di Subang, dan mengunjungi MSC XL di Jatibarang. Sedangkan acara malamnya adalah makan malam di Semarang bersama peserta XL Net Rally lainnya yang juga berdatangan dari berbagai kota.

Riuh-rendah #kijang07

Salah satu faktor yang menentukan serunya perjalanan adalah teman-teman seperjalanan kita. Mobil #kijang07 dipenuhi oleh dua orang blogger Depok, satu dari Anging Mamiri, satu dari Kopdar Jakarta, dan tiga dari Blogger Bekasi. Space mobil yang sempit tidak menghalangi para narablog ini untuk berkenalan dan mengobrol. Semakin laju perjalanan, acara obrolan pun perlahan berubah menjadi sesi cela-celaan baik verbal maupun lewat Twitter. Pada etape Jakarta-Cikampek, live tweet #xlnetrally #pb2010 penuh dengan kicauan #kijang07 yang saling suap-suapan, pijet-pijetan, dan entah apa lagi spam yang ditayangkan di situ ^^.

MSC XL Jatibarang

Setelah melakukan 2 pitstop untuk salat Jumat dan makan siang, rombongan tiba di kawasan Jatibarang. Di sini terletak sebuah MSC (Mobile Switching Controller) milik XL yang terletak di Desa Jatibarang Baru, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu. Sekilas dari luar tampak seperti BTS biasa. Yang membedakannya adalah adanya shelter yang cukup besar di dalam kompleks tersebut. Jadi ceritanya, MSC XL ini menggawangi beberapa BTS sekaligus dan bisa dikatakan lengkap, karena tempat ini berfungsi sebagai BTS, MSC, dan juga 3G. Terus terang saya gak paham soal-soal teknis macam itu. Jadi lebih baik gambar saja yang bercerita.

MSC XL, Jatibarang
Bagian Dalam MSC
Ini semua batere?!

Onward to Semarang

Setelah puas berkunjung ke MSC, perjalanan pun dilanjutkan ke Semarang. Leg yang panjang ini kemudian diisi oleh #kijang07 dengan sesi manicure-pedicure, pelajaran fotografi singkat, hikayat keluarga supir, pipis di jalan tol, menatap bebegik (?), dan keriaan lainnya yang tak terhitung. Rombongan yang seharusnya dijadualkan makan malam di Semarang akhirnya terpaksa makan malam di Tegal.

Setelah makan malam selesai, perjalanan masih panjang dan Alas Roban baru dilalui tepat tengah malam. Menjelang Semarang, tiba-tiba saya iring-iringan berhenti lagi. What?! Ditambah lagi dengan kisruh rombongan yang terpisah karena ada yang langsung ke Semarang membuat kita-kita yang sudah lelah jadi tambah pusing. Namun akhirnya, setelah sekitar 15 jam perjalanan, kami sampai juga di kota Semarang, tepatnya di Hotel Aston Quest. Acara berikutnya tinggal check in dan masuk kamar. Sempat deg-degan juga sama roommate-nya yang udah masuk kamar duluan, soalnya dia dari Bandung dan belum saya kenal. Kalo ternyata sosoknya menyeramkan gimana? Heheh. Untunglah si Rizal dari Bandung ini tampangnya normal-normal saja. Dan akhirnya setelah ngobrol-ngobrol lagi hingga pukul 2 dinihari, saya pun tertidur.

Petualangan hari kedua menyusul. Tunggu postingan berikutnya ya ^^.

Check out live tweet dari #kijang07: http://twitter.com/#search?q=%23kijang07

Sumber gambar gedung Grha XL: Megakuningan.com

Advertisements

17 thoughts on “XL Net Rally: All Day Fun

  1. Mwahahahaha =)) #kijang07, memorinya memang ga tergantikan. Ada salon, spa, kantin, tempat kursus, srimulat, wkwkwkwk.. Ketawa unlimited =))

    Om brad lupa memasukkan istilah pipis wireless hahaha

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s