miladeBlogger sudah bergulir

Ada beberapa peristiwa penting di bulan Mei ini. Pada tanggal 2 Mei kita memperingati Hari Pendidikan Nasional. Lalu tanggal 13 Mei diperingati sebagai Hari Ibu di berbagai negara, sementara di Indonesia sendiri diperingati dengan keprihatinan akan Tragedi Mei 1998 silam. Kemudian Hari Kebangkitan Nasional menyusul diperingati pada tanggal 20 Mei. Belum lagi adik saya yang berulang tahun tanggal 22 Mei (loh?!). Intinya ada banyak perayaan yang bisa kita lakukan di bulan ini, baik sebagai warga negara, keluarga, dan masyarakat. Tapi ada satu lagi perayaan unik di bulan Mei. Apakah itu?

Komunitas Blogger Depok (deBlogger) mempunyai perayaan khusus pada tanggal 31 Mei ini, yaitu ulang tahun pertamanya. Sebagai sebuah komunitas yang baru berusia setahun, deBlogger diibaratkan bayi yang baru merangkak dan belajar berjalan. Saat ini adalah saat di mana deBlogger mulai menyusun strategi rebranding untuk bergerak dalam ruang yang lebih luas lagi, setelah setahun terakhir diisi dengan berbagai kegiatan workshop dan fun. Guna memperingati ulang tahun deBlogger sekaligus melangkah lagi untuk ke depan, maka para penggiat blog Depok ini meluncurkan rangkaian acara miladeBlogger. Acara ini mengusung tema “Membangun deBlogger Sebagai Media Pendidikan dan Jurnalisme Warga Depok.” Tidak hanya satu acara saja, namun ada beberapa program yang berlangsung sepanjang bulan Mei ini sebagai berikut:

1. Community Gathering

Acara ini sudah berlangsung pada tanggal 2 Mei 2010 di tepi Danau Universitas Indonesia, Depok. Sekitar 60-an orang meramaikan acara yang juga dihadiri komunitas lain seperti Be-Blog, Blogor, dan KOI ini. Siang yang cerah itu diisi dengan permainan seru ala blogger dan trekking keliling kampus UI. Hal ini menjadi semacam pembuktian bagi dunia blogger bahwa para penggiat blog tidak melulu serius dan berkutat di depan komputer, melainkan juga warga masyarakat yang narsis ceria dalam menjalin pertemanan dengan berbagai elemen masyarakat lain.

2. Workshop / Seminar

Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan seluk-beluk blog pada para pemula yang ingin megembangkan potensi menulis mereka melalui blog. Topik-topik yang diangkat pada workshop ini berupa cara membuat blog dan bagaimana kita aktif dalam sebuah komunitas blog. Workshop ini dapat diikuti oleh umum, namun target utamanya adalah para pelajar SMA. Lokasi acara direncanakan di beberapa SMA di Kota Depok. Informasi mendetail dapat dipantau di situs miladeBlogger.

3. Lomba-Lomba

Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi para penggiat blog, baik pemula maupun senior, dalam menulis dan memotret. Lomba yang bertemakan “DEPOK CINTA ILMU” ini dikemas unik sehingga para penggiat tanpa batasan kategori dapat mengekspresikan bakatnya dalam menulis dan fotografi. Ada hadiah-hadiah menarik yang menanti para pemenang seperti uang tunai, sertifikat, lalu beasiswa sekolah menulis online, dan voucher diskon web hosting. Bagi yang berminat ikut, lomba ini sudah dimulai sekarang dan akan berakhir tanggal 25 Mei. Informasi detail dan pendaftaran dapat ditemukan di situs miladeBlogger.

4. Acara Puncak miladeBlogger

Inilah rangkaian acara terakhir termasuk yang paling ditunggu. Acara yang direncanakan berlangsung tanggal 29 Mei ini akan memakan waktu sehari penuh. Apa gak kepanjangan tuh? Oho, justru di situlah letak keasyikannya. Pada siang hari, kegiatan puncak akan diisi dengan Tour de Depok, yaitu mengunjungi objek wisata sejarah dan budaya di Kota Depok. Kegiatan yang juga melibatkan komunitas blogger undangan dari beberapa daerah di Jawa Barat dan sekitarnya ini bertujuan untuk memperkenalkan Kota Depok sebagai kota yang memiliki kekayaan sejarah dan budaya, sekaligus memperlihatkan dinamika ekonomi dan IT melalui bazaar UKM yang akan digelar pada Malam Puncak. Setelah Tour de Depok selesai, rangkaian acara akan mencapai klimaksnya pada Malam Puncak miladeBlogger pada hari yang sama. Selain diisi hiburan warga, para peserta juga akan mengikuti talkshow khas blogger dengan tema dan pembicara yang menarik. Lalu pengumuman lomba juga akan diumumkan di sini. Diharapkan bahwa acara puncak ini menjadi momen keakraban seluruh peserta dari berbagai komunitas.

Pada akhirnya, miladeBlogger bukan hanya sekedar sarana menghimpun para blogger Depok dan komunitas lain. Acara ini menjadi ampuh untuk mematahkan anggapan bahwa dunia blog sudah mati. Dunia blog adalah dunia khas yang tidak begitu mudah digantikan oleh berbagai media interaksi sosial yang sekarang marak di internet. Dunia blog, dengan karakter khas para blogger di dalamnya, menjadi sarana penyambung suara warga dan pencerah pendidikan kita. Blog menjadi pemicu bagi kita untuk lebih jeli mengamati dunia sekitar, merekamnya dalam tulisan dan gambar, lalu mengumandangkannya pada dunia.

Saya tunggu kehadiran Anda di miladeBlogger. (dance)

Advertisements

29 thoughts on “miladeBlogger sudah bergulir

  1. Ngeblog buat diri sendiri sih udah biasa. Tetapi karena ngeblog kita bisa membangun jaringan, have fun together, dan mendapat pencerahan-pencerahan sisi-sisi lain ngeblog… hanya ada di acara yang disebutkan di blog ini.

    Be there or be damned!

    Like

    1. @manchoenk: canggih beut
      @faisal: eh iya datang lagi ya
      @ihsan: nanti saya coba koordinasi sama tim humas, agar info lombanya segera ditampilkan. Thanks remindernya ya
      @vallen: ayuuuuk!!!

      Like

  2. insya allah gua ikut yang tgl 29, tapi gua kondangan dulu ya.. udah terlanjur janji…
    nah gitu dong.. ditambah postingannya, biar seru ngacak2nya πŸ˜€ huahahahah

    Like

    1. yakin lo gak mau ikut full day hari itu? aku gak bisa kasih bocoran sekarang. cuma nanti kalo aku kasih bocoran pasti kamu berteriak-teriak pengen. hehehe

      Like

  3. Salam salut buat Komunitas Blogger Depok
    Saya waktu diundang gathering tak bisa datang, tapi alhamdulillah beberapa teman BLOGOR datang

    Salam persohiblogan

    dari Kadiv. HUMAS & DANUS BLOGOR πŸ˜€

    Like

    1. Kang Achoey. Saya Bradley, kita sudah pernah komunikasi via email waktu kami mengundang Blogor datang ke Gathering.

      Tgl 29 Mei ini kami mengadakan Tour de Depok & Malam Puncak milad. Nanti Blogor kami undang lagi ya. Undangan resminya menyusul minggu ini. Hehe

      Like

  4. panitya deBlogger emang tooop…;-)
    semoga sukses acara miladnya sampai ke acara puncak, dst..

    *ngarep banget bisa ikut tour depok nya nih, om Brad…bentrok jadwalnya :((*

    Like

    1. hi ibu lita. apakabar? well, tentunya kita juga mengharapkan lancar sampai ke acara puncak. ibu lita kosongkan jadual tanggal 29 mei ya πŸ˜€

      Like

    1. eh kamu blogger depok?? acaranya masih kami atur, akan ada pengumuman selanjutnya. Hakim ikutan ya! Nanti saya kirim email, OK

      Like

  5. gua udah daftar yaaaaaa…
    gua ikutan acara malemnya ajah deh sekalian malem mingguan… prikitiiiiwwww :p

    manalagi dong postingannya? cuma segini? ahhh ga seru ngacak2nya :p

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s