Buta SEO

Seiring mulai jalannya blog baru ini, saya pun mulai mengutak-atik isinya. Untungnya tidak seperti pengalaman 2 tahun lalu ketika mendesain sebuah web jualan online sederhana yang sampai menghabiskan waktu 1 bulan hanya untuk mendesain sistem jualan online sederhana berbasis joomla; sebuah perjalanan panjang dan primitif karena sepenuhnya mengandalkan buku panduan. Sekarang ini selain saya sudah paham dasar-dasar CPanel, saya juga sudah mengerti WP, jadi eksekusinya cukup mudah. Selebihnya tinggal bagaimana menulis saja. Tapi ada satu hal yang cukup memusingkan.

Ketika saya meluncurkan website baru ini, saya sudah mendaftarkan URL-nya di Google dengan harapan dapat terindeks. Namun yang terjadi adalah, Google tidak/belum mengindeksnya sama sekali. Tidak ada jejak online presence sedikit pun tentang situs ini. Ada apa gerangan? Mulai deh macam-macam pemikiran berkecamuk.

Mungkin karena domainnya bukan .com?

Cara saya mendaftarkan URL salah?

Apakah Google memerlukan masa propagasi juga untuk mengindeks website saya?

Atau saya sendiri yang masih bego soal SEO?

Saya berpikir tidak mungkin sebuah domain .web.id tidak diindeks google. Buktinya yang lain banyak kok. Lalu saya yakin cara saya mendaftarkan URL sudah benar. Jadi bagaimana dengan propagasi? Saya pertama kali mendengar kata ini dari marketing BiangWeb kemarin sewaktu saya membeli hosting, dan saya langsung tidak suka. Sebabnya adalah propagasi berarti masa bagi sebuah server untuk menyesuaikan arahannya ke situs kita, atau bisa juga berarti masa pembersihan cache. Lamanya bisa beberapa menit, namun bisa juga beberapa hari. Dan saya paling tidak sabar kalau disuruh menunggu. Aargh!

Satu-satunya kemungkinan terakhir yang belum saya eksplorasi adalah SEO. Setelah hiatus blogging sekian lama dan muncul lagi awal Februari 2010, saya kaget karena para narablog di Amprokan Blogger Bekasi 2010 dengan fasihnya berbicara SEO sementara saya cuma pura-pura pasang tampak intelek padahal melongo. Saya benar-benar tidak tahu harus mulai dari mana. Sewaktu saya memulai blog baru di wordpress, nampaknya Google dengan sigap memasang blog saya di indeks pencari mereka sehingga saya tidak perlu bersusah-payah. Saya tinggal menuruti nasihat seorang narablog Bekasi yang mengatakan bahwa kalau kita ingin posting kita ditempatkan di urutan atas mesin pencari, kita harus mencari keyword pada postingan kita dan mengulangnya sebanyak 7 kali dalam postingan tersebut. Memang terkesan ‘maksa’, namun itu adalah salah satu cara yang ampuh. Sekarang dengan kondisi yang bisa dibilang kosong ini, saya harus bekerja ekstra keras sementara saya tidak tahu apa yang mesti dilakukan.

Sepertinya saya harus ke Gramedia lagi untuk meneliti lebih lanjut. *Ah, alasan. Pasti niat utamanya ya belanja!*

16 thoughts on “Buta SEO

  1. Salam

    Aku sempat juga keki dengan gugel, karena blog baruku di http://ekoshp.com/ tidak punya PR. Nilainya sangat menyakitkan N/A

    Kenapa gak punya nilai ya, padahal nilai 1/10 pun aku sudah terima, namanya juga baru.

    Padahal kalau di search dengan kata kunci yang dilombakan dalam suatu kontes SEO blogku sudah muncul.

    Tanpa tahu penyebabnya, akhirnya muncul juga PR di blogku itu dan aku masih tidak juga tahu kenapa ini bis aterjadi.

    Hehehe…
    kenapa ya mas?

    Salam

    Like

    1. Soal PR emang pastinya bikin keki, apalagi kalo blognya dipakai full untuk bisnis.
      Ah, tapi mengutip ucapan temenku, gak usahlah kita kuatir soal SEO. Yang penting ngeblog, blogwalking, berkomunitas, dan berbagi ^^

      Makasih atas kunjungannya Mas Eko ^^

      Like

  2. asalamualaikum,,salam kenal, akan anggota deblogger juga ya??…,,

    beginikang saya juga pernah mengalami hal yag sama ketika sudah membeli domain dot com, dengan menggunakan hosting gratisan, yang dibenaknya saya,, apakah karena hosting yang gratisan sehingga lama diindex oleh simbah google??… namun ternya tidak,, ternyata kunci nya adalah bersabar, dan cepat2 menginstal plugin sitemap di hostingx kang, setelah itu atur settingan di webmaster tools,dan atur google bootnya,di hostingan, dan sedikit meta, dan juga update posting selama berkala sehari sekali,

    setelah itu alhamdulillah alhasil keindex juga ama biangnya SE kang, kalau udah gitu tinggal bxk2 kin backlin dech…

    maaaf kang kalau masih banyak kesalahan, saya masih belajar

    Like

  3. hollaaa bradley… πŸ™‚

    congrats for the new blog^^.

    kalo dakuh buta seo, buta nada, tapi gag buta hurup kok :D.
    dakuh ngeblog cuma mo cerita2 ajah sih, terdetect ya sukur, engga juga gpp :p *gag penting ya?*

    Like

  4. owh jadi ini blognya om brad ya??….
    wah…,, om.. ane pengen lebih akrab lagi dengan deblogger dan pengen jadi anggota resmi debloger giman caranya kang???..

    ane udah join di milis,, tapi keqnya respon nya kurang ada dari para master2 disana om…

    Like

    1. lah, kalau kamu udah pernah datang ke acara kopdar deBlogger, berarti kamu udah anggota resmi. Hehe. Soal lebih akrab ya tergantung cara kita bergaul lah. Coba kamu inisiatif posting di milis tentang apa kek, atau cuma sekedar nanya, pasti ada kok yang respon. Ya πŸ˜€

      Like

Leave a Reply

